Berjuang Tuntaskan Masjid M. Hatta

oleh -739 klik
Hj. Ernita Aziz Haily
Hj. Ernita Aziz Haily

JERNIHNEWS.COM-Usia tidak menjadi kendala jika sesorang punya niat dan tekat yang kuat untuk berbuat kebaikan, apalagi berbuat untuk kampung halaman. Itulah yang dilakukan oleh seorang perempuan yang sudah memasuki usia 71 tahun pada Agustus 2020 ini.

Adalah Hj. Ernita, perempuan yang lahir di Sarilamak 15 Agustus 1949 atau 71 tahun yang lalu ini tak kalah gigih dibanding almarhum suaminya, mantan bupati Limapuluh Kota dua periode Prof. Dr. H. Aziz Haily, MA, dalam hal pembangunan dan mengabdi untuk kampung halaman.

Sejak ditinggal almarhum suaminya, Ernita berdomisili di Jakarta, tepatnya Jalan M. Kahfi I Gang Maninjo No.52 RT 06/RW 05 Ciganjur, Jakarta Selatan. Meski jauh di Jakarta, namun wanita yang memiliki nama lengkap Hj. Ernita Aziz Haily ini tetap memperhatikan kampungnya. Bahkan saat ini H. Ernita tengah disibukan berjuang menuntaskan pembangun Masjid Mohammad Hatta yang masih terbengkalai.

Masjid Mohammad Hatta yang dibangun di sebuah lahan di Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota sejak beberapa tahun belakangan terbengkalai pembangunannya, karena anggaran yang sangat terbatas. Letak masjid ini sangat strategis. Berada di pinggir jalan negara yang menghubungkan Provinsi Sumatera Barat dan Riau. Masjid ini juga mudah diakses dari Kantor Bupati dan DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, objek wisata Lembah Harau, Pasar Sarilamak, Polres Limapuluh Kota, serta Fly Over Kelok Sembilan.

Pembangunan Masjid Mohammad Hatta merupakan gagasan dari mantan Bupati Limapuluh Kota Almarhum Prof. Dr. H. Aziz Haily, MA. Dalam pembangunannya Hj. Ernita Aziz Haily bertindak sebagai pembina, dan saat ini sedang gencar menghimpun dana dari simpatisan.

Berkat kegigihan ibu-ibu yang juga aktif sebagai angggota Majelis Taklim ini, pembangunan Masjid Mohammad Hatta bisa terbangun sampai dengan bentuk sekarang. Target awalnya, pada tahun 2020, Masjid Mohammad Hatta sudah bisa dimanfaatkan. Namun ternyata target itu meleset.

"Kita optimis pembangunan masjid Mohammad Hatta bisa terselesaikan, apalagi warga Payakumbuh dan Limapuluh Kota Sumbar, orangnya sangat religius," kata wanita yang pernah mengunjungi Jepang, Amerika, Thailand, Turki, dan Arab Saudi ini.

Selain sibuk dengan berbagai organisasi dan pembangunan kampung halaman, Ibu yang doyan makan randang daging ini juga masih aktif berolahraga demi menjaga stamina dan kesehatan tubuh seperti lari, senam, dan jogging. Selain itu, anak dari pasangan Ahmad Nuran (Ayah) dan Yeni Sam (Ibu) juga tetap menjalankan kewajiban sebagai ibu rumah tangga.

"Nah, jika ada yang berminat memberikan sumbangan dana silahkan kirimkan melalui Rekening Bank Syariah Mandiri (BSM) 1903194339 a/n Yayasan Wakaf Profesor Aziz Haily atau Rekening Bank Nagari Syariah Cabang Payakumbuh 72000220128048," ungkapnya. (syn)