Pasbar Pecahkan Rekor MURI

oleh -748 klik
Penyerahan Sertifikat Rekor MURI untuk Kabupaten Pasbar atas pemecahan rekor 'Maapam dengan 1.700 Tungku'
Penyerahan Sertifikat Rekor MURI untuk Kabupaten Pasbar atas pemecahan rekor 'Maapam dengan 1.700 Tungku'

JERNIH NEWS.COM--Impian Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), akhirnya terwujud sebagai pemecah Rekor Dunia, pemenang Museum Rekor Indonesia (MURI) dalam rangka maapam dengan 1.700 tungku. Kegiatan dilaksanakan di Taman Hutan Kota Satwa Padang Tujuh, Pasbar Kamis (12/3/2020).

MURI menilai tradisi maapam secara massal di Pasbar pantas dicatatkan dalam rekor MURI, karena selain jumlahnya yang banyak, yakni 1.700 tungku, juga mengandung nilai-nilai budaya. Inisiatif dan partisipasi masyarakat juga menjadi catatan atas pemberian rekor MURI tersebut.

Bupati Pasbar H. Yulianto, SH.MM, dalam sambutannya, bersyukur kepada Allah serta berterima kasih kepada semua panitia pelaksana acara Maapam 2020. Menurutnya, tanpa kerja keras dari panitia dan dukungan dari masyarakat Pasbar, Rekor Dunia memasak apam terbanyak ini tidak akan berjalan lancar dan sukses.

Yulianto, menjelaskan, maapam adalah tradisi masyarakat Pasbar dalam menyambut datangnya Bulan Rajab. Untuk mempertahankan tradisi tersebut, Pemkab Pasbar berupaya mempertahankan tradisi tersebut dan dicatatkan dalam rekor MURI. Dia mengajak generasi muda Pasbar melestarikan tradisi dan budaya yang ada di daerah ini. (rizal)