3.284 Guru TPQ, MDTA, Garin dan Imam Se-Kab. 50 Kota Terima Kartu BPJS Gratis

oleh -573 klik
Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo menjadi pembina upacara pada Acara Puncak Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, Ahad (07/07/2024) di Halaman Kantor Bupati, Sarilamak. IST
Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo menjadi pembina upacara pada Acara Puncak Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, Ahad (07/07/2024) di Halaman Kantor Bupati, Sarilamak. IST

JERNIHNEWS.COM-Sebanyak 3.284 guru TPQ, guru MDTA, guru mengaji surau dan garinserta imam masjid di Kabupaten Limapuluh Kota menerima kartu BPJS Kesehatan dari pemkab yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo pada Apel Akbar Peringatan Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1446 H, Ahad (07/07/2024).

Apel akbar itu dihadiri ribuan santri MDTA (Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah) se-Kabupaten Lima Puluh Kota. Merekamemadati lapangan Kantor Bupati Lima Puluh Kotadi Sarilamak. H.Safaruddin Dt Bandaro Rajo Bupati Lima Puluh Kota bertindak sebagai pembina apel.Turut hadir Kepala Kantor Kemenag Lima Puluh Kota Irwan, Plt. Asisten I Eki Hari Purnama, Pimpinan OPD, Kepala KUA Se-Kabupaten Lima Puluh Kota, Pimpinan Ormas serta tamu undangan lainnya.

Sedangkan komandan apel, Muhammad Aska Al-Rasyid yang bercita-cita jadi Presiden Republik Indonesia di masa depan berasal dari MDTA Al-Ma'arif Purwajaya, Nagari Sarilamak. Di momen Apel itu, Bupati Safaruddin juga mengukuhkan pengurus LDS (Lembaga Didikan Subuh) Lima Puluh Kota.

Dalam amanatnya Bupati Safaruddin menyampaikan apresiasi sekaligus ucapan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah bahu-membahu untuk suksesnya pelaksanaan kegiatan apel 1 Muharram 1446 H, sehingga memberi makna yang dalam dari peringatan tahun baru Islam yang tidak hanya serimonial saja tapi juga upaya penguatan nilai dan makna hijrah

Terkait dengan program "Satu Jorong Satu MDTA" Bupati mengatakan bahwa pemkab bersama Kemenag memiliki komitmen yang kuat dalam meningkatkan kualitas generasi muda yang berakhlak mulia, salah satunya melalui program Satu Jorong Satu MDTA. "Kepada seluruh jajaran pemerintah daerah saya minta untuk pro aktif, bahu-membahu untuk suksesnya program tersebut,"kata BupatiSafaruddin.

Disisi lain Bupati mengingatkan bahwa subtansi peringatan 1 Muharram adalah kemampuan kita untuk hijrah secara holistik, menjadikan hari ini lebih baik dari hari kemarin, serta memastikan hari depan harus lebih baik dari hari ini. "Saya yakin santri MDTA merupakan pribadi-pribadi agung yang dipersiapkan untuk menjadi bagian dari generasi emas Indonesia 2045,"sebut Bupatimenyampaikan harapannya.

Sementara itu H.Irwan,Kakan Kemenag Lima Puluh Kota dihadapan awak media mengatakan kegiatan Apel Akbar 1 Muharram 1446 H merupakan momentum bagi untuk melakukan introspeksi sekaligus proyeksi penguatan program keagamaan kedepannya.

"Atas nama pribadi dan pimpinan lembaga saya sampaikan apresiasi sekaligus ucapan terima kasih kepada pemkab yang telah membersamai seluruh program keagamaandalam memastikan terwujudnya Lima Puluh Kota Madani," kata H.Irwan.

Terkait dengan program Satu Jorong Satu MDTA,Kakan Kemenag memastikan bahwa pihaknya akan berada digarda terdepan dalam mewujudkan program tersebut.

"Kepada Kepala KUA dan penyuluh agama saya tegaskan agar menjadi lokomitif utama ditengah-tengah masyarakat dalam mensukseskan program strategis yang dilaunching hari ini,"kata Kakan Kemenagmenegaskan. (mfs/kmf-liko/pr)