Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir Solok Diresmikan Gubernur Mahyeldi

oleh -423 klik
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, meresmikan Layanan Jantung Intervensi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M. Natsir Kota Solok, Jumat (05/07/2024). ist
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, meresmikan Layanan Jantung Intervensi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M. Natsir Kota Solok, Jumat (05/07/2024). ist

JERNIHNEWS.COM-Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, meresmikan Layanan Jantung Intervensi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M. Natsir Kota Solok, Jumat (05/07/2024). Hadirnya layanan yang merupakan bantuan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI itu akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat, terutama sekali bagi warga di enam kabupaten/kota di wilayah selatan Sumbar.

"Tentu saja hadirnya layanan ini semakin menegaskan langkah maju Sumbar dan komitmen kita dalam peningkatan pelayanan kesehatan (yankes). Layanan ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama sekali bagi yang berdomisili di Kabupaten Solok, Kota Solok, Solok Selatan, Sijunjung, Kota Sawahlunto, dan Dharmasraya," ujar Gubernur dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur menyampaikan rasa syukur dan terima kasih pada Kemenkes RI, atas bantuan yang sangat besar artinya bagi masyarakat Sumbar. Diharapkan, keberadaan Layanan Jantung Intervensi tersebut dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung, sekaligus meningkatkan harapan hidup pasien jantung.

"Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir didukung ketersediaan peralatan yang lebih canggih, sehingga memungkinkan petugas medis untuk melakukan berbagai prosedur intervensi jantung yang sebelumnya harus dirujuk ke rumah sakit lain. Ini tidak saja akan mempercepat penanganan pasien jantung, tetapi juga mengurangi beban biaya dan waktu pasien dan keluarganya," kata Gubernur lagi.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur juga meresmikan gedung baru yang dibangun oleh Yayasan Baiturrahmah Padang untuk mahasiswa dokter koas di RSUD M. Natsir. Gedung ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern yang mendukung proses pendidikan dan pelatihan bagi para dokter muda.

"Kehadiran gedung ini merupakan buah dari kolaborasi, kerja sama, dan sinergi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Kita ucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Yayasan Baiturrahmah," kata Gubernur menambahkan.

Sementara itu, Direktur RSUD M. Natsir, Elvi Fitranetti menyampaikan, bahwa tim dokter di RSUD M. Natsir telah menjalani pelatihan intensif untuk mengoperasikan Cath Lab pada Layanan Intervensi Jantung di rumah sakit itu. Pihaknya pun menyatakan kesiapan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Melalui Layanan Jantung Intervensi, kami bertekad untuk dapat memberikan kontribusi besar dalam menurunkan angka kematian akibat penyakit jantung di Sumbae," kata Elvi. (adpsb/bsn)