Anak Petani Limapuluh Kota Diamanahkan Jadi Wakil Rektor IV UNP

oleh -4663 klik
Dr.rer.nat. Deski Beri S.Si. M.Si Dt. Rangkayo Bosa. Pria asal Kab. Limapuluh Kota itu dilantik menjadi Wakil Rektor IV Universitas Negeri Padang (UNP), Rabu (26/06/2024) oleh Rektor UNP Ir. Krismadinata, Ph.D. IST
Dr.rer.nat. Deski Beri S.Si. M.Si Dt. Rangkayo Bosa. Pria asal Kab. Limapuluh Kota itu dilantik menjadi Wakil Rektor IV Universitas Negeri Padang (UNP), Rabu (26/06/2024) oleh Rektor UNP Ir. Krismadinata, Ph.D. IST

Oleh: Yon Erizon

Dr.rer.nat. Deski Beri S.Si. M.Si Dt. Rangkayo Bosa menandatangani surat pengangkatan saat dilantik menjadi Wakil Rektor IV UNP, Rabu (26/06/2024) oleh Rektor Ir. Krismadinata, PhD. IST
Dr.rer.nat. Deski Beri S.Si. M.Si Dt. Rangkayo Bosa menandatangani surat pengangkatan saat dilantik menjadi Wakil Rektor IV UNP, Rabu (26/06/2024) oleh Rektor Ir. Krismadinata, PhD. IST

JERNIHNEWS.COM- Kembali terbukti bahwa hasil tak akan menghinati usaha. Inilah yang terjadi pada anak dari keluarga petani yang bernama Dr. rer. nat. Deski Beri S.Si. M.Si Dt.Rangkayo Bosa. Pria asal Kab. Limapuluh Kota itu dilantik menjadi Wakil Rektor IV Universitas Negeri Padang (UNP), Rabu (26/06/2024).

Empat hari menjelang dilantik Deski Beri berulang tahun ke 46. Dia lahir di Jorong Pua Data, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunuang Omeh, Kabupaten Limapuluh Kota pada 22 Juni 1978. Deski yang bergelar adat Dt.Rangkayo Bosa itu berasal dari keluarga yang sangat sederhana. Kedua orang tuanya adalah petani dan Deski bersaudara enam orang. Dia anak yang kedua.

Informasi tentang latar belakang kehidupan dan keluarga Deski Beri diperoleh media ini dari Gus Ardi Novel, SE (47 tahun), tokoh masyarakat Nagari Koto Tinggi yang merantau ke Pekanbaru, Riau. Menurut Novel, Deski Beri adalah seorang yang sangat cerdas dan memiliki semangat untuk maju. Karena itulah Deski selalu juara di sekolah dan juga menjadi Ketua OSIS SMPN 1 Koto Tinggi.

"Jadi beliau setahun di bawah saya usianya dan juga tingkatan sekolahnya. Setelah saya menjadi Ketua OSIS di SPMN 1 Koto Tinggi, berikutnya Dt. Deski Beri yang menjadi Ketua OSIS. Dia selalu juara," kata Gus Ardi Novel, SE yang kini menjabat sebagai Senior Area Manager PT. Otsuka Indonesiakepada jernihnews.com, Rabu (26/06/2024).

"Selamat atas terpilih dan dilantiknya Dr.rer.nat. Deski Beri, S.Si,M.Si Dt. Rangkayo Bosa sebagai Wakil Rektor 4 UNP. Semoga amanah dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab," kata Novel yang merupakan jebolan Fakultas Ekonomi Universitas Bung Hatta (UBH) Padang.

Novel merasa sangat bangga, Deski Beri sukses berkarir di UNP hingga menjadi WR 4 UNP. Apalagi dia sangat tahu dengan perjuangan keras Deski di dalam menempuh jalur pendidikan mulai dari SMP, SMA hingga kuliah.

"Beliau berasal dari keluarga petani yang sangat sederhana. Saat kuliah, untuk dapat memenuhi biaya kuliah beliau membantu mengearjakan makalah, skripsi dan lainnya. Saya tahu betul. Semua itu dilakukan karena semangatnya ingin menjadi orang yang sukses. Kini kerja kerasnya itu telah berujung sukses," kata Novel.

Novel juga menyinggung bahwa dia dan Deski sama-sama pernah menempuh studi di SMPN 1 Koto Tinggi, yang mana SMP itu juga dinamakan sekolah perjuangan, karena didirikan di masa perjuangan PDRI (Pemerintah Darurat Republik Indonesia) dengan kepala sekolah pertamanya bernama Sitompul.

Selain Novel, ucapan selamat secara khusus dan rasa bangga juga disampaikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Deni Asra, S.Si Dt. Rajo Simarajo yang juga merupakan Ketua Umum DPP Iluni Biologi UNP dan Ketua VI DPP Iluni UNP.

"Alhamdulillah ternyata ada urang kampuang kito yang dilantik menjadi Wakil Rektor UNP. Selamat Pak Dr.rer.nat. Deski Beri, S.Si,M.Si Dt. Rangkayo Bosa atas dilantiknya sebagai Wakil Rektor 4 UNP. Semoga dapat menjalankan amanah dengan baik dan mampu bersama-sama membawa UNP lebih maju lagi menuju World Class University," kata Deni Asra, yang juga akan mencalonkan menjadi Bupati Limapuluh Kota di Pilkada Serentak 2024.

Doktor Jebolan Jerman

Dr.rer.nat. Deski Beri, S.Si., M.Si, yang dilantik menjadi WR IV UNP adalah peneliti dan dosen Jurusan Kimia UNP. Dia menyelesaikan pendidikan dasar di SDN 5 Koto Tinggi, tamat 1991. Berikutnya, SMPN 1 Koto Tinggi, tamat 1994 dan SMAN 1 Suliki di Limbanang, tamat 1997.

Pendidikan S1 di Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Universitas Negeri Padang (UNP) dan tamat sebagai Sarjana Sains (S.Si) dengan yudisium sangat memuaskan setelah menulis skripsi dengan judul Struktur Asosiasi Amfifilik dari Air, Penthanol, dan Saponin Hasil Isolasi dari Daging Buah Sapindus Rarak DC, di bawah bimbingan Prof. Drs. Ali Amran, M.Pd, MA, Ph.D dan Dra. Hj. Irma Mon, M.Si pada 2002.

Berikutnya pada tahun 2006, dia melanjutkan pendidikan ke tingkat Master (S2) pada program Advanced Material Science (AMS) di Technical University Munich (TUM), Ludwig-Maximillian University Munich (LMU) dan University of Augsburg (UA), Jerman. Karena permasalahan finansial, studi S2 ini tidak terselesaikan dengan baik. Pada 2009 melanjutkan pendidikan ke tingkat Master (S2) pada program Magister Kimia dengan Konsentrasi Kimia Fisika di Jurusan Kimia, Institut Teknologi Bandung (ITB).

Tamat sebagai Magister Sains (M.Si) setelah menyelesaikan tesis dengan judul Pengukuran Efisiensi Kuantum Fototermal pada Wafer Silikon dan Pigmen dengan Metoda Fotokalorimetri, di bawah bimbingan Dr. Veinardi Suendo dan Dr. Achmad Rochliadi.

Selanjutnya pada tahun 2015, Deski Beri melanjutkan pendidikan ke tingkat doktoral (S3) pada Faculty of Chemistry and Biosciences, Karlsruhe Institute of Technology (KIT), Jerman. Tamat sebagai Doktors der Naturwissenschaften (Dr. rer. nat), dengan judisium Magna Cum Laude , setelah berhasil mempertahankan disertasi dengan judul Surface Functionalization of Silicon Nanocrystals via a Microwave Reactor -- Ditulis sebagai kompilasi dari pengalaman meneliti intensif di laboratorium selama 5 tahun yang dituangkan ke dalam 4 buah makalah ilmiah (3-buah sebagai first author) di jurnal internasional yang berimpact factor tinggi (>3.0) dan bereputasi (Q1).

Pada saat ini aktif meneliti di bidang renewable dan green energy, khususnya dalam bidang light-to-energy conversion dan light harvesting energy, dan nanophotonics. Penelitian yang juga ditekuni adalah tentang nanostructure material synthesis, colloids dan nanosciences dan material maju untuk menyelamatkan iklim dan lingkungan.

Sebelum dilantik menjadi WR 4 UNP, karir yang pernah dilaluinya Deski Beri yakni sebagai Staf Ahli Rektor, Sekretaris Badan Penjaminan Mutu Internal (setara Kepala Departemen), kemudian menjadi Kepala Badan Penjaminan Mutu Interna (BPMl) UNP yang jabatan itu setara dengan jabatan wakil dekan, tetapi merupakan pimpinan.

Deski Beri mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan ucapan selamat atas pelantikannya. Selanjutnya dia juga memohon dukungan dari berbagai pihak atas amanah yang diemban kepadanya saat ini sebagai WR 4 UNP.

"Terima kasih atas ucapan selamatnya dan mohon dukungan dari semuanya," kata pria berkulit putih dan berambut sedikit ikal dan berjenggot tipis tersebut.

7 Pejabat UNP yang Dilantik

Rektor UNP Ir. Krismadinata, Ph.D melantik empat Wakil Rektor, Dekan Fakultas Teknik, Kepala Badan Penjaminan Mutu Internal (BPMI), Direktur Akademik, di Lingkungan UNP, Rabu (26/06/2024) di Auditorium UNP. Pelantikan ini disertai dengan serah terima jabatan dari pejabat yang lama.

Adapun nama pejabat yang dilantik yakni: Wakil Rektor I Dr. Refnaldi, S.Pd, M.Litt, Wakil Rektor II Prof. Dr. Ir. Remon Lapisa, ST, MT, M.Sc yang dilantik menggantikan Prof. Ir. Syahril, M.Sc, Ph.D.

Wakil Rektor III, Prof. Dr. Ir. Anni Faridah, M.Si dilantik menggantikan Prof. Yohandri, M.Si, Ph.Ddan Wakil Rektor IV, Dr. rer. nat. Deski Beri, S.Si, M.Si dilantik menggantikan Prof. Dr. Yasri, MS.

Berikutnya, Dekan Fakultas Teknik Periode Antar Waktu, Dr. Muhammad Anwar, S.Pd, MT dilantik menggantikan Ir. Krismadinata, Ph.Dyang sebelumnya terpilih dan dilantik menjadi Rektor UNP menggantikan Prof. Ganefri, Ph.D.

Direktur Akademik, Abror, SE, M.E, Ph.D, dilantik menggantikan Prof. Dr. Ir. Remon Lapisa, ST, MT, M.Scdan Kepala Badan Penjaminan Mutu Internal (BPMI) Prof. Dr. Abna hidayati, S.Pd, M.Pd dilantik menggantikan Dr. rer. nat. Deski Beri, S.Si, M.Si.

Prosesi pelantikan juga dihadiri Ketua dan Sekretaris Majelis Wali Amanat, Ketua dan Sekretaris Senat Akademik, Senior Eksekutif, Sekretaris Universitas, Dekan dan Wakil Dekan, Direktur Sekolah Pascasarjana dan Direktur Sekolah Vokasi, Ketua LPPM dan Ketua LP3S, para Direktur dan Kasubdit, Kepala BPU, Ketua SPI, Seluruh Kepala UPT, Seluruh Kepala Kantor, Kepala Departemen, Kabag dan Seluruh Kasubag, Dosen dan serta Tenaga Kependidikan. *