Wako Bukittinggi Erman Safar Apresiasi SMAN 1 Bukittingi Tembus Benua Eropa

oleh -557 klik
Walikota Bukittinggi Erman Safar didampingi kepala SMAN 1 Bukittinggi Silfa Dusun, M.Pd foto bersama dengan 4 siswa   dan 2 guru SMA Negeri 1 Bukittinggi  yang  berangkat menuju Jerman Jumat (21/6/2024).RIDWAN
Walikota Bukittinggi Erman Safar didampingi kepala SMAN 1 Bukittinggi Silfa Dusun, M.Pd foto bersama dengan 4 siswa dan 2 guru SMA Negeri 1 Bukittinggi yang berangkat menuju Jerman Jumat (21/6/2024).RIDWAN

JERNIHNEWS.COM- Walikota Bukittinggi Erman Safar mengapresiasi adanya upaya sejumlah siswa dan guru SMA Negeri 1 Bukittinggi untuk menembus benua Eropa, khususnya ke Negara Jerman guna menambah cakrawala dalam kunjungan 22 Juni sampai 1 Juli 2024.

"Kita sangat mengapresiasi program guru dan siswa SMAN 1 Bukittinggi, yang berhasil menembus Benua Eropa. Kami atas nama Pemko Bukittinggi mengucapkan selamat dan semoga para guru dan siswa yang berangkat, sukses dalam melaksanakan program disana," ujar Erman Safar ketika menyambut guru dan siswa yang berangkat, Jumat (21/6/2024),.

Pada pertemuan tersebut yang dihadiri Kepala SMAN 1 Bukittinggi Dra. Silfa Dusun, M.Pd, dan para wakil kepala sekolah, Erman Safar berharap, setiba di Jerman, siswa dan guru dapat belajar dan mengambil hal-hal positif yang bisa diterapkan di Sumatera Barat khususnya Kota Bukittinggi.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah 1 Sumbar Willia Zuwerni, mengatakan, Pemprov Sumatera Barat sangat bangga karena program ini tidak hanya membawa nama kota dan provinsi,namun juga nama Negara Indonesia.

"Pada dasarnya, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah sangat mensupport kegiatan ini. Besar harapannya sekembali dari Jerman, perwakilan siswa dan guru dapat mengimbaskan ke sekolah lainnya yang ada di wilayah Provinsi Sumatera Barat," saat melepas keberangkatan siswa dan guru keJerman.

Kepala SMAN 1 Bukittinggi Silfa Dusun menambahkan, tahun 2019, pihak SMAN 1 bertemu dengan guru sekolah di Jerman secara online. Tahun 2021, SMAN 1 ikut pertukaran online.Kemudian, tahun 2023, guru sekolah di Jerman tersebut datang ke SMANegeri 1 Bukittinggi untuk observasi selama 1 minggu.

"Lalu, kita jajaki kerjasama dan kepala sekolahnya menyetujui. Tahun 2021, kita dapat bantuan 800 euro untuk membeli barang-barang pas online. Sekolah tersebut mengirim dalam bentuk uang," terangnya, didampingi Wakil Kepala Bidang Humas Caselia Angela, S.S, M.Pd dan Guru Bahasa Jerman Dian Ekafitri, S.Pd.

Tahun 2024 ini lanjut Silfa Dusun, SMA Negeri 1 Bukittinggi menjalin kerjasama atau MoU dengan Sekolah Hans Corossa Gynmnasium di Kota Berlin, Jerman. Jalinan kerjasama ini merupakan bentuk langkah konkret dari program ekskul Landkarte.

"SMAN 1 Bukitinggi membutuhkan dukungan moril dan materil dari semua pihak terkait. Baik jajaran pemerintahan, swasta termasuk dari Ikatan Alumni SMA (IASMA) 1 Bukittinggi," harapnya.

Sementara Wakil Kepala SMAN 1 Bukittinggi Bidang Humas Caselia Angela menjelaskan , untuk tahap awal, ada empat siswa dan dua guru yang akan berangkat ke Jerman yang dijadwalkan Sabtu 22 Juni sampai 1 Juli 2024 ini yang dilepas Kacabdin Wilayah 1 Willia Zuwerni.

Guru dan siswa SMAN 1 Bukittinggi yang akan berangkat masing-masing Caselia Angela, SS, M.Pd, Dian Eka Fitri, S.Pd (guru), Shalsabila, Azan Ashary, Fania Lindra dan Muthiah Fakhri dari siswa. Program ini merupakan rintisan perdana dari sekolah ini menembus Benua Eropa.

Keberangkatan siswa dan guru SMAN 1 Bukittinggi ke Jerman ujarnya, membawa isu lingkungan dengan tema Suistanable Hero. Isu lingkungan tersebut mencakup seluruh Provinsi Sumatera Barat.

Caselia Angela menambahkan , pada bulan November 2024 mendatang, juga ada kunjungan balasan dari siswa Jerman tersebut ke Kota Bukittinggi.

"SMAN 1 Bukittinggi merupakan satu-satunya di Sumbar yang memiliki akses ke Eropa melalui pertukaran pelajar. Mudah-mudahan, dirintisnya kerjasama ini menjadi salah satu program unggulan di SMA Negeri 1 Bukittinggi," ungkapnya. (WAN).