Qurban di Payakumbuh Utara Terbanyak, 457 Sapi, 3 Kerbau dan 41 Kambing

oleh -563 klik
Proses penyelenggaraan hewan qurban di Masjid Baitussalam Koto Baru Balai Janggo, Kecamatan Payakumbuh Utara. DOK-JNC
Proses penyelenggaraan hewan qurban di Masjid Baitussalam Koto Baru Balai Janggo, Kecamatan Payakumbuh Utara. DOK-JNC

JERNIHNEWS.COM - Jumlah hewan qurban masyarakat Kota Payakumbuh di lima kecamatan pada Idul Adha 1445 H, sebanyak 1.566 ekor. Dari lima kecamatan tersebut, jumlah qurban di Kecamatan Payakumbuh Utara yang terbanyak, yakni 457 sapi, 3 kerbau dan 41 kambing.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1445 H di Halaman Kantor Balai Kota Payakumbuh, Senin (18/06/2024). IST
Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1445 H di Halaman Kantor Balai Kota Payakumbuh, Senin (18/06/2024). IST

Jumlah qurban di Kecamatan Payakumbuh Barat, 444 sapi dan 62 ekor kambing. Untuk di Kecamatan Payakumbuh Timur 299 sapi dan 50 kambing. Sedangkan di Kecamatan Payakumbuh Selatan jumlah qurban 98 sapi dan 18 kambing. Selanjutnya di Kecamatan Lamposi Tigo Nagori 77 sapi, 9 kerbau, dan 8 kambing.

Data jumlah hewan qurban di Kota Payakumbuh itu diungkapkan oleh Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Kota Payakumbuh, H. Joben, S.Ag, MA saat memberikan kata sambutan sebelum penyelenggaraan Shalat Idul Adha di Halaman Kantor Balai Kota Payakumbuh, Senin (17/06/2024).

"Total di Payakumbuh ada 12 kerbau, 1.375 sapi dan 179 kambing. Setiap perjuangan butuh pengorbanan dan pengorbanan kepada Allah adalah pengorbanan yang paling mulia," kata Kakan Kemenag, H. Joben.

Kakan Kemenag Joben juga menyampaikan 229 orang jamaah haji Kota Payakumbuh yang tergabung dalam kloter X dan XVII berada dalam keadaan sehat walafiat.

"Semua jamaah haji kita dalam keadaan sehat. Insyaa Allah kloter X akan bertolak ke tanah air tanggal 3 Juli 2024 dan kloter XVII 11 Juli 2024. Mari kita doakan semoga menjadi haji yang mabrur dan selamat pulang ke Indonesia," katanya.

Sementara itu Pj. Walikota Payakumbuh, Ir. Suprayitno, MA mengatakan total jumlah peserta qurban di Kota Payakumbuh sebanyak 9.888 orang. Semunya tersebar di lima kecamatan yang ada di Kota Payakumbuh.

"Alhamdulillah, kita berharap dengan semangat berkorban ini, kita bisa menunjukkan kepedulian terhadap sesama, kedermawanan yang akan menjadi penawar di tengah dahaga kemiskinan yang akan tetap terus kita atasi," kata Pj. Wali Kota Suprayitno.

Pada kesempatan itu, Suprayitno mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua warga kota payakumbuh yang berpartisipasi aktif dalam setiap rangkaian pembangunan Kota payakumbuh.

"Semoga ke depan kita dengan segera bisa mengentaskan kemiskinan, menghilangkan stunting, bisa bersama mengendalikan laju inflasi yang terjadi dan menyiapkan generasi emas di tahun 2045," ujarnya.

Ia juga mengucapkan selamat datang di kampung halaman tercinta kepada para perantau. Diharapkan sumbangsihnya untuk memajukan Kota Payakumbuh.

"Kami sangat mengapresiasi para perantau yang berkomitmen memajukan UKM yang ada di Payakumbuh. Saat ini kita branding City of Randang, belilah rendang Payakumbuh, sehingga ketika kembali ke rantau, rendang dan juga usaha UKM lainnya bisa dikenal lebih luas," ucapnya.

"Atas nama pribadi, keluarga dan Pemko Payakumbuh kami sampaikan permohonan maaf jika ada kesalahan dan kealpaan selama memimpin. ada kebijakan yang belum secara penuh bisa mensejahterakan masyarakat Payakumbuh. Mari bersama kita saling memaafkan," katanya menandaskan. (hms-pyk/erz)