Wako Bukittinggi: Mari Kita Ciptakan Anak yang Sehat, Cerdas, Berakhlaq dan Gembira

oleh -687 klik
Walikota Bukittinggi didampingi Bunda PAUD Ny. Fiona Erman Safar  memperingati Hari Anak Nasional di TK Negeri 1 Panorama Baru Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS). RIDWAN
Walikota Bukittinggi didampingi Bunda PAUD Ny. Fiona Erman Safar memperingati Hari Anak Nasional di TK Negeri 1 Panorama Baru Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS). RIDWAN

JERNIHNEWS.COM- Pemko Bukittinggi melalui pemerintah kecamatan memperingati Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2024 selama tiga hari berturut-turut, dihadiri dan dibuka Wali Kota Bukittnggi serta Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Ny. Fiona Erman Safar, berlangsung meriah.

Kegiatan pertama digelar TK Excellent untuk tingkat kecamatan ABTB Senin (10/06/2024), dengan Ketua Pelaksana Reni Rahayu, di tingkat kecamatan MKS digelar di TK Negeri 1 Panorama Baru, Selasa (11/06/2024) dengan Ketua Pelaksana Yusnimar Nora dan untuk Kecamatan Guguak Panjang dipusatkan dikantor Camat Rabu (12/06/2024).

Peringatan HAN ditiga kecamatan yang ada di Kota Bukittinggi yang dihadiri Walikota bersama Bunda PAUD diikuti ratusan anak-anak PAUD dari seluruh TK yang ada masing-masingnya menampilkan kebolehannya penuh lucu, sehingga menjadikan suasana meriah dan gembira.

Panitia pelaksana masing-masing kecamatan mengatakan perayaan hari anak nasional ini merupakan inisiatif Bunda PAUD dan merupakan program Bunda PAUD turun ke sekolah dalam rangka menyambut hari anak nasional tahun 2024 yang bertujuan untuk menyalurkan bakat anak TK dan Paud serta melatih keberanian untuk anak.

Walikota Bukittinggi, Erman Safar, mengapresiasi kegitan perayaan hari anak nasional dan memandang penting memperingati hari anak nasional untuk menghormati hak-hak anak di Indonesia di Bukittinggi khususnya.

Masa kanak-kanak kata Walikota, memegang peran penting dalam menentukan kesiapan anak sebelum memasuki dunia belajar yang lebih serius.

Untuk itu, Pemko Bukittinggi terus berupaya menjamin tumbuh kembang anak, termasuk dalam sektor kesehatan, memastikan anak-anak mendapatkan asupan gizi yang cukup.

Kepada guru ia berpesan untuk selalu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan akan berdampak positif bagi perkembangan anak-anak bangsa. Untuk itu, dibutuhkan guru yang mandiri, inovatif, dan kreatif untuk mencetak generasi generasi bangsa yang berkualitas.

Sebab, masalah tantangan yang dihadapi oleh anak- anak, orangtua maupun guru yang mendampingi di sekolah semakin berat, dimana anak-anak zaman sekarang disibukkan dengan tontonan- tontonan televisi dan gadget yang kurang mendidik sehingga diperlukan upaya bersama yang baik bagi semua pihak khususnya para guru dan orangtua untuk mengawasi dan memonitor kegiatan dan perkembangan anak.

"Mari kita berperan menyelamatkan anak dari seluruh bentuk pelanggaran terhadap hak anak. Stop bullying, diskriminasi, ciptakan anak Kota Bukittinggi yang sehat, cerdas, berakhlaq dan gembira," pesannya.

Wako menambahkan, pentingnya kesadaran dan kepedulian dari keluarga, Pemerintah, dan seluruh pihak untuk berperan aktif dalam mendukung tumbuh kembang anak-anak.

Upaya bersama ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang aman, sehat dan mendukung bagi anak-anak dalam menjalani masa kanak-kanak yang berharga dan berpengaruh pada masa depan mereka.

"Semoga dengan memberikan perhatian dalam mewujudkan hak anak Kota Bukittinggi mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam menyongsong Indonesia Emas," harap Walikota. (wan)