Pemko Bukittinggi Gelar Diklat Peningkatan Kapasitas SDM TMSBK

oleh -468 klik
Usai membuka Diklat peningkatan kapasitas  Sumber Daya Manusia  Taman Marga Satwa Budaya Kinantan (SDM TMSBK), Wali Kota Erman Safar foto bersama dengan penyelenggra dan peserta  di Hotel Grand Royal Denai Selasa, (11/06/2024). RIDWAN
Usai membuka Diklat peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia Taman Marga Satwa Budaya Kinantan (SDM TMSBK), Wali Kota Erman Safar foto bersama dengan penyelenggra dan peserta di Hotel Grand Royal Denai Selasa, (11/06/2024). RIDWAN

JERNIHNEWS.COM- Pemko Bukittinggi melalui Dinas Pariwisata menggelar peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia Taman Marga Satwa Budaya Kinantan (SDM TMSBK) tahun 2024.

Kegiatan untuk mewujudkan kesejahteraan satwa menuju pariwisata terintregitas ini dibuka langsung oleh Walikota Bukittinggi di Hotel Grand Royal Denai Selasa, (11/06/2024).

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar dalam pembukaan mengatakan Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan bukan hanya sebuah objek wisata alam dan sejarah saja, akan tetapi juga sebuah lembaga konservasi yang dikelola oleh Pemko Bukittinggi.

"Ini harus dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi yang terdepan di Asia Tenggara walaupun dengan keterbatasan dalam pengembangan lahan," tegasnya.

Pemerintah dan masyarakat Kota Bukittinggi lanjut Erman Safar yang akrab disapa Bang Wako, tentu menunggu kinerja terbaik para SDM yang terkait didalamnya, untuk berinovasi dalam berbagai sektor agar TMSBK terus diminati oleh pengunjung untuk datang ke Kota Bukittinggi ini.

Guna peningkatan kompetensi bagi pengelola ini saran Bang Wako, harus selalu diadakan agar pengelola dapat mengupgrade ilmunya dan keterampilannya dalam hal teknis terkait dengan pekerjaannya maupun keterampilan dalam hal lainnya yang menunjang pekerjaan.

Peningkatan kopetensi kata Bang Wako mencontohkan, seperti, kemampuan membuat informasi di media sosial, kemampuan menjadi pemandu bagi wisatawan yang berkunjung dan kemampuan memberikan atraksi-atraksi yang menarik minat wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Bukittinggi, Rofie Hendra, melalui Kabid Daya Tarik Wisata Kawasan Konservasi, Silvitawane Ria Putri, menjelaskan, kegiatan peningkatan kapasitas SDM di TMSBK sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan satwa menuju pariwisata yang terintegras.

Saat ini SDM yang ada di TMSBK jelasnya, terdiri dari ASN sebanyak 17 orang dan non ASN sebanyak 24 orang yang perlu disegarkan kembali dan diinformasikan hal-hal yang terkait dalam pelaksanaan tugas kepegawaian, pengelolaan kandang dan pengelolaan objek wisata.

"Untuk itu kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami tugas, tanggungjawab dan peran pegawai TMSBK dalam meningkatkan kinerja TMSBK sebagai lembaga konservasi, rekreasi dan edukasi. Peningkatan kapasatias ini dilaksanakan dari tanggal 11 Juni hingga 12 juni 2024," jelasnya

Rofie Hendra menambahkan, peningkatan kapasitas SDM TMSBK menuju kesejahteraan satwa menuju pariwisata terintegrasi ini menghadirkan tiga narasumber yaitu Kepala BKPSDM Kota Bukittinggi.

Ketua Bidang Edukasi dan Peningkatan Kapasitas SDM TMSBK menuju kesejahteraan satwa menuju pariwisata terintregitas ini menghadirkan tiga narasumber yaitu Kepala BKPSDM Kota Bukittinggi, Ketua Bidang Edukasi dan Kepelatihan PKBSI dan Anggota Bidang Etika dan Kesejahteraan Satwa PKBSI. (wan)