Krismadinata, Ph.D Rektor UNP yang Baru dan Langkah Kuda Prof. Ganefri

oleh -9262 klik
Prof. Ganefri, Ph.D dan Krismadinata, ST, MT, Ph.D. Pada Rabu (05/06/2024) Krismadinata akan dilantik menjadi Rektor UNP Periode 2024-2029 menggantikan Prof. Ganefri, Ph.D yang jadi Rektor UNP dua periode (2016-2020 dan 2020 - 2024). JNC
Prof. Ganefri, Ph.D dan Krismadinata, ST, MT, Ph.D. Pada Rabu (05/06/2024) Krismadinata akan dilantik menjadi Rektor UNP Periode 2024-2029 menggantikan Prof. Ganefri, Ph.D yang jadi Rektor UNP dua periode (2016-2020 dan 2020 - 2024). JNC

Oleh: Yon Erizon

Alumni Universitas Negeri Padang

Ir. Krismadinata, ST, MT, Ph.D pada Rabu (05/06/2024) dilantik menjadi Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) periode 2024-2029. Kris terpilih sebagai rektor pada pemilihan yang dilakukan Majelis Wali Amanat (MWA) UNP dalam Sidang Khusus MWA Pemilihan Rektor UNP, Rabu (08/05/2024). Sumando urang Luak Limopuluah itu menjadi penerus kepemimpinan Prof. Ganefri, Ph.D yang gilang gemilang menahkodai UNP selama dua periode (2016-2020 dan 2020-2024).

Baca Juga

Meski tak berlangsung lama, namun sebagian pihak ada yang kaget dan ada pula yang melihat sebuah sensasi atas terpilihnya Krismadinata, Ph.D menjadi Rektor UNP. Termasuk sebagian alumni UNP tentunya. Saat pemilihan rektor Kris menjabat sebagai Dekan FT UNP. Kris bukanlah alumni UNP adalah sebuah fakta. Dan bahwa pria kelahiran Padang 11 September 1977 itu telah mengabdi menjadi dosen di Prodi Teknik Elektro FT UNP sejak tahun 2000 juga merupakan kenyataan.

Ir. Krismadinata, ST, MT, Ph.D, menempuh studi S1 nya di Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Andalas dan selesai tahun 2000. Selanjutnya, studi S2 Kris di Prodi Teknik Elektro FT ITB dan tamat tahun 2004. Berikutnya gelar Ph.D diraihnya dari Bidang Teknik Elektro pada Tahun 2012 di Universitas Malaya, Malaysia.

Pada pemilihan rektor itu, Krismadinata, Ph.D memperoleh 17 suara. Dia mengungguli Prof. Yohandri, M.Si, Ph.D yang mendapatkan 6 suara dan Dr. Refnaldi, S.Pd, M.Litt memperoleh 1 suara. Refnaldi adalah Wakil Rektor 1 UNP, sedangkan Yohandri Wakil Rektor 3 UNP.

Tentu saja Prof. Ganefri, Ph.D yang juga Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Indonesia (MRPTNI) dan juga Rektor terbaik se-Indonesia tahun 2023 bersama para anggota MWA UNP berharap Krismadinata dapat melanjutkan lompatan-lompatan kemajuan dan kejayaan UNP ke depan. Seperti juga harapan dari para alumni dan civitas akademika UNP lainnya.

Prof. Ganefri dan Langkah Kudanya

Prof. Ganefri selama ini memang kerap mengambil langkah kuda yang strategis adalah sosok yang visioner. Bahkan terkadang songsang atau melawan arus dari harapan orang kebanyakan. Dia berani mengambil keputusan walau bukan populis di mata banyak orang. Ya begitulah Ganefri.

Melalui langkahnya yang berani, pria bergelar adat Dt. Djunjungan Nan Bagadiang itu semakin memperkuat bahwa UNP adalah kampus terbuka. Adalah kampus yang siap bekerja sama dengan siapa saja. UNP adalah kampus berstatus PTN BH yang selalu melakukan lompatan-lompatan besar untuk bisa lebih berjaya, menuju World Class University.

Menilik ke belakang, langkah berani Prof. Ganefri bukan sekarang saja. Tapi sudah sejak dulu. Telah sangat jamak dilakukannya. Yang paling heboh adalah ketika UNP memberikan gelar Doktor Honorus Causa (Dr HC) kepada mantan Presiden RI, Megawati Soekarno Putri. Banyak yang tak sepakat langkah Rektor Prof. Ganefri, Ph.D itu.

Langkah kuda Prof. Ganefri berikutnya, adalah mendatangkan Presiden Joko Widodo ke kampus UNP. Langkah Kuda Prof. Ganefri pria asal Nagari VII Koto Talago, Kabupaten Limapuluh Kota itu selanjutnya di dalam pemimpin UNP adalah menjadi Ketua Nahdlatul Ulama (NU) PW Sumbar.

Langkah kuda Prof. Ganefri juga terjadi di Pilpres 2024. Ketika para akademisi beberapa kampus di tanah air memberikan kritikan keras terhadap Jokowi yang dianggap cawe-cawe bahkan terlalu jauh terlibat dalam Pilpres untuk memenangkan salah satu pasangan calon atau tepatnya pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 2 Prabowo-Gibran, Prof. Ganefri melalui MRPTNI yang dipimpinnya mengambil sikap yang soft.

Berikutnya langkah kuda selanjutnya, dua bulan yang lalu UNP juga mengikuti Expo ke China dan menjalin kerja sama dengan berbagai kampus di China guna pengembangan kampus menuju world class university.

Pada beberapa kesempatan Ganefri senantiasa menjelaskan bahwa langkah-langkah tak populer atau tak lazim yang diambilnya hanyalah untuk kemajuan dan kejayaan UNP. Hanya dengan langkah kuda dan terobosan-terobasan itu UNP dapat melakukan lompatan-lompatan besar. Sehingga UNP dapat maju seperti sekarang.

Selama menjabat 8 tahun sebagai rektor, Ganefri sukses membawa uang pusat ke UNP senilai Rp 1 triliun untuk pembangunan dan kemajuan UNP. Karena itulah UNP bisa maju pesat dan membuat siapa saja terkagum-kagum dengan perkembangannya. Itulah di antara buah dari langkah kuda yang dilakukan Prof. Ganefri selama ini.

Dan kini langkah visioner Prof. Ganefri, Ph.D yang paling menggetarkan adalah langkahnya yang akan maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumbar 2024. Dia ingin membawa Sumbar menjadi provinsi yang maju. Dia gregetan dengan kondisi Sumbar sekarang yang tertinggal dibandingkan dengan provinsi-provinsi lainnya.

Gayung pun bersambut. Masyarakat dari berbagai lapisan seantro Sumbar yang ada di 19 kabupaten/kota pun bersemangat mendukung dan ingin membantu memenangkannya. Mereka ingin Sumbar berubah. Ingin maju, ingin melakukan lompatan-lompatan besar bersama Prof. Ganefri.

Langkah kanan Prof. Ganefri pada pemilihan Rektor UNP melalui terpilihnya Krismadinata untuk lima tahun ke depan, sesungguhnya juga menjadi langkah kuda Ganefri untuk memperoleh simpati dan dukungan keluarga besar Unand serta alumninya di Pilgub Sumbar. Juga dukungan dari keluarga besar dan alunmi semua perguruan tinggi lain di Sumbar dan tanah air pada umumnya. Ini sebagai bukti nyata bahwa Ganefri sangat terbuka dan siap bekerja sama dengan siapa saja, demi untuk kemajuan negeri dan bangsa. *