Pengurus DPD Iluni UNP Pessel Dilantik, Rektor Prof. Ganefri Apresiasi Bupati Rusma

oleh -639 klik
Rektor UNP Prof Ganefri PhD bersama pengurus DPD Iluni UNP Kabupaten Pessel usai pengukuhan penguruis iluni UNP di daerah tersebut, Ahad (05/05/2024). IST
Rektor UNP Prof Ganefri PhD bersama pengurus DPD Iluni UNP Kabupaten Pessel usai pengukuhan penguruis iluni UNP di daerah tersebut, Ahad (05/05/2024). IST

JERNIHNEWS.COM- Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Alumni (Iluni) Universitas Negeri Padang (UNP) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), periode 2023-2027 dilantik.

Pelantikan itu dirangkai dengan Seminar Nasional peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dengan tema, Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar, Ahad (05/05/2024) di Painan Convention Center (PCC).

Hadir dalam kesempatan itu Rektor UNP Prof.Ganefri, PhD, Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, dengan diwakili, Kepala Dinas Pendidikan Pessel, Salim Muhaimin yang sekaligus sebagai narasumber, bersama Ketua DPP Iluni UNP, Nadirman, serta ratusan guru dan kepala sekolah.

Prof Ganefri, dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan selamat dan juga sukses atas pelantikan dan seminar nasional yang diikuti oleh ratusan guru dan kepala sekolah tersebut.

Dia berharap para alumni dapat berkontribusi untuk kemajuan pembangunan daerah baik di Pesisir Selatan, maupun Sumbar secara umumnya.

"UNP saat ini sudah masuk universitas yang besar dan sudah dengan status PTNBH dengan jumlah alumni lebih 300 ribu orang. Karena sangat besar, maka UNP perlu terus meningkatkan reputasi akademik," ungkapnya.

Dia juga mengajak DPD Iluni UNP Pesisir Selatan untuk berkontribusi dalam pembangunan daerah, terutama dalam pembangunan pendidikan.

"Ya keberadaan Iluni UNP ini sangat diharapkan untuk berkontribusi dalam pembangunan daerah, terutama pembangunan bidang pendidikan. Kemudian Iluni UNP diminta bersinergi dengan pihak -pihak terkait guna peningkatan kualitas pendidikan," katanya.

Dikatakan, UNP sejauh ini telah membuka kampus dibeberapa kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Barat seperti Bukittinggi, Payakumbuh ,Pariaman, Pesisir Selatan dan lainnya.

"Iluni UNP juga sebagai pendidik, diharapkan menumbuhkan panggilan jiwa untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki daya saing," katanya.

Lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan hendaknya terus menggenjot mutu pendidikan, termasuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) serta meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Disebutkan , dalam rangka peningkatan IPM ini pendidikan merupakan kata kunci. Oleh karena itu, ke depan jangan ada lagi masyarakat yang tidak bersekolah atau putus sekolah.

"Untuk mengatasi masalah tersebut, maka paket A, paket B dan paket C harus diperbanyak. Dalam hal ini memang sangat dibutuhkan dukungan dari pihak terkait," katanya.

Dalam kesempatan itu dia juga menyampaikan terimakasih kepada kepala Dinas Pendidikan Pessel, Salim Muhaimin yang sudah menyempatkan diri hadir, dan juga memberikan apresiasi kepada Bupati Pessel yang sudah memfasilitasi sehingga pelaksanaan pelantikan pengurus DPD Iluni UNP Pesisir Selatan bisa berjalan dengan sukses dan lancar.

Bupati Pesisir Selatan diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Salim Muhaimin mengapresiasi pelantikan pengurus DPD Iluni UNP Kabupaten Pesisir Selatan, sekaligus juga digelar Seminar Nasional Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan kami mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus DPD Iluni UNP Kabupaten Pesisir Selatan periode 2023-2027. Semoga dapat menjalankan amanah dengan baik," katanya.

Dikatakan, Iluni UNP di Kabupaten Pesisir Selatan saat ini banyak berperan dalam bidang pendidikan. Pasalnya, sebagian besar Iluni UNP di Kabupaten Pesisir Selatan merupakan tenaga pendidik.

"Kami berharap kepada para Iluni UNP tetap berkontribusi dan berperan dalam mewujudkan kualitas pendidikan di daerah ini. Sebab, untuk mewujudkan kualitas pendidikan sangat dibutuhkan dukungan dari semua pihak," katanya.

Pengurus DPD Iluni UNP Kabupaten Pesisir Selatan periode 2012023-2027 yang diketuai oleh Jusmiwarti Bj, Sekretaris, Aprison, dan Bendahara, Julita Suarni itu, dilantik oleh Ketua Harian DPP Iluni UNP, Roswaldi Sikumbang.

Jusmiwarti Bj dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas suksesnya pelantikan dan pengukuhan DPD Iluni UNP Pesisir Selatan tersebut.

"Kami merasa bangga dengan telah dilantiknya pengurus Iluni ini dankedepanakan menjalankan berbagai program-program pendidikan untuk kemajuan Pesisir Selatan ke depan," katanya. (rel)