4 Kali Khatam Alquran Selama Ramadhan, Santri Ponpes An-Nahl Dapat Reward

oleh -369 klik
10 santri SMP Ponpes An-Nahl Guguak Kabupaten Limapuluh Kota diberikan reward karena terbanyak khatam Al-Quran selama Ramadhan 1445 H dan juga dengan baik mengikuti seluruh rangkaian agenda kegiatan Ramadhan. ERZ
10 santri SMP Ponpes An-Nahl Guguak Kabupaten Limapuluh Kota diberikan reward karena terbanyak khatam Al-Quran selama Ramadhan 1445 H dan juga dengan baik mengikuti seluruh rangkaian agenda kegiatan Ramadhan. ERZ

JERNIHNEWS.COM-Sebanyak 10 santri Pondok Pesantren (Ponpes) SMP An-Nahl Guguak Kabupaten Limapuluh Kota diberikan reward oleh ponpes karena telah khatam Al-Quran sebanyak empat kali selama Ramadhan dan juga mengikuti semua agenda kegiatan Ramadhan dengan baik.

Reward tersebut diserahkan oleh Kepala Ponpes SMP An-Nahl Ustad Eki, S.Pd.I di sela-sela kegiatan berbuka puasa bersama dengan orang tua santri, Rabu (03/04/2024) di Masjid An-Nahl Komplek Ponpes An-Nahl.

"Anak-anak kita yang memperoleh reward ini telah mengkhatamkan empat kali bacaan Alquran mereka selama Bulan Ramadhan 1445 H. Padahal Bulan Ramadhan tahun ini masih ada satu pekan lagi. Artinya mereka masih bisa khatam lagi. Selain itu mereka juga patuh, berkelakuan baik dan mengikuti seluruh rangkaian agenda kegiatan Ramadhan yang dilaksanakan ponpes. Mereka juga selalu berada di shaf terdepan saat shalat," kata Ust. Eki memberikan penjelasan.

Pada kesempatan itu Ust. Eki juga menyampaikan informasi berbagai perkembangan Ponpes An-Nahl. Seperti makin bertambahnya santri kelas IX SMP An-Nahl yang diterima di sekolah-sekolah favorit. Meliputi MAN IC Sumbar (di Kab. Padang Pariaman), MAN MAPK (di Koto Baru Kab. Tanah Datar), MAN Model (Kota Bukittinggi) dan SMAN 1 Sumbar (di Padang Panjang).

Berikutnya, Ust. Eki juga memaparkan perkembangan santri SMP Ponpes An-Nahl yang telah pulang dari Arab Saudi setelah mengikuti pembelajaran selama 2,5 bulan di negara tersebut. Saat ini bacaan dan hafalan serta Bahasa Arab santri 7 orang yang pulang dari Arab Saudi semakin mantap. "Mereka banyak belajar taksin dan tahfiz di sana. Hasilnya sungguh luar biasa. Di Ramadhan ini banyak yang meminta mereka menjadi imam di masjid dan mushalla," beber Ust. Eki.

Selanjutnya Ust. Eki juga menyampaikan tentang pengumpulan infak subuh orang tua santri yang terkumpul Rp40 juta lebih. Sebanyak Rp20 juta disumbangkan untuk Palestina dan sisanya disumbangkan untuk pembangunan Kantor MUI Kabupaten Limapuluh Kota.

Berikutnya Ust. Eki juga menjelaskan tentang jadwal libur Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1445.

Sebagai pemungkas Ust. Eki menyampaikan terima kasih kepada ayah dan bunda para santri yang telah mendukung dan mendorong secara sungguh-sungguh agar anaknya dapat mengikuti seluruh agenda pembelajaran termasuk rangkaian kegiatan Bulan Ramadhan di ponpes.

Pada acara berbuka puasa bersama, terlihat suasana kekeluargaan di antara para orang tua dan wali santri. Berbuka puasa dilaksanakan di lokal masing-masing. (erz)