Sudah 6 Orang di Kab. Solok Dimakamkan Sesuai SOP Covid-19

oleh -456 klik
Suasana Rapat Koordinasi Pemkab Solok tetang pembentukan Tim Penyelenggara Jenazah Covid-19, Senin (20/04/2020) di Kantor Bupati Solok. JON
Suasana Rapat Koordinasi Pemkab Solok tetang pembentukan Tim Penyelenggara Jenazah Covid-19, Senin (20/04/2020) di Kantor Bupati Solok. JON

JERNIHNEWS. COM - Pemerintah Kabupaten Solok melaksanakan rapat koordinasi tentang penyelenggaraan jenazah covid-19, Senin (20/04/2020) siang. Hingga sekarang, sudah 6 kali dilaksanakan pemakaman sesuai SOP Covid-19 di wilayah Kabupaten Solok.

Rapat yang digelar di Aula Solok Nan Indah Aro Suka itu dipimpin staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik Abdul Manan, Kabag ops Polres Solok, Pasiopsdim 0309/Solok Capt Chb Budiman. S, Direktur RSUD Arosuka, Kemenag Kabulaten Solok, Kasatpol PP Kabupaten Solok dan Camat se-Kabupaten Solok.

Informasi yang dihimpun media ini dari Pasiopsdim 0309/Solok Capt Chb Budiman. S, hingga saat ini telah 6 kali dilakukan pemakaman jenazah sesuai protokol covid-19 di Kabupaten Solok.

"Yang dimakamkan sesuai protokol pemakaman covid-19 untuk jenazah covid-19 positif, PDP, ODP dan dari daerah terjangkit," katanya.

Pemakaman juga bisa dilaksanakan di pemakaman keluarga, di daerah yang bersangkutan, dan jika ada penolakan dapat menggunakan tanah milik Pemda Kabupaten Solok di dekat Taman Makam Pahlawan.

Dikatakannya, jika ditemui jenazah dengan kategori pemakaman covid-19 maka dikirimkan ke RSUD Arosuka setelah dilakukan anamnesis, dan SOP- nya sampai di depan ruang isolasi, selanjutnya diserahkan kepada petugas penguburan yang menggunakan APD lengkap (4 orang).

"Untuk kebutuhan APD dikoordinasikan oleh Dinas Kesehatan," katanya.

Perlengkapan yang dibutuhkan APD, kantong mayat, dan peti mayat dianggarkan dari Dinas Kesehatan. (jon)