HDI: Kita Bangga 2 Putra 50 Kota Jadi Rektor PTN Terbesar di Sumbar

oleh -709 klik
Dr. Ir. H. Herman Darnel Ibrahim, M.Sc. (IST)
Dr. Ir. H. Herman Darnel Ibrahim, M.Sc. (IST)

JERNIHNEWS.COM-Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Dr. Ir. Herman Darnel Ibrahim, M.Sc mengucapkan selamat kepada Dr. Efa Yonnedi, SE, MPPM, Akt CA, CRGP atas terpilihnya sebagai Rektor Universitas Andalas (Unand). Pria pakar kelistrikan yang biasa dengan nama singkatan HDI itu bangga, kini 2 PTN di Sumbar dipimpin putra terbaik Limapuluh Kota.

Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D dan Rektor Unand (terpilih) Dr. Efa Yonnedi, SE, MPPM, Akt CA, CRGP. (IST)
Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D dan Rektor Unand (terpilih) Dr. Efa Yonnedi, SE, MPPM, Akt CA, CRGP. (IST)

Rektor Unand yang baru terpilih Efa Yonnedi adalah putra terbaik Jorong Jopang, Nagari Jopang Manganti, Kecamatan Mungka Kabupaten Limapuluh Kota. Sedangkan Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Ganefri, Ph.D, juga putra terbaik Kabupaten Limapuluh Kota yang berasal dari Jorong Talago, Nagari VII Talago, Kecamatan Guguak.

"Selamat kepada Bapak Efa Yonnedi. Kita sangat bangga beliau terpilih menjadi Rektor Unand. Kebanggaan kita selaku orang Luak Limopuluah semakin bertambah, karena kini dua putra terbaik Limapuluh Kota menjadi Rektor 2 PTN terbesar di Sumbar. Ini membuktikan bahwa Limapuluh Kota memiliki sumber daya manusia yang unggul," kata HDI kepada jernihnews.com, Rabu (01/11/2023).

HDI sama-sama alumni Manchester University, Inggris dengan Efa Yonnedi. Bedanya, Efa Yonnedi doktoral atau S3-nya yang di Manchester University, sedangkan HDI S2-nya yang di univesitas yang sama. "Jadi kami juga sama-sama satu almamater di Manchester University, Inggris," sebut HDI yang juga merupakan alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB).

HDI yang pernah menjabat sebagai Direktur PT PLN (Persero) Pusat berasal dari Jorong Kampuang Tangah, Nagari Talang Maur, Kecamatan Mungka. Dia juga pernah diamanahkan menjadi Anggota DPD RI. Sedangkan di Pemilu 2024, HDI mencalonkan sebagai anggota DPR RI Dapil Sumbar 2 dari PKB.

Sangat yakin dan percaya dengan kualitas sumber daya manusia (SDM) putra-putri Luak Limopuluah, HDI pun mengajak masyarakat Luak Limopuluah memilih kandidat wakil rakyat untuk DPR RI yang berasal dari daerah tersebut, tak terkecuali dengan dirinya yang telah lama berkiprah di level nasional.

"Kita ajak kepada masyarakat Luak Limopuluh untuk memilih putra-putri terbaik Luak Limopuluah di Pemilu 2024. Biar nanti ada pula wakil dari daerah kita di DPR RI," kata HDI menandaskan.

Sebagimana diberita sebelumnya, Dr. Efa Yonnedi, SE, MPPM, Akt CA, CRGP terpilih sebagai Rektor Unand, Selasa (31/10/2023) masa bakti 2023-2028. Dia adalah salah seorang putra terbaik Jorong Jopang, Nagari Jopang Manganti, Kecamatan Mungka, Kabupaten Limapuluh Kota. Dia berasal dari keluarga sederhana.

Dalam pemilihan Rektor Unand ada tiga kandidat. Mereka yakni Prof. Apt. Fatma Sri Wahyuni, PhD (Dekan Fakultas Farmasi), Dr. Efa Yonnedi, SE, MPPM, Akt, CA, CRGP (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis) dan Prof. Ikhwana Elfitri, ST, MT, Ph.D (Dekan Fakultas Teknik). Dr. Efa Yonnedi meraih suara terbanyak, 20 suara. Prof.Fatma Sri Wahyuni yang memperoleh 3 suara dan Prof Ikhwana Elfitri 2 suara. (erz)