Longsor 25 Meter di Lembah Gumanti, Jalur Solok-Kerinci Putus Total

oleh -935 klik
Suasana longsor di Jorong Cubadak Nagari Aia Dingin Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Minggu (19/04/2020) sekitar pukul 09.00 WIB. JON
Suasana longsor di Jorong Cubadak Nagari Aia Dingin Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Minggu (19/04/2020) sekitar pukul 09.00 WIB. JON

JERNIHNEWS. COM -Curah hujan yang tinggi sejak Sabtu (18/04) sore hingga Minggu pagi mengakibatkan longsor di Jorong Cubadak Nagari Aia Dingin Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok Sumatera Barat sekitar pukul 09.00 WIB, Minggu (19/04/2020).

Akibatnya dua unit rumah warga semi permanen milik Upik, hancur diterjang material longsor yang datang dari arah tambang galian C yang ada di atas pemukiman warga.

Beruntung, sejak kemarin sore hujan berkepanjangan hingga malam, penduduk yang bermukim di bawah galian tambang itu telah duluan mengungsi.

"Sehingga tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Dan kerugian materil dua unit rumah warga yang hancur masih dalam pendataan," kata Camat Lembah Gumanti Drs. Zaitul Ihklas via telepon pada media ini.

Tidak saja dua unit rumah warga yang hancur, lanjut Camat, jalan nasional Alahan Panjang-Surian putus begitu pula jalan yang menghubungkan Solok- Kerinci, Lubuk Selasih - Solok Selatan juga putus tak bisa dilintasi kendaraan.

"Badan jalan amblas sekitar 25 meter. Sehingga tak bisa lagi dilintasi," ujar Camat Lembah Gumanti Drs Zaitul Ikhlas menambahkan.

Wakil Bupati Solok Yulfadri Nurdin bersama Forkopimda langsung meninjau lokasi kejadian dan dia berpesan, agar warga meningkatkan kewaspadaan ketika hujan turun, sebab tanah longsor bisa terjadi kapan saja.

"Kepada dua keluarga yang rumahnya hancur mohon bersabar. Pemkab Solok akan membicarakan hal ini setelah didata petugas nantinya berapa kerugian materil," kata Yulfadri Nurdin (jon)