Ghazi Terpilih Jadi Ketua, Ini Hasil Lengkap Pemilu OSIS SMAN 3 Payakumbuh

oleh -771 klik
Hasil Pemilu OSIS SMAN 3 Payakumbuh, Rabu (18/10/2023) yang diikuti empat pasangan calon ketua dan wakil ketua. ERZ
Hasil Pemilu OSIS SMAN 3 Payakumbuh, Rabu (18/10/2023) yang diikuti empat pasangan calon ketua dan wakil ketua. ERZ

JERNIHNEWS.COM-Pemilu OSIS SMAN 3 Payakumbuh untuk memilih ketua dan wakil ketua OSIS periode 2023/2024 pada Rabu (18/10/2023) berlangsung lancar, sukses, demokratis dan meriah. Dari empat paslon yang berkompetisi, pemenangnya adalah Paslon 03 M. Ghazi Alfahri dan Malikal Mulki Alghani Elka dari Partai Gerakan Pelajar (PGP). Berikut hasil lengkapnya dimuat pada berita ini.

Salah seorang pemilih di Pemilu OSIS SMAN 3 Payakumbuh memasang tinta pada jarinya, tanda telah memberikan hak suaranya. ERZ
Salah seorang pemilih di Pemilu OSIS SMAN 3 Payakumbuh memasang tinta pada jarinya, tanda telah memberikan hak suaranya. ERZ

Paslon M. Ghazi Alfahri dan Malikal Mulki Alghani Elka dari PGP berhasil memperoleh 336 suara. Paslon 01 Umar Faruq Rabbani - Suci Ramadani dari Partai Jaya Acasia memperoleh 299 suara, dan Paslon 04 Reyval Alhavidh Yusrindra - Diandra cMaulana dari Partai Arindama meraih 326 suara. Sedangkan Paslon 02 Habil Muzakki dan Nafa Nabil Admaja dari Partai Penggerak Reformasi Acasia (Pracas) memdaatkan 102 suara.

Guru dan staf pun ikut memilih calon Ketua OSIS SMAN 3 Payakumbuh. ERZ
Guru dan staf pun ikut memilih calon Ketua OSIS SMAN 3 Payakumbuh. ERZ

Total jumlah pemilih yang terdata oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Smantig Payakumbuh sebanyak 1.316 pemilih yang terdiri dari 1.216 siswa dan 100 guru dan staf. Sedangkan jumlah suara yang sah sebanyak 1.063 atau 80,7 persen dari pemilih yang terdaftar. Partisipasi pemilih di dalam Pemilu OSIS SMAN 3 Payakumbuh.

Paslon pemenang Pemilu OSIS SMAN 3 Payakumbuh, M. Ghazi Alfahri - Malikal Mulki Alghani Elka dari PGP memiliki motto "Anjalai tumbuah di munggu, sugi-sugi di rumpun padi, supayo pandai rajin baguru, supayo tinggi nakkan budi".

Agenda Pemilu OSIS SMAN 3 Payakumbuh ini bersempena dengan Kegiatan Panen Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pemilu untuk memilih Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS ini tak kalah hebat dengan pemilihan presiden. Pemilu OSIS juga diwarnai dengan kampanye, orasi politik dan debat.

Acara pembukaan Pemilu OSIS SMAN 3 Payakumbuh dihadiri Ketua KPU Kota Payakumbuh yang diwakili Khairuddin Fambo, Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh, Kepala SMAN 3 Payakumbuh Dra. Irma Takarina, M.Si, para wakil kepala sekolah, majelis guru, KPU Smantig, dan seluruh siswa. Kegiatan berlangsung lancar dan sukses dari awal hingga akhir.

Acara pembukaan ditandai dengan sambutan seremonial dari Kepala SMAN 3 Payakumbuh Dra. Hj. Irma Takarina, M.Si, sambutan anggota KPU Kota Payakumbuh Kharuddin Fambo dan Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh. Ajang ini juga menjadi kesempatan bagi KPU dan Bawaslu menyosialisasikan pelaksanakan Pemilu 2024 kepada para guru dan siswa di mana di antara mereka adalah pemilih pemula di Pemilu 2024.

Kegiatan utama Pemilu OSIS Smantig Payakumbuh diawali dengan orasi yang berisi penyampaian visi, misi dan proker oleh paslon ketua dan wakil ketua. Mereka tampil bergantian secara berurutan dimulai dari Paslon 01, Umar Faruq Rabbani-Suci Ramadhani dari Partai Jaya Acasia. Berikutnya dilanjutkan Paslon 02 Habil Muzakki-Nafa Nabil Admaja yang dari Pracas, Paslon 03 M.Ghazi Alfahri-Malikal Mulki Alghani Elka dari PGP. Selanjutnya, Paslon 04 Reyval Alhavidh Yusrindra - Diandra cMaulana dari Partai Arindama.

Sesi orasi penyampian visi, misi dan proker ini berlangsung menarik dan seru, karena masing-masing paslon berupaya tampil dengan baik. Mereka juga telah menyiapkan visi, misi dan proker unggulan sehingga mampu menarik perhatian dan simpati para peserta pemilu untuk menjatuhkan pilihan kepada mereka. Sesi ini juga diwarnai yel-yel dukungan. Masing-masing peserta pun disambut tepuk tangan oleh para peserta pemilu dan tamu undangan lainnya.

Secara umum, masing-masing paslon berkeinginan menjadikan OSIS Smantig menjadi organisasi yang maju, asyik dan kompak. Mereka juga ingin menggelar kegiatan-kegiatan OSIS yang spektakuler sehingga bisa mengharumkan dan membanggakan sekolah yang beralamat di Nagari Koto Nan Gadang Kecamatan Payakumbuh Utara itu.

Setelah sesi orasi, dilanjutkan dengan pemberian pertanyaan oleh KPU kepada masing-masing paslon sekaitan dengan berbagai persoalan terkait dengan OSIS. Berikutnya dilanjutkan lagi dengan sesi debat antara paslon.

Semua sesi berjalan lancar dan masing-masing paslon dapat menjawab pertanyaan dan juga memberikan pertanyaan serta tanggapan pada sesi debat. Kendati keempat paslon dalam ajang kompetisi, namun semuanya tetap saling menghormati dan bersikap demokratis dalam menyikapi dinamika Pemilu OSIS.

Puncak dari pesta demokrasi ini adalah pemberian hak suara yang ditandai dengan pencoblosan tanda gambar paslon. Situasinya pun dibuat seperti layaknya Pileg, Pilpres atau pun Pilkada. Selain surat surat suara, KPU Smatig juga menyediakan bilik suara, kotak suara dan tinta pemilu. Karena jumlah pemilih cukup banyak yakni 1.316 orang, maka pelaksana Pemilu pun telah menyiapkan beberapa TPS (Tempat Pemungutan Suara). Para peserta memberikan hak suara mereka dengan tertib dan rapi.

Kepala SMAN 3 Payakumbuh Irma Takarina merasa bangga dan bersyukur, Pemilu OSIS sekolah yang dipimpinnya berlangsung dengan riang dan gembira serta demokratis. Dia memberikan apresiasi kepada para siswanya, karena ternyata ketika para siswa diberikan kepercayaan ternyata mereka bisa.

"Pemilu OSIS SMAN 3 Payakumbuh yang digelar besar dan meriah ini adalah kali pertama. Alhamdulillah ternyata siswa kita mampu melaksanakannya. Para calon pun tampil dengan begitu hebat. Awalnya memang kita ragu apakah mereka bisa. Namun ternyata ketika kita berikan kepercayaan, terbukti mereka bisa," kata Irma. (erz)