Syamil, Santri Ponpes An-Nahl Kab. 50 Kota Juara di KSM Nasional Kendari

oleh -1225 klik
Syamil Alfarry, santri Pondok Pesantren An-Nahl Kabupaten Limapuluh Kota menerima hadiah medali setelah berhasil menjadi Juara 3 pada ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional 2023 di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu (06/09/2023) malam. IST
Syamil Alfarry, santri Pondok Pesantren An-Nahl Kabupaten Limapuluh Kota menerima hadiah medali setelah berhasil menjadi Juara 3 pada ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional 2023 di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu (06/09/2023) malam. IST

JERNIHNEWS.COM- Syamil Alfarry, santri Pondok Pesantren An-Nahl Kabupaten Limapuluh Kota berhasil menjadi Juara 3 (medali perunggu) pada ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Nasional 2023 di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Dia mengharum nama Sumbar dan Kabupaten Limapuluh Kota khususnya di tingkat nasional pada cabang Bidang Studi Matematika.

Informasi tersebut diketahui, Rabu (06/09/2023) malam dari postingan Rahmi Lenggo Geni, salah seorang guru Bidang Studi Matematika di Ponpes SMP An-Nahl. "Alhamdulillah... Ananda Syamil santri ponpes An-Nahl, juara 3 pada KSM Nasional 2023 di Kendari (Sulawesi Tenggara), cabang Matematika mewakili Sumbar," sebut Rahmi menuliskan di dinding medsosnya. Rahmi juga mengucapkan selamat kepada Yulia Eka Sari, guru pembimbing Syamil.

Informasi tentang perihal yang sama juga ditulis oleh Pimpinan Yayasan An-Nahl, Dina Rahmi. "Selamat Syamil Alfarry telah mempersembahkan perunggu untuk Sumbar di ajang bergengsi KSM 2023 di Kendari. Terimakasih telah berjuang, tetaplah tunduk merunduk tawadhu semua team dari provinsi sampai team Lima Puluh Kota dan istimewa coach yang mendampingi Syamil di SMPIT An Nahl dan SDIT An Nahl terimakasih atas dedikasinya," tulis Dina Rahmi.

KSM Nasional 2023 di Kendari dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI Saiful Rahmat Dasuki di Balai Kota Kendari, Kota Kendari, Ahad (03/09/2023) malam. Pada ajang ini Provinsi Sumbar mengirim 11 pelajar yang mengikuti semua cabang yang diperlombakan.

11 peserta dari Sumbar itu didampingi 7 pendamping dari sekolah/madrasah dan 10 pendamping panitia daerah. Kontingen Sumbar mengikuti seluruh cabang lomba yang dipertandingkan pada KSM Nasional yakni matematika dan IPA untuk tingkat MI, matematika, fisika dan biologi untuk tingkat MTs dan matematika, fisika, biologi, kimia, ekonomi dan geografi untuk tingkat MA. Sedangkan untuk Myres ada tiga tim yang berhasil melaju ke final nasional tahun 2023 ini.

KSM berlangsung mulai 3-7 September 2023. Tempat lomba, expo dan talkshow akan diselenggarakan di GOR dan Perpustakaan Modern. Sebanyak 1.500 orang mengikuti event tersebut terdiri dari peserta penuh dan peserta penggembira.

Iven pembukaan KSM Nasional mengusung tema "Mandiri Berprestasi Membangun Kemuliaan Generasi". Hadir saat pembukaan Penasehat DWP Kemenag RI Eny Retno Yaqut, Staf Khusus dan Staf Ahli Menag, Dirjen Pendis, Direktur KSKK, Kakanwil Kemenag se-Indonesia serta para kontingen.

Dalam kesempatan tersebut, Wamenag Saiful menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Dirjen Pendis, yang kesekian kalinya menyelenggarakan KSM, Myres (Madrasah Young Researches Supercamp) secara berjenjang hingga tingkat nasional.

"Kita harapkan dari event nasional ini muncul talenta-talenta muda yang berprestasi nasional. Selanjutnya kita antarkan mereka berprestasi di tingkat internasional, membawa nama baik bangsa dan negara Indonesia," kata Wamenag Saiful. (pr/dbsb)