Ponpes Asy-Syaamil Sikabu-kabu Kab. 50 Kota Diresmikan

oleh -1265 klik
Peresmian Pondok Pesantren Asy-Syaamil, Yayasan Syaikh Abdurrahman Muhammad Jamil, di Nagari Sikabu-kabu Tanjung Haro Padangpanjang (Sitapa), Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota Kamis (31/08/2023) oleh Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo. IST
Peresmian Pondok Pesantren Asy-Syaamil, Yayasan Syaikh Abdurrahman Muhammad Jamil, di Nagari Sikabu-kabu Tanjung Haro Padangpanjang (Sitapa), Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota Kamis (31/08/2023) oleh Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo. IST

JERNIHNEWS.COM- Pondok Pesantren Asy-Syaamil, Yayasan Syaikh Abdurrahman Muhammad Jamil, di Nagari Sikabu-kabu Tanjung Haro Padangpanjang (Sitapa), Kecamatan Luak, Kabupaten Limapuluh Kota diresmikan Kamis (31/08/2023) oleh Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo.

Peresmian juga dihadiri Ketua DPRD Limapuluh Kota Deni Asra, S.Si, Kakan Kemenag H. Irwan, M.Ag, Camat Luak, Unsur Forkopimca, Wali Nagari, Pembina Pondok Pesantren Maskar Dt. Pobo dan tamu undangan lainnya.

Pengurus Yayasan, Muhammad Ridho, mengungkapkan Pondok Pesantren Asy-Syaamil baru saja medapatkan izin operasional berupa piagam statistik dari Kemenag RI. "Setelah mendapat izin, diawal ini kita di pondok pesantren akan berfokus pada bidang pendidikan terlebih dahulu. Kita berharap pondok pesantren ini nantinya menjadi wadah membangun dan mendidik anak negeri," katanya sebagaimana dilansir Kominfo Kabupaten Limapuluh Kota.

Pada Ponpes ini akan diajarkan ilmu tentang agama dan juga belajar tahfidz Alqur'an. "Dengan program pendidikan ini kita juga bisa mendukung program pemerintah daerah di mana salah satu visi-misi daerah kita adalah menciptakan satu nagari satu rumah tahfidz Al quran," sambungnya.

Ponpes Asy Syaamil berdiri di atas tanah seluas 1 hektare yang merupakan hibah dari Hj. Gadis yang merupakan orangtua dari Pembina Ponpes, Maskar Dt. Pobo.

Dalam sambutannya Bupati Safaruddin mengapresiasi dengan berdirinya Ponpes Asy-Syaamil di Nagari Sitapa. "Kami tidak menyangka, belum diresmikan saja gedung ponpes ini sudah megah. Ini menandakan bahwa pengurus dan pendiri yayasan memang fokus untuk mendirikan ponpes ini," ujar Safaruddin.

Ia menjelaskan, keberadaan ponpes ini selaras dengan visi-misi daerah Limapuluh Kota. Di mana dengan adanya ponpes ini dapat menciptakan Sumber Daya Manusia(SDM) yang berbudaya dan berdaya saing berlandaskan keimanan di Limapuluh Kota.

Bupati Safaruddin berharap keberadaan Ponpes Asy Syaamil bisa memberi manfaat dan keberkahan bagi masyarakat di sekitarnya. Selain itu Ia juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mendaftarkan anak-anaknya untuk belajar di Ponpes Asy-Syaamil.

"Mari kita bentengi generasi muda kita dengan ilmu agama. Salah satunya dengan mendaftarkan anak-anak kita ke ponpes," katanya. (pr)

Sumber:Kominfo Liko