Diinisiasi UNP, Wapres RI akan Buka Minangkabau Halal Festival 2023

oleh -882 klik
Gelaran Minangkabau Halal Festival (MHF) 2023 iven festival halal terbesar di Sumatera Barat yang diinisiasi UNP akan hadir di UNP, 08 - 10 September 2023. Festival ini dijadwalkan akan dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin, Jumat (08/09/2023) di Auditorium UNP. IST
Gelaran Minangkabau Halal Festival (MHF) 2023 iven festival halal terbesar di Sumatera Barat yang diinisiasi UNP akan hadir di UNP, 08 - 10 September 2023. Festival ini dijadwalkan akan dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin, Jumat (08/09/2023) di Auditorium UNP. IST

JERNIHNEWS.COM-Minangkabau Halal Festival (MHF) 2023 adalah iven festival halal terbesar di Sumatera Barat, yang akan hadir di UNP, 08 - 10 September 2023. Festival ini terdiri 30 lebih jenis kegiatan, 14 industri halal, 140 booth dan 25 lebih bintang tamu. MHF dijadwalkan akan dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin, Jumat (08/09/2023) di Auditorium UNP.

Wapres KH. Ma'ruf Amin akan didampingi Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah dan Rektor UNP Prof. Ganefri di Auditorium UNP. Ada banyak ulama, guru, tokoh, public figur yang dijadwalkan hadir, seperti Prof. Dr. Irwandi Jaswir (INHART Malaysia), Endang Kurnia Saputra (Bank Indonesia Sumbar), Ulama Nasional Syekh Muhammad Jaber, dan Edi Setijawan (OJK).

Berikutnya juga akan hadir Ahmad Zubaidi (PP MES), dan Tisna Sumantri (Adira Finance), juga Ustadz Rendy Saputra, dan Lutfi Husin (MES). Di samping itu juga ada acara sharing inspirasi hijrah bersama Dini Aminarti dan Dimas Seto dan Konser Amal bersama Opick.

Helatan besar ini diinisiasi UNP melalui Pusat Kajian Halal (PKH) UNP dengan menggandeng Event Organizer nasional yang sudah berpengalaman, yaitu Syakaa Organizer, Asar Humanity dan Starlight Production. Dalam pelaksanaannya juga melibatkan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Barat, Pemprov Sumbar dan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Sumbar.

UNP telah mengambil bagian dalam jaminan produk halal semenjak diterbitkannya UU Jaminan Produk Halal yang memberi peran pada perguruan tinggi untuk terlibat. UNP sudah memiliki Halal Center yang bernama Pusat Kajian Halal, lalu Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) yang telah terakreditasi oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama, dan Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) UNP yang teregistrasi di BPJPH.

"Dengan MHF ini kami ingin mengenalkan sekaligus mempromosikan keberadaan dan layanan LPH UNP, dimana kita memiliki sejumlah auditor halal dari kalangan dosen dengan keilmuan beragam dan telah bersertifikat kompetensi BNSP. LPH juga dilengkapi dengan laboratorium halal untuk pemeriksaan dengan alat yang canggih seperti realtime PCR" kata kepala LPH UNP Hendri Andimesta, SE, MM,Ak didampingi kepala Labor Halal Afifatul Achyar, M.Si.

Pada event ini dijadwalkan sosialisasi sekaligus pendampingan Sertifikasi Halal Gratis bagi para pelaku usaha yang ingin mengurusnya oleh unit LP3H UNP. "Kita sudah membantu proses sertifikasi halal untuk pelaku usaha mikro kecil di Sumatera Barat dan hingga kini tercapai 2.000 sertifikat halal, pada MHF nanti akan diserahkan sertifikat halal kepada pelaku usaha pendampingan kita," kata Kepala LP3H UNP Edi Saputra, M.Pd.

Mengingat pentingnya edukasi halal semenjak dini pada generasi muda maka juga diselenggarakan event Olimpiade Halal siswa SLTA Sumbar. "Terdapat 4 cabang lomba yaitu Olimpiade tulis halal, lomba kreasi video pendek, lomba karya tulis ilmiah halal, dan lomba cerdas cermat halal, dan nanti para siswa akan berkompetisi pada MHF di beberapa gedung/aula di UNP" kata Al Vikri ketua Unit Kegiatan Kerohanian (UKK) UNP yang menangani acara ini. Para siswa yang mendaftar telah diberi pembekalan pengetahuan berupa Halal Class selama satu bulan sebelumnya.

"Banyak pihak terlibat sebagai narasumber dalam edukasi melalui Halal Class ini seperti LPPOM MUI Sumbar, praktisi PT Paragon Technology and Innovation yang bergerak dalam kosmetik halal, dan tentu saja kalangan internal halal center UNP (PKH, LPH, LP3H)" kata Dr. Yaswinda, M.Pd selaku koordinator Edukasi Halal PKH UNP. MHF adalah event adalah event keluarga dimana segala jenis umur mendapatkan tempatnya, termasuk anak-anak melalui Festival anak sholeh. Kegiatan ini akan dilaksanakan di auditorium UNP dan digawangi oleh para mahasiswa pengurus BEM FIP UNP.

Peluang industri halal merupakan peluang yang sangat dilirik dunia saat ini. Untuk itu UPT Pengembangan Karier dan Kewirausahaan bersama direktur human capital PT Citilink dan Herbal Network Indonesia (HNI) memberikan seminar Industri Halal di MHF nanti. Terdapat 8 booth Kelompok Mahasiswa binaan UPT Pengembangan Karier dan Kewirausahaan untuk ekspo hasil karyanya menurut informasi Prof. Asmar Yulastri selaku Kepala UPT PKK UNP. "Semoga dengan MHF bisa bersama mewujudkan Sumbar pusat industri halal nasional dan Indonesia sebagai pusat industri halal dunia," harap Kepala PKH UNP Miftahul Khair, Ph.D. (pr)

Sumber: Humas UNP