STAI Darul Qur'an Payakumbuh akan Gelar Wisuda Angkatan VII

oleh -1022 klik
Ketua STAIDA Payakumbuh, Ahmad Deski, MA. IST
Ketua STAIDA Payakumbuh, Ahmad Deski, MA. IST

JERNIHNEWS.COM-Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Qur'an (STAIDA) Payakumbuh akan melaksanakan wisuda sarjana atas 45 orang lulusannya, Kamis (31/08/2023) di Grand Ballroom Hotel Mangkuto, Payakumbuh. Ini adalah wisuda angkatan ke-7 Kampus STAIDA Payakumbuh.

Wakil Ketua III STAIDA Payakumbuh, Muhammad Riqi, MA. ERZ
Wakil Ketua III STAIDA Payakumbuh, Muhammad Riqi, MA. ERZ

Ketua STAIDA Payakumbuh Ahmad Deski, MA melalui Wakil Ketua III, Muhammad Rizqi, MA mengatakan lulusan yang diwisuda berasal dari dua program studi, yakni Pendidikan Bahasa Arab (PAB) sebanyak 7 orang serta Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT) sebanyak 38 orang.

"Insyaallah yang akan diwisuda hari Kamis nanti sebanyak 45 orang. Mereka dari dua program studi yakni PAB dan IAT. Wisuda dilangsungkan dari pagi hingga siang," kata M. Rizqi saat ditemui jernihnews.com di kampus STAIDA Payakumbuh, Senin (28/08/2023).

Usia studi lulusan yang akan diwisuda rata-rata empat tahun atau delapan semester. Mereka terdiri 17 orang laki-laki (wisudawan) dan 28 orang perempuan (wisudawati). Sebanyak 29 orang lulusan berhasil meraih predikat kelulusan 'Dengan Peujian' alias cumlaude.

Istimewanya wisudawan/ti STAIDA Payakumbuh Angkatan VII ini, belasan orang dari mereka adalah hafizh quran 30 juz. Rata-rata setiap lulusan memiliki hafalan quran sebanyak 10 juz. "Alhamdulillah, wisudawan/ti kita banyak yang hafizh 30 juz, jumlahnya belasan orang," jelas Rizqi.

Para wisudawan/ti yang hafizh 30 juz tersebut mayoritas adalah pembina asrama dan guru pada Ponpes yang ada di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota serta di berbagai kota/kabupaten di wilayah Sumbar dan provinsi lainnya.

Di STAIDA Payakumbuh memang ada mata kuliah tahfiz sebanyak 12 SKS pada 6 semester. Dampak dari keberadaan mata kuliah tahfiz itu, setiap tamatan STAIDA Payakumbuh minimal memiliki hafalan sebanyak 6 juz.

Sejumlah pihak diundang di dalam wisuda ini, meliputi Ketua Kopertais, Pj. Walikota Payakumbuh, Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Ketua DPRD Kota Payakumbuh, Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Forkopimda Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, Ketua Yayasan STAIDA Payakumbuh, Camat se-Kota Payakumbuh dan lainnya. (erz)