Peserta Halal Bihalal IKK Jabodetabek Membeludak

oleh -1154 klik
Ikatan Keluarga Keluarga Besar Koto Nan Godang (IKK) Jabodetabek melaksanakan Halal Bihalal, Ahad (07/05/2023) di Gedung Yayasan Daarul Aitam, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Halal Bihalal kali ini, pesertanya membeludak, sehingga tidak tertampung lagi di ruangan yang ada. IST
Ikatan Keluarga Keluarga Besar Koto Nan Godang (IKK) Jabodetabek melaksanakan Halal Bihalal, Ahad (07/05/2023) di Gedung Yayasan Daarul Aitam, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Halal Bihalal kali ini, pesertanya membeludak, sehingga tidak tertampung lagi di ruangan yang ada. IST

JERNIHNEWS.COM- Ikatan Keluarga Keluarga Besar Koto Nan Godang (IKK) Jabodetabek kembali melaksanakan kegiatan Halal Bihalal, Ahad (07/05/2023), di Gedung Yayasan Daarul Aitam, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Halal Bihalal kali ini, pesertanya membeludak, sehingga tidak tertampung lagi di ruangan yang ada. Ini pertanda, IKK semakin solid dan keberadaannya semakin dirasakan.

Ketua IKK Jabodetabek Joni Hendri, S. Kom, MM bersama para pengurus, para tokoh dan tamu undangan dari Jabodetabek dan Kota Payakumbuh. IST
Ketua IKK Jabodetabek Joni Hendri, S. Kom, MM bersama para pengurus, para tokoh dan tamu undangan dari Jabodetabek dan Kota Payakumbuh. IST

Pada acara halal bihalal tersebut hadir undangan dari kampung halaman, Pj. Walikota Payakumbuh yang diwakili Kadisduk Capil, Drs. Wal Asri, MM, Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh Armen Faindal, SH, Ketua KAN Koto Nan Gadang Dt. Mangkuto Nan Putiah dan lainnya. Sedangkan tokoh-tokoh IKK Jabodetabek juga hadir, seperti Chairul Anwar (anggota DPR RI), Catur Virgo dan banyak lainnya. Berikutnya juga hadir Ketua Umum Bakor Paliko Jabodetabek, Periasman Effendi Dt. Patiah Nan Mudo.

Pengurus IKK Jabodetabek dan Panitia Halal Bihalal yang didominasi generasi muda.
Pengurus IKK Jabodetabek dan Panitia Halal Bihalal yang didominasi generasi muda.

Ketua IKK Jabodetabek, Joni Hendri, S.Kom, MM bersyukur halal bihalal tahun 2023 dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1444 H ini semakin banyak warga IKK yang hadir. Menurut Joni, hal ini karena semakin baiknya hubungan silturahmi dan kebersamaan warga IKK Jabodetabek. Joni pun sangat senang, keberadaan IKK tidak saja dirasakan di rantau tapi juga kampung halaman, Nagari Koto Nan Godang, Kota Payakumbuh.

Mewakili Pj. Walikota Payakumbuh, Drs. Wal Asri, MM mengucapkan selamat atas terselenggaranya halal bihalal IKK Jabodetabek tahun 2023. Berikutnya juga disampaikan permohonan maaf lahir dan bathin serta ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Pemko Payakumbuh juga mengapresiasi dedikasi IKK dan jajaran pengurusnya di rantau dan juga di kampung halaman. IKK memiliki perhatian terhadap persoalan sosial dan pendidikan.

Ketua IKK Jabodetabek, Joni Hendri bersama ibu-ibu pengurus dan panitia halal bihalal. IST
Ketua IKK Jabodetabek, Joni Hendri bersama ibu-ibu pengurus dan panitia halal bihalal. IST

"Kegiatan halal bihalal IKK Jabodetabek tahun 2023 ini sungguh luar biasa. Acara yang dimotori generasi muda itu sukses dan terbesar sejak IKK berdiri. Ini juga menandakan IKK dengan kepemimpinan Joni Hendri semakin maju," sebut Wal Asri.

Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh Armen Faindal juga salut dengan IKK Jabodetabek. Dia menyaksikan sendiri Halal Bihalal IKK tahun 2023 pesertanya benar-benar membeludak, sehingga Gedung Yayasan Daarul Aitam, Tanah Abang, Jakarta Pusat, tak mampu lagi menampung para peserta.

"Bukan rungannya yang kecil, tapi jumlah warga IKK yang hadir halal bihalal itu benar yang banyak. Ke depan harus disediakan ruangan yang lebih lebih besar, sehingga pesertanya tak meluber lagi ke luar ruangan," sebut Armen Faindal.

Armen Faindal mengatakan IKK dari waktu ke waktu terus menunjukkan kemajuan. Warganya semakin kompak dan keberadaan IKK semakin dirasakan oleh anggotanya. Halal Bihalal Tahun 2022 dalam suasana Idul Fitri 1443 H lalu, Armen Faindal juga hadir, karena itulah dia menyimpulkan peserta Halal Bihalal IKK Tahun 2023 ini semakin banyak.

Dia juga memuji tingginya perhatian IKK Jabodetabek di rantau dan di ranah. Perhatian itu direalisasikan berupa kegiatan sosial dan peduli pendidikan seperti pemberian beasiswa.

"Ketika ada khatam alquran di masjid-masjid di Kenagarian Koto Nan Gadang, IKK selalu rutin memberikan sumbangan dan hadiah. Bahkan juga beasiswa bagi para pelajar dari keluarga tidak mampu. Itu sungguh luar biasa. IKK juga sudah punya 8 petak sawah yang hasilnya untuk kegiatan sosial dan beasiswa pendidikan," kata Armen Faindal kepada jernihnews.com, sebagaimana juga disampaikannya saat memberikan kata sambutan di acara Halal Bihalal IKK.

Selain itu, legislatoir Dapil Payakumbuh Utara-Latina tersebut juga memberikan jembol kepada IKK Jabodetabek yang dianggapnya memiliki perhatian terhadap adat Minangkabau, meskipun berada di kampung halaman. Perhatian itu dilihatnya dari penampilan tarian pasambahan dan juga rundiang yang berisi petatah petitih pada acara pembukaan Halal Bihalal IKK.

Ketua Bakorpaliko Jabodetabek Periasman Effendi Dt. Patiah Nan Mudo juga memberi apresisasi halal bihalal IKK Jabodetabek. Praktisi hukum asal Nagari Batu Balang, Kecamatan Harau itu pun sempat berujar kepada Joni Hendri, bahwa acara yang dilaksanakan IKK Jabodetabek, lebih ramai dan solid dibanding dengan IK lainnya di ibukota.

2024 IKK Pulang Basamo

Ketua IKK Jabodetabek Joni Hendri mengapresiasi panitia halal bihalal IKK Jabodetabek yang dimotori Iwako Mudo yang dipimpin Aris. Panitia berhasil melaksanakan acara dengan baik dan sukses.

Joni juga mengatakan tahun 2023 ini, IKK Jabodetabek kembali menambah satu petak sawah lagi, sehingga kini menjadi aset IKK menjadi 8 petak sawah. Lokasi sawah yang baru tersebut terletak di Talawi, Kelurahan Ompang Tanah Sirah, Nagari Koto Nan Godang.

Joni yang merupakan entrepreuner berbagai bidang mengungkapkan, sejauh ini IKK Jabodetabek telah memiliki koperasi dan yayasan. IKK selalu hadir memberikan bantuan kepada warganya yang mengalami berbagai masalah sosial, pendidikan dan lainnya. Termasuk pada masa pandemi Covid-19.

Berikutnya di tahun 2024, IKK Jabodetabek merencanakan 'Pulang Basamo'. Agar sukses, gagasan Pulang Basamo tersebut juga telah dikomunikasikan dengan IKK lainnya. IKK berkemungkinan akan memberikan subsidi transportasi mudik bagi warga IKK yang membutuhkan.

"Mudah-mudahan rencana itu diberikan kemudahan oleh Allah SWT. Kita ingin agenda Pulang Basamo tahun depan itu menjadi ajang Silaturahmi Akbar bagi para perantau Koto Nan Godang di kampung halaman," kata Joni yang namanya juga santer disebut-sebut sebagai Calon Walikota Payakumbuh.

Selain mewakili Pj. Walikota Payakumbuh, Wal Asri yang juga tokoh Koto Nan Godang menyambut hangat program pulang basoma IKK Jabodetabek tahun 2024. Di acara pulang basamo akan dilaksanakan sunatan massal dan berbagai acara lainnya. Agenda pulang basamo itu juga akan berdampak positif bagi daerah, dan roda perekonomian masyarakat akan hidup. (erz)