Hendra Bergabung, PPP Limapuluh Kota Dapat Amunisi Mempuni

oleh -558 klik
Hendra, S.Pd, MM, mantan pejabat Pemkab Limapuluh Kota mengajukan pengunduran diri dari ASN atas permintaan sendiri dan bergabung dengan PPP untuk menyosong Pileg 2024. Hendra menyerahkan  berkas Bacaleg kepada Ketua DPC PPP Kabupaten Limapuluh Kota H. Emijas Jalinus, Ahad (30/04/2023). IST
Hendra, S.Pd, MM, mantan pejabat Pemkab Limapuluh Kota mengajukan pengunduran diri dari ASN atas permintaan sendiri dan bergabung dengan PPP untuk menyosong Pileg 2024. Hendra menyerahkan berkas Bacaleg kepada Ketua DPC PPP Kabupaten Limapuluh Kota H. Emijas Jalinus, Ahad (30/04/2023). IST

JERNIHNEWS.COM-Setelah berkarir di dunia birokrasi cukup lama, akhirnya Hendra, S.Pd, MM mengajukan pensiun dini dan bergabung dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) guna menyongsong tahun politik 2024. Hendra pun mendaftar ke DPC PPP Kabupaten Limapuluh Kota untuk menjadi Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD Kabupaten Limapuluh Kota Dapil 1 (Wilayah Kec. Harau dan Kec. Payakumbuh).

Surat Pemberhentian Atas Permintaan Sendiri dari ASN/PNS tertuang dalam Keputusan Bupati Limapuluh Kota No: 800/342/BKPSDM-LK-2024, tanggal 13 Maret 2023. Jabatan terakhirnya Kabid Linmas Satpol PP Limapuluh Kota. Kini dia pun siap mendulang dukungan suara masyarakat di Pemilu Legislatif 14 Februari 2024.

Alumni IKIP Padang atau UNP itu langsung mendatangi Kantor Cabang PPP Kabupaten 50 Kota di kawasan Tanjung Pati, dan diterima oleh pengurus secara lengkap Ketua DPC PPP H. Emijas Jalinus, Sekretaris Muslim dan Bendahara Romi serta staf sekretariat Gery.

Hendra menjelaskan bahwa setelah pensiun, dia ingin terus mengabdi untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat terutama di Dapil 1 Kabupaten Limapuluh Kota.

"Sebagai putra daerah, saya ingin Pemkab 50 Kota fokus membangun kawasan Ibu Kota Kabupaten (IKK) dan mengembangkan kawasan wisata yang nyaman dan aman dikunjungi publik," ujar Hendra pendiri dan Ketua BEM IKIP/UNP pertama tahun 1990.

"Kami ingin masyarakat Kecamatan Harau menjadi pelaku pembangunan dan mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," lanjut Hendra yang juga Ketua Pengurus Masjid Alhidayah Koto Kociak Batu Bolang.

Tepat pukul 14.20 WIB, Ahad 30 April 2023, Hendra, telah menyerahkan segala persyaratan administrasi sebagai Bacalag untuk DPRD Limapuluh Kota.

H. Emijas Jalinus sebagai Ketua PPP Kab. 50 Kota, dengan senyum cerah menerima berkas usulan Bacaleg Hendra. "Saya sangat terkejut ketika diinfokan Hendra bahwa SK Pensiun dininya, sudah terbit hari Jumat, 28 April 2023 dan dalam waktu singkat sebagian besar berkas sudah disampaikan ke kantor kami, ini menunjukan bahwa beliau benar-benar serius untuk berjuang secara politik di PPP Limapuluh Kota," ujar kata politisi yang juga berlatar pengusaha itu.

H. Emi berujar bahwa beberapa tahun lalu Hendra, mengutarakan keinginannya untuk membantu membesarkan PPP khusus nya di Kabupaten 50 Kota, dan beliau buktikan itu.

Bacaleg PPP, Hendra adalah seorang aktivis mahasiswa ketika kuliah di Jurusan PPKn FPIPS IKIP Padang Angkatan 1987, dan sangat aktif berorganisasi sejak di sekolah, Ketua Umum OSIS SMPN Tanjung Pati 1981/1982, ketika kuliah Ketua Umum HMJ PPKn 1988/1989, Ketua Umum Senat Mahasiswa FPIPS IKIP PADANG 1989/1990, dan puncaknya sebagai pendiri dan Ketua Umum pertama Senat Mahasiswa IKIP Padang (BEM UNP-sekarang) 1990/1991.

Hendra juga merupakan penerima bea siswa Ikatan Dinas dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI dan setelah tamat langsung menjadi tenaga fungsional Guru PPKn berstatus PNS.

Sebagai Guru PPKn di SMPN Aie Batumbuak di Kawasan Kebuh Teh Gunung Talang Kabupaten Solok selama 11 tahun, Kepala SMPN 8 tahun dan sebagai Guru PPKn, dengan masa dinas 19 tahun di Kabupaten Solok.

Pindah tugas ke Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2016 sebagai pejabat di Disdikbud 50 Kota, diamanahkan menjadi Kabag Humas dan Protokoler Setda Limapuluh Kota Kota 2018 sd 2022 dan terakhir Kabid Linmas Satpol PP 50 Kota 2022-2023.

Di nagari asalnya Batu Balang, Hendra adalah Ketua BPAN/Bamus 2001-2014 dan Ketua Umum PS BBS Fc Batu Balang 2016-2021.

Dengan kaya pengalaman di organisasi sosial kemasyarakatan termasuk menjadi Ketua Komite SMAN 1 Harau, pengalaman di Pemerintahan 26 tahun 2 bulan, Hendra Insha Allah mampu menguasai persoalan daerah dan akan terus mendorong Pemkab Limapuluh Kota untuk terus meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dan meningkatkan kesejahteraan anak nagari. Peran sebagai anggota legislatif akan dikembangkannya, apabila masyarakat Kecamatan Harau yang heterogen itu memberikan amanah kepadanya pada Pemilu Legislatif 14 Februari 2024. (r/jnc)