Madrid dan Juventus Keok

oleh -383 klik
Laga putaran pertama 16 besar Liga Champions antara  Lyon Vs Juventus dan Real Madrid Vs Manchester City, Kamis (27-02-2020) dinihari WiB. Madrid dan Juve mengalami kekalahan. NET
Laga putaran pertama 16 besar Liga Champions antara Lyon Vs Juventus dan Real Madrid Vs Manchester City, Kamis (27-02-2020) dinihari WiB. Madrid dan Juve mengalami kekalahan. NET

JERNIHNEWS.COM-Real Madrid dan Juventus mengalami kekalahan di putaran pertama 16 besar Liga Champions, Kamis (27-02/2020) dini hari WIB. Real Madrid kalah 1 : 2 saat menjamu Manchester City dan Santiago Bernabeu. Sedangkan Juventus keok 0 : 1 saat bertandang ke kandang Olympique Lyonnais, sebagaimana dikutip dari detik dan bola.

Bianconeritertinggal lewat gol Lucas Tousart pada menit ke-31. Selepas turun minum, skuat asuhan Maurizio Sarri itu menggempur pertahanan tim tuan rumah untuk mengejar ketertinggalan. Meski demikian, tidak ada gol balasan tercipta dan Lyon menutup laga dengan kemenangan 1-0.

StatistikOptamelaporkan, Juventus mendominasi penguasaan bola sebesar 64 persen berbanding 36 persen milik Lyon sepanjang 90 menit laga. Cristiano Ronaldo dkk juga unggul upaya menembak bola sebanyak 14 kali ketimbang 12 tembakan dari tim tuan rumah.

Baca Juga

Juventus menekan sejak pluit pertama dibunyikan. Umpan Cristiano Ronaldo dari sisi kiri ke tiang jauh Lyon yang sudah kosong gagal diselesaikan oleh Paulo Dybala menjadi gol. Sepanjang 15 menit awal, tim tamu terus berupaya menjebol lini belakang Lyon. Namun, rapatnya barisan pertahanan tuan rumah belum bisa ditembus Juventus.

Lyon balik mengancam melalui Toko Ekambi. Menyambut tendangan sudut di menit ke-20, bola sundulannya membentur mistar gawang Juventus. Gol! Lyon membuka keunggulan pada menit ke-31. Lucas Tousart mencatatkan namanya di papan skor usai tendangannya yang menyambut crossing Hooussem Aouar merobek jala Juventus. Kedudukan 1-0 untuk tim tuan rumah.

Lyon terus menyerang selepas gol pertama tercipta. Ekambi nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-40, namun bola tembakan jarak dekatnya masih belum menemui sasaran. Tidak ada tambahan gol tercipta hingga memasuki masa turun minum. Kedudukan 1-0 untuk keunggulan Lyon menutup jalannya babak pertama.

Di babak kedua, Juventus memasukkan Aaron Ramsey dan Gonzalo Higuain untuk menambah daya gedor. Si Nyonya Tua terus menekan pertahanan Lyon. Dybala nyaris menyamakan kedudukan di menit ke-68. Menyambut umpan crossing dari sisi kiri, ia menyepak bola yang masih membentur tiang gawang tim tuan rumah.

Higuain membuat peluang lewat tandukannya di menit ke-82. Namun, bola sundulannya masih belum menemui sasaran. Juventus berharap mendapat hadiah penalti pada menit ke-83, usai Ronaldo terjatuh kala berduel di udara dengan Jason Denayer. Meski demikian, wasit tidak melihat hal tersebut sebagai pelanggaran.

Dybala mencetak gol dari jarak dekat di menit ke-86 setelah menerima bola dari Ramsey. Wasit tidak menghitung gol tersebut lantaran striker asal Argentina itu lebih dulu offside. Juventus terus melancarkan serangan ke barisan belakang Lyon hingga menit-menit akhir laga. Walau begitu, tetap tidak ada gol yang tercipta. Laga tuntas dengan kemenanganLes Gones1-0.

Madrid Vs City

Manchester City membuat kejutan di Santiago Bernabeu Stadium Mereka kalahkan Real Madrid dengan skor 2-1 pada leg pertama 16 besar Liga Champions. Di laga ini, Real Madrid sempat unggul melalui Isco. Namun, Manchester City membalas dengan dua gol yang dicetak Gabriel Jesus dan Kevin De Bruyne.

Tampil di kandang sendiri, Real Madrid direpotkan dengan peluang-peluang tim asuhan Pep Guardiola selama babak pertama berlangsung. Bahkan, Manchester City punya peluang lebih dahulu di menit ke-21 melalui sepakan kaki kanan Gabriel Jesus. Namun, sepakannya masih belum membuahkan hasil.

Tujuh menit setelahnya, Kevin De Bruyne yang mengancam Real Madrid. Sepakan kaki kanannya dari luar kotak penalti hanya melayang tipis di atas gawang Thibaut Courtois. Los Blancos, sebutan Real Madrid, baru menciptakan peluang di menit ke-30. Umpan lambung Ferland Mendy langsung ditanduk Karim Benzema. Namun, kiper Manchester City, Ederson dengan cermat menepis bola.

Menit ke-37, Manchester City kembali mengancam melalui sepakan kaki kiri Bernardo Silva. Untungnya, Courtois masih cermat mengagalkan peluang tim tamu. Hingga babak pertama berakhir,dan Manchester City belum mampu mencetak gol.

Empat menit babak kedua berjalan, Manchester City mengancam melalui serangan balik. Untungnya, sepakan Riyad Mahrez melenceng di sebelah kanan gawang Courtois.

Santiago Bernabeu akhirnya bergemuruh di menit ke-60. Berdiri tanpa kawalan setelah mendapat umpan dari Vinicius, Isco dengan tenang mengirim bola ke gawang Manchester City.

Empat menit setelahnya, City coba membalas gol. Sayangnya, sepakan kaki kiri Kevin De Bruyne dari luar kotak penalti tidak membuahkan hasil.

Manchester City berhasil mencetak gol balasan di menit ke-78. Tandukan Gabriel Jesus usai mendapat umpan Kevin De Bruyne gagal digentikan Courtois.

Empat menit setelahnya, Manchester City mendapat penalti setelah Carvajal menjatuhkan Raheem Sterling di kotak terlarang. Kevin De Bruyne yang mengeksesui penalti berhasil membuat Manchester City unggul 2-1.

Kesialan menghampiri Real Madrid. Mereka harus bermain dengan 10 orang setelah Sergio Ramos mendapat kartu merah usai menarik Gabriel Jesus di depan kotak penalti Los Blancos. Untungnya, hingga laga berakhir, Manchester City tak mampu memanfaatkan keunggulan pemain. Real Madrid pun kalah 1-2. (erz)