UNP Launching Program Diploma 1 Pembibitan dan Pembesaran Sapi

oleh -619 klik
UNP melaunching Prodi D1 Pembibitan dan Pembibitan Sapi kerja sama antara ICMI dan BPTU HPT Padang Mengatas (14/04/2023) di Aula BPTU-HPT Padang Mengatas, Kabupaten Limapuluh Kota. IST
UNP melaunching Prodi D1 Pembibitan dan Pembibitan Sapi kerja sama antara ICMI dan BPTU HPT Padang Mengatas (14/04/2023) di Aula BPTU-HPT Padang Mengatas, Kabupaten Limapuluh Kota. IST

JERNIHNEWS.COM-- Universitas Negeri Padang (UNP) melaunching Program Diploma 1 Pembibitan dan Pembesaran Sapi, Jumat (14/04/2023) di Aula Balai Pembibitan Ternak Unggul Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Padang Mengatas, Kabupaten Limapuluh Kota. Program Diploma 1 ini merupakan hasil kerjasama antara UNP dengan Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia dan (BPTU-HPT) Padang Mengatas.

Pemencetan bel saat launching. IST
Pemencetan bel saat launching. IST

Kegiatan launching ini ditandai dengan penekanan tombol peresmian, disaksikan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Dr. Ir. Audy Joinaldy, S.Pt, M.Sc, MM, IPM, ASEAN.Eng, Bupati Kabupaten 50 Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, SH dan Bupati Kabupaten Sijunjung Beny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si.

Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D dalam sambutannya menyampaikan bahwa program ini dipersiapkan untuk lulusan SLTA yang tidak memiliki kesempatan untuk menyambung pendidikan ke perguruan tinggi. Ini adalah salah satu program yang baru diluncurkan .Ke depan UNP akan terus menambah program-program yang dapat dimanfaatkan para lulusan SLTA.

"Kita berterimakasih kepada Prof. Arif Satria selaku Ketua ICMI dan Rektor IPB University karena selalu memberikan dukungan kepada program studi Agroindustri dan Agrobisnis, dan pada program Diploma 1 ini. Selanjutnya, kehadiran Wakil Gubernur, Bupati Lima Puluh Kota dan Bupati Sijunjung merupakan bentuk dukungan yang sangat berarti kepada Program D1 baru ini,"sebut Rektor UNP Prof. Ganefri.

Program D1 Pembibitan dan Pembesaran akan memberikan peningkatan kompetensi teknis kepada para mahasiswa karena kurikulumnya telah tersusun dengan terstruktur. Mahasiswa kuliah selama satu semester di Kabupaten Sijunjung dan satu semester praktek di BPTU-HPT Padang Mengatas.

"Mahasiswa yang kuliah pada program ini, selain ijazah nanti juga akan memiliki sertifikasi kompetensi keahlian," kata Prof. Ganefri.

Wakil Gubernur Audy Joinaldy dalam mengatakan UNP adalah universitas yang sangat progresif. "Saya memprediksi bahwa Program D1 ini akan menghasilkan banyak peternak-peternak sapi yang unggul di Sumatera Barat. Dan ini sesuai dengan potensi sapi potong di Sumatera Barat. Secara kultur orang Sumatera Barat adalah pemakan sapi, mulai dari rendang, sate padang, usus, hati dan lain-lain. Oleh karena itu Provinsi Sumbarselalu siap untuk mendukung program yang diusung UNP," ujar Dr. Audy Joinaldy.

Sementara itu Ketua Umum ICMI Prof Arif Satria menyampaikan bahwa program ini merupakan solusi bagi 60 persen lulusan SLTA di Indonesia, yaitu anak-anak yang secara ekonomi lemah dan dari sisi akademik juga kurang. Mereka membutuhkan pendidikan yang langsung menyentuh kompetensi teknis, dan pendidikannya tidak lama.

"Persoalan ini sudah pernah kami bahas di ICMI, dan ternyata Prof. Ganefri bersama UNP adalah yang pertama menangkap peluang. Semoga program ini dapat berjalan dengan sukses, ICMI dan IPB University siap untuk mendukung," kata Prof. Arif Satria.

Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, SH dalam sambutannya memberikan apresiasi atas ide cemerlang Rektor UNP yang mengembangkan Program D1 Pembibitan dan Pembesaran Sapi bekerjasama dengan BPTU-HPT Padang Mengatas, karena banyak sekali anak-anak lulusan SLTA yang terkendala untuk menyambung kuliah. Kendala tersebut bisa karena alasan ekonomi, alasan akademis dan kendala-kendala lainnya. Dengan kehadiran program ini maka akan berkontribusi terhadap pengentasan pengangguran muda.

"Program yang diusung UNP ini sesuai dengan Misi Kabupaten Lima Puluh Kota yang berkaitan dengan peningkatan pendidikan dan ekonomi masyarakat. Untuk itu kami siap untuk mendukung Program D1 ini, kalau perlu Kabupaten Lima Puluh Kota harus menjadi tuan rumah dan mengirimkan paling banyak mahasiswa," kata Bupati Safarudin Dt. Bandaro Rajo.

Selanjutnya Bupati Kabupaten Sijunjung Beny Dwifa Yuswir dalam sambutannya berharap agar Program D1 Pembibitan dan Pemesaran Sapi yang dikembangkan UNP dapat menjadi solusi bagi anak-anak muda Kabupaten Sijunjung.

"Kabupaten Sijunjung selalu siap mendukung program yang diusung UNP. Saat ini UNP sudah hadir dan menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Sijunjung. Oleh karena itu, jika UNP membutuhkan lokasi untuk pembangunan kampus kita menyediakan lahan berapa saja sesuai yang dibutuhkan", pungkas Benny Dwifa Yuswir.

Dalam sambutannya, Kepala BPTU-HPT Padang Mengatas Dani Kusworo, S.Pt., M.Si menyampaikan bahwa pembangunan pangan merupakan bagian dari pembangunan ketahanan Indonesia. Untuk itu diperlukan sumber daya manusia peternak yang unggul agar dapat meningkatkan kesejahteraan petani, serta peningkatan konsumsi protein dari masyarakat. (ss/pr)

Sumber: Humas UNP