UIN Bukittinggi Tambah 4 Prodi Strategis

oleh -1330 klik
Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M Djamil Bukittinggi. IST
Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M Djamil Bukittinggi. IST

JERNIHNEWS.COM-Universitas Islam Negeri (UIN) Sjech M Djamil Bukittinggi terus memantapkan diri sebagai Universitas Islam yang menjawab kebutuhan zaman.Hal ini ditandai dengan pembukaan empat program studi (Prodi) Strata Satu (S1) umum baru, yakni Program Studi Bisnis Digital, Statistika, Matematika dan Informatika.

Rektor UIN Bukittinggi, Prof. Ridha Ahida,Hum, melalui Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Dr. Asyari, M.Si, mengemukakan izin pembukaan empat Prodi baru itu sesuai dengan Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sebagai berikut:

  1. Salinan Keputusan Nomor 897/E/O/2022 tentang izin pembukaan Prodi S1 Bisnis Digital.
  2. Salinan Keputusan Nomor 884/E/O/2022 tentang izin pembukaan Prodi S1 Statistika.
  3. Salinan Keputusan Nomor 929/E/O/2022 tentang izin pembukaan Prodi S1 Matematika
  4. Salinan Keputusan Nomor 929/E/O/2022 tentang izin pembukaanProdi S1 Informatika.

"Pasca transformasi alih status dari institut menjadi universitas, banyak mengalami perubahan signifikan. Tidak hanya peningkatan mutu dan kualitas pendidikan lewat akreditasi, tapi juga melalui penambahan prodi-prodi baru," jelas Dr. Asyari, M.Si.

Penerimaan pendaftaran mahasiswa baru untuk keempat prodi baru itu dimulai pada tahun akademik 2023/2024. Dengan adanya penambahan prodi baru ini, UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi menargetkan membuka fakultas baru yaitu Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek).

"Ini merupakan satu langkah maju, ke depan UIN Bukittinggi diharapkan bisa melakukan langkah perubahan lainnya dengan mencetak alumni-alumni saintis yang memiliki pondasi agama dan ilmu sains yang mumpuni," jelas Asyari. (irw)