Camat: Pemilihan BPRN Nagari Tanjuang Alam Sudah Sesuai Aturan

oleh -1801 klik
Kantor Wali Nagari Tanjuang Alam, Kecamatan Tanjung Baru, Kabupaten Tanah Datar. IST
Kantor Wali Nagari Tanjuang Alam, Kecamatan Tanjung Baru, Kabupaten Tanah Datar. IST

JERNIHNEWS.COM- Camat Tanjung Baru Kabupaten Tanah Datar, Riki Afrizaldi, mengatakan proses pemilihan pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Rakyat Nagari (BPRN) Nagari Tanjuang Alam Kecamatan Tanjung Baru Tanah Datar oleh Lembaga Musyawarah Perwakilan (LMP) sudah sesuai dengan Perbup No. 6 Tahun 2015. Riki juga mengatakan tidak melakukan intervensi dalam pemilihan tersebut.

Camat Riki meminta Wali Nagari membuat SK LMP, karena tidak ada persoalan dan sudah sesuai dengan peraturan dan perundang --undangan yang berlaku. Mengenai utusan yang dipersoalkan nagari terkait niniak mamak, itu adalah kewenangan KAN. Berikutnya KAN adalah yang memiliki kewenangan sepenuhnya menugaskan niniak mamak.

"Penunjukkan datuak atau pemangku adat itu adalah kewenangan KAN. Karena KAN merupakan representasi dari niniak mamak dan KAN adalah lembaga adat yang diakui secara perundang-undangan," kata Camat Riki kepada jernihnews.com, Senin (02/01/2023).

Jadi KAN dalam hal ini tidak harus melakukan musyawarah niniak mamak terlebih dahulu. KAN bisa langsung mengutus niniak mamak. Hal ini juga berlaku atau dilaksanakan di berbagai nagari lainnya.

"Intinya kembali saya sampaikan bahwa camat tidak ada mengintervensi, dan proses yang dilaksanakan oleh KAN telah sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Jadi tidak ada pasal-pasal Perbup No. 6 Tahun 2015 yang dilanggar," kata Riki.

Sebelumnya diduga hasil pemilihan BPRN yang diumumkan, Sabtu (31/12/2022), karena adanya dugaa intervensi dari Camat Tanjung Baru dan bertentangan dengan Perbup Tanah Datar Nomor 6 tahun 2015. Penguman LMP tersebut banyak menimbulkan tanda tanya di masyarakat, terutama para peserta pemilihan untuk periode 2023-2029. Anggota BPRN yang kembali mencalonkan diri, merasa tidak puas dengan pelaksanaan pemilihan oleh LMP. Pasalnya banyak kejanggalan yang terjadi sebelum pemilihan dan selama proses pemilihan. (erz)