Diikuti 535 Kafilah, MTQ Limapuluh Kota Resmi Dibuka Gubernur

oleh -152 klik
Pembukaan MTQ ditandai dengan penabuhan bedug secara serentak oleh Gubernur Mahyeldi, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, Ketua DPRD Deni Asra serta Forkopimda Limapuluh Kota di panggung utama, Kamis (24/11/2022). MTQ berlangsung selama lima hari, Kamis sampai dengan Ahad (24-27/11/2022). IST
Pembukaan MTQ ditandai dengan penabuhan bedug secara serentak oleh Gubernur Mahyeldi, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, Ketua DPRD Deni Asra serta Forkopimda Limapuluh Kota di panggung utama, Kamis (24/11/2022). MTQ berlangsung selama lima hari, Kamis sampai dengan Ahad (24-27/11/2022). IST

JERNIHNEWS.COM- MTQ Ke-39 Tingkat Kabupaten Limapuluh Kota resmi dibuka oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Kamis (24/11/2022) di Lapangan Bola Kaki Kayu Nan Tigo Nagari Mungka, Kecamatan Mungka. MTQ ini diikuti 535 orang peserta dari 13 kecamatan se-Kabupaten Limapuluh Kota. Sebanyak 9 cabang lomba yang diperlombakan.

Kafilah Kecamatan Mungka dengan latar mimbar utama MTQ ke-39 Tingkat Kabupaten Limapuluh Kota. IST
Kafilah Kecamatan Mungka dengan latar mimbar utama MTQ ke-39 Tingkat Kabupaten Limapuluh Kota. IST

Pembukaan MTQ ditandai dengan penabuhan bedug secara serentak oleh Gubernur Mahyeldi, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, Ketua DPRD Deni Asra serta Forkopimda Limapuluh Kota di panggung utama. Kegiatan itu akan berlangsung selama lima hari, Kamis sampai Ahad (24-27/11/2022).

"Momentum pelaksanaan MTQ ke-39 di Limapuluh Kota dapat dimanfaatkan pemerintah guna memantapkan generasi berkualitas yang memegang teguh keislaman, terutama di zaman serba berkemajuan ini," sebut Gubernur Mahyeldi.

Mahyeldi menyebut pihaknya mengapresiasi Pemkab Limapuluh Kota atas atensi dan upaya dalam mensukseskan perhelatan pagelaran MTQ ke-39. Menurutnya, MTQ adalah jawaban mengisi dan mengendalikan perilaku generasi muda dalam menangkal budaya asing dan merupakan bagian yang akan membentengi generasi muda dalam upaya meluruskan perilaku menyimpang yang banyak terjadi di masyarakat.

"Kami mengajak seluruh elemen masyarakat dan pemerintah untuk mensukseskan pagelaran MTQ yang diselenggarakan di Kecamatan Mungka, sebagai upaya menciptakan generasi Qurani serta dapat mempersiapkan Kafilah Kabupaten Limapuluh Kota untuk menghadapi MTQ Tingkat Sumbar yang akan dilaksanakan di Solok Selatan pada 2023 nanti," katanya.

Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo menyampaikan selamat datang kepada 13 kontingen yang berasal dari seluruh kecamatan di Limapuluh Kota. Selanjutnya Bupati Safaruddin menjelaskan, pelaksanaan MTQ Kabupaten Limapuluh Kota ke-39 dapat jadi media dakwah dan syiar agama yang efektif di tengah masyarakat, serta jadi barometer untuk mengukur keberhasilan pembelajaran Al-Qur'an yang selama ini telah berlangsung di masyarakat seperti TQ, MDTQ, dan rumah-rumah tahfidz.

"Pelaksanaan MTQ tahun ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur'an serta meningkatkan pemahaman keagamaan yang merupakan pondasi dalam membangun karakter masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota, terutama generasi muda," katanya.

Pada kesempatan itu Safaruddin mengajak seluruh elemen menjadikan momen MTQ sebagai upaya membumikan Al-Qur'an di Kabupaten Limapuluh Kota dan sebagai upaya untuk melahirkan SDM yang Qurani, yaitu generasi yang membaca, mempelajari, menghayati, dan mengimplementasikan ajaran Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari. Ia berharap pelaksanaan MTQ menjadi ajang persiapan Limapuluh Kota untuk tampil pada MTQ tingkat Provinsi Sumbar tahun 2023 di Kabupaten Solok Selatan.

"Semoga ada sosok Akmal Muharto lainnya, yang berhasil meraih medali emas kategori Khattil Qur'an pada MTQ Nasional XXXIX di Banjarmasin beberapa waktu lalu, yang telah membawa nama harum Limapuluh Kota dan Sumbar," sebut Safaruddin.

Ketua Panitia Pembukaan MTQ, Epi Adri sekaligus Wali Nagari Mungka meminta seluruh elemen menyukseskan pelaksanaan MTQ yang dihelat di daerahnya itu.

"Seluruh kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota mengirimkan kafilah mereka untuk ikut pada MTQ kali ini dengan total kafilah berjumlah sebanyak 535 orang yang akan berlaga dalam sembilan cabang yang diperlombakan," katanya.

Sebagai tempat pelaksanaan, pihaknya menggunakan masjid, sekolah dan panggung utama.

"Sebagai tempat menginap kafillah kami juga bekerja sama dengan masyarakat sekitar. Terdapat 60 rumah yang disiapkan sebagai tempat menginap kafillah, tim official, dan dewan hakim," katanya.

Pada acara pembukaan itu juga ditampilkan atraksi tari massal dan pencak silat yang mampu mengundang decak kagum dan aplus dari Gubernur Mahyeldi, Bupati Safaruddin, Forkompimda serta sejumlah pejabat Pemprov Sumbar, Kanwil Kementerian Keagamaan Sumbar, Pemkab Limapuluh Kota dan tamu undangan serta masyarakat yang memadati Lapangan Bola Kaki Kayu Nan Tigo Nagari Mungka. (syn)