Menteri Nadiem Buka POMNAS XVII di UNP

oleh -165 klik
Mendikbudristekdikti Nadiem Makarim didampingi Gubernur Sumbar Mahyeldi dan Rektor UNP Ganefri serta beberapa rektor lainnya, menabuh gendang tangsa menandai resminya dibuka POMNAS XVII tahun 2022 di Sumbar.  POMNAS XVII diikuti 3.079 atlet, 5.869 ofisial-pelatih dan 455 wasit dari 408 perguruan tinggi dari 34 provinsi, Kamis (17/11/2022). IST
Mendikbudristekdikti Nadiem Makarim didampingi Gubernur Sumbar Mahyeldi dan Rektor UNP Ganefri serta beberapa rektor lainnya, menabuh gendang tangsa menandai resminya dibuka POMNAS XVII tahun 2022 di Sumbar. POMNAS XVII diikuti 3.079 atlet, 5.869 ofisial-pelatih dan 455 wasit dari 408 perguruan tinggi dari 34 provinsi, Kamis (17/11/2022). IST

JERNIHNEWS.COM- Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVII Tahun 2022 di Sumbar dibuka resmi oleh Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Kamis (17/11/2022). Nadiem mengapresiasi POMNAS XVII yang diikuti 3.079 atlet, 5.869 ofisial-pelatih dan 455 wasit dari 408 perguruan tinggi dari 34 provinsi.

Manteri Nadiem Makarim, Gubernur Mahyeldi, Rektor UNP Ganefri dan rektor lainnya di saat pembukaan POMNAS XVII Tahun 2022 di Auditorium UNP. IST
Manteri Nadiem Makarim, Gubernur Mahyeldi, Rektor UNP Ganefri dan rektor lainnya di saat pembukaan POMNAS XVII Tahun 2022 di Auditorium UNP. IST

Menteri Nadiem berpesan kepada mahasiswa yang akan bertanding memperebutkan 588 medali agar memiliki rasa keberanian dan menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas.

"Prestasi yang sesungguhnya bukan dinilai dari medali yang adik-adik dapatkan, melainkan adalah melawan rasa takut adik-adik dengan keberanian untuk tampil dipanggung nasional. Serta menerima kekalahan tapi tetap maju untuk berkompetisi itulah yang dinamakan keberanian," pesan Nadiem Makarim yang dihadiahi dengan gemuruh tepuk tangan para atlet.

Pekan olahraga yang digelar di tiga kampus di Kota Padang, pada 17-26 November 2022 tersebut mempertandingkan 14 cabang olahraga yang diikuti mahasiswa se-tanah air.

Pembukaan POMNAS tersebut ditandai dengan pemukulan Gendang oleh Nadiem, bersama dengan Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi, dan Rektor UNP, Unand dan UIN.

Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi, mengapresiasi semangat lebih dari ribuan peserta dari seluruh Indonesia yang mengikuti ajang POMNAS ini, ia juga turut memuji penampilan dari seluruh kontingen.

Gubernur berharap dengan ditunjuknya Sumbar sebagai tuan rumah POMNAS, dapat menghadirkan atlet yang berkualitas.

"Semoga dengan adanya POMNAS ini akan menggairahkan semangat berolahraga mahasiswa dan dapat berkontribusi untuk kemajuan di indonesia," ucap gubernur.

Gubernur juga mengaku turut berbahagia dengan adanya kegiatan POMNAS ini karena akan melahirkan atlet yang luar biasa dan berkualitas nantinya, dan diharapkan mahasiswa lain di Sumbar turut berprestasi di bidang olahraga.

Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Ganefri, mengatakan, POMNAS merupakan ajang tingkat provinsi diadakan 2 tahun sekali. Acara POMNAS kali ini berlangsung selama 10 hari yang menghadirkan 14 cabang olahraga.

14 cabang olahraga tersebut antara lain Atletik, Renang, Bulutungkis, Tenis, Taekwondo, Pencak Silat, Karate, Tarung Derajat, Bola Basket, Bola Voli, Futsal, Sepaktakraw, Petanque dan Panjat Tebing.

Ia juga melaporkan tercatat total keseluruhan personel yang mengikuti POMNAS XVII sebanyak 8.948 orang. Terdiri dari 3.079 atlet, 5.869 ofisial dan pelatih. Serta 455 wasit dari 408 Perguruan Tinggi dari 34 Provinsi.

Ganefri berharap acara POMNAS XVII yang bertema "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, Berprestasi Lebih Hebat" ini diharapkannya dapat memupuk kesadaran bangsa dan Pancasila, meningkatkan minat dan olahraga mahasiswa meningkatkan kebugaran jasmani, membantu pemerintah dan menanamkan pendidikan karakter mahasiswa melalui olahraga.

"Kita berharap bisa berkontribusi positif, program ini semoga dapat menyukseskan program Merdeka Belajar, yang digagas Mendikbudristek Nadiem Makarim," katanya menandaskan. (via/mmc/erz).

Sumber: Diskominfotik SB