SMK PP Negeri Padang Mengatas Gelar Pelatihan Jurnalistik

oleh -301 klik
Siswa dan Guru SMK PP Negeri Padang Mengatas, Kabupaten Lima Puluh Kota mengikuti pelatihan jurnalistik sejak Oktober 2022 lalu yang  akan menerbitkan Majalah Sekolah. Mereka foto bersama di ruang labor TIK, Sabtu (12/11/2022). (RISMAN).
Siswa dan Guru SMK PP Negeri Padang Mengatas, Kabupaten Lima Puluh Kota mengikuti pelatihan jurnalistik sejak Oktober 2022 lalu yang akan menerbitkan Majalah Sekolah. Mereka foto bersama di ruang labor TIK, Sabtu (12/11/2022). (RISMAN).

JERNIHNEWS.COM-Siswa dan guru SMK PP Negeri Padang Mengatas, Kabupaten Lima Puluh Kota mengikuti Pelatihan Jurnalistik untuk menerbitkan majalah sekolah. Kegiatan yang diadakan setiap hari Sabtu, sejak Oktober 2022 lalu itu bertempat di ruang labor TIK.

Kepala SMK PP Negeri Padang Mengatas Drs. Syarbaini, M.Pt. (RISMAN)
Kepala SMK PP Negeri Padang Mengatas Drs. Syarbaini, M.Pt. (RISMAN)

"Alhamdulillah, siswa dan guru bersemangat ikuti latihan jurnalistik. Pada akhir kegiatan ini nanti kita akan menerbitkan sebuah majalah sekolah," ujar Kepala SMK PP Negeri Padang Mengatas Syarbaini optimis.

Pada akhir tahun pelajaran 2022/2023 ini akan terbit majalah sekolah yang dilatih oleh seorang profesional di bidang tulis-menulis dan jurnalis senior, mantan wartawan Haluan Padang Drs. Risman, M. Pd. Kini beliau aktif di media massa online jernihnews.com.

Dijelaskan Syarbaini, niat untuk menerbitkan majalah sekolah itu sudah lama. Karena kesibukan berbagai kegiatan, baik guru dan pimpinan sekolah, termasuk narasumber jurnalistik sehingga pelatihan jurnalistik baru telaksana sejak Oktober lalu.

"Salah satu indikator kemajuan suatu sekolah adalah adanya kegiatan literasi yang rutin melalui ekstrakurikuler. Pelatihan jurnalistik bagi siswa guru ini akan melahirkan sebuah produk berupa media cetak dan online sekolah yaitu majalah sekolah. Berbagai jenis tulisan siswa dan guru akan dipublikasikan pada majalah sekolah ini," jelas Risman bahwa jenis tulisan yang dilatihkan terhadap siswa adalah menulis berita, reportase, liputan khusus, artikel/opini, biografi singkat/kisah sukses tokoh, editorial, sapa redaksi, dan tulisan sastra.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMK PP Negeri Padang Mengatas Midrahedi mengakui, bahwa pelatihan jurnalistik bagi siswa dan guru sangat dibutuhkan pada saat ini. Dengan memiliki keterampilan jurnalistik guru dan siswa mampu menulis berbagai jenis tulisan atau karya.

Ditambahkan Midrahedi, pelatihan jurnalistik ini diikuti sebanyak 30 orang siswa dan didampingi beberapa orang guru di antaranya Rika, Irtati, Ivon, Vikhy, dan Riyan. Tiap selesai pertemuan biasanya narasumber memberikan tugas menulis berita. Siswa dibimbing oleh guru pendamping ini untuk mencari data. Selanjutnya, mereka diskusi untuk menulis berita.

"Biasanya berita yang ditulis siswa akan dibahas oleh narasumber, baik dari segi isi maupun tata tulis yang baik dan benar sesuai EYD Versi Kelima," ucap Midrahedi bahagia melihat narasumber Bapak Drs. Risman, M. Pd. begitu piawai melatih siswa menulis. Siswa dan guru sangat termotivasi berlatih menulis. (rm)