Peringatan HBN ke-74 Akan Dihelat Semarak dan Hikmad di 50 Kota

oleh -187 klik
Monumen Nasional PDRI di Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh, Kabupaten Limapuluh Kota. IST
Monumen Nasional PDRI di Koto Tinggi, Kecamatan Gunung Omeh, Kabupaten Limapuluh Kota. IST

JERNIHNEWS.COM- Peringatan Hari Bela Negara (HBN) ke-74 pada 19 Desember 2022, akan dilaksanakan secara semarak dan hikmad oleh Pemkab Limapuluh Kota. Sejumlah kegiatan akan dilaksanakan guna mengenang nilai-nilai perjuangan PDRI yang disebut juga sebagai mata rantai kemerdekaan NKRI.

Rapat Peringatan HBN Ke-74 oleh Pemkab Limapuluh Kota. IST
Rapat Peringatan HBN Ke-74 oleh Pemkab Limapuluh Kota. IST

Pemkab Limapuluh Kota menggelar rapat persiapan yang dipimpin oleh Kepala Badan Kesbangpol, Joni Amir, di Aula Badan Kesbangpol, Selasa (15/11/2022). Turut hadir pada rapat itu, Sekretaris BPBD Efli Zein, Kepala Disperdagkop UKM Ayu Mitria, Camat Gunuang Omeh Muhammad Rifki, dan perwakilan Perangkat Daerah lainnya.

Joni Amir mengatakan, sesuai dengan amanat Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah peringatan HBN ke-74 diperkaya dengan kegiatan yang dapat mengangkat PDRI sebagai sejarah penting bagi masyarakat Sumbar. Oleh sebab itu, peringatan akan dilaksanakan di masing- masing kabupaten/kota yang menjadi sejarah PDRI seperti Kabupaten Limapuluh Kota, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Agam, dan Kota Bukittinggi.

"Rapat ini bertujuan untuk mengangkat PDRI sebagai bagian penting sejarah NKRI melalui sosialisasi informasi kepada masyarakat Sumbar," katanya.

Peringatan HBN di Kabupaten Limapuluh Kota akan diisi dengan rangkaian kegiatan yang diinisiasi oleh Perangkat Daerah Provinsi Sumbar seperti Tour de PDRI, pawai sepeda ontel, napak tilas, kemah, lomba puisi tema PDRI, malam resepsi makan bajamba, pasar murah, penyuluhan rumah ramah bencana, dan rangkaian kegiatan lainnya.

"Ada banyak hal dalam persiapan yang perlu dicermati bersama mengenai peringatan HBN ini, untuk itu diharapkan setiap Perangkat Daerah terkait sesuai tupoksinya dapat berkoordinasi dengan Perangkat Daerah provinsi agar suksesnya acara ini," kata Joni Amir.

Sementara itu Camat Gunuang Omeh, Muhammad Rifki meminta partisipasi aktif dari Perangkat Daerah untuk bekerja sama selama kegiatan berlangsung.

"Kami di kecamatan sangat terbatas untuk mendampingi seluruh kegiatan, untuk itu kami berharap masing-masing Perangkat Daerah dapat berpartisipasi aktif dalam mendampingi Perangkat Daerah provinsi sesuai tupoksi masing-masing demi lancarnya acara," katanya menandaskan. (syn)