Bernilai Rp6 M, Puskesmas Piladang Diresmkikan

oleh -209 klik
Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo meresmikan Gedung Puskesmas Pildang senilai Rp6 miliar, Senin Senin (14/11/2022). IST
Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo meresmikan Gedung Puskesmas Pildang senilai Rp6 miliar, Senin Senin (14/11/2022). IST

JERNIHNEWS.COM-Keinginan masyarakat Piladang, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Limapuluh Kota memiliki Puskesmas yang representatif dan modern akhirnya terwujud. Hal itu ditandai dengan peresmian Puskesmas senilai Rp6 miliar oleh Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, Senin (14/11/2022) dengan pengguntingan pita.

Suasana di sela-sela peresmian Gedung Pukesmas Piladang. IST
Suasana di sela-sela peresmian Gedung Pukesmas Piladang. IST

Bupati didampingi Ketua TP-PKK Nevi Safaruddin, Kepala Lapas Suliki Kamesworo, Kepala Dinas Kesehatan Adel Nofiarman, unsur Forkopimca, Wali Nagari, dan Niniak Mamak setempat.

Puskesmas Piladang dibangun di atas lahan seluas 3.110 meter persegi. Puskesmas ini memang sudah lama diidam-idamkan masyarakat Nagari Koto Tangah dan Nagari Durian Gadang. Dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp5,98 miliar.

"Kehadiran Puskesmas representatif diharapkan menjadi sentra pelayanan kesehatan yang unggul demi mewujudkan masyarakat sehat di Kabupaten Limapuluh Kota khususnya di dua nagari ini," sebut Safaruddin.

Dikatakan Safaruddin, sebagai ujung tombak pelayanan pertama yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, Puskesmas memiliki peran penting dalam membangun kesehatan masyarakat. Untuk itu, dia meminta Puskesmas Piladang agar melakukan tugas secara berkesinambungan dan melibatkan semua sektor serta harus mampu menjawab persoalan kesehatan masyarakat terutama dalam pelayanan dasar kesehatan.

Ia mengungkapkan, bahwa pembangunan Puskesmas representatif dan modern merupakan upaya Pemkab mendukung peningkatan derajat kesehatan dan pelayanan terhadap masyarakat secara langsung, guna menuju masyarakat sehat dan sejahtera.

"Mari kita kampanyekan bersama gerakan masyarakat hidup bersih dan sehat. Kepada masyarakat kami berharap agar selalu melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin," ujarnya.

Sementara itu, Kepala UPTD Puskesmas Piladang, Neldawati bersyukur atas berdirinya Puskesmas Piladang. Ia mengapresiasi perjuangan masyarakat, Wali Nagari, dan rekan-rekan Puskesmas yang telah mampu mewujudkan Puskesmas yang representatif di Piladang.

"Insya Allah, kita berkomitmen mewujudkan masyarakat yang sehat dan kuat," sebutnya.

Neldawati juga menyatakan komitmen untuk mempercepat penurunan angka stunting di Kabupaten Limapuluh Kota. Di samping itu, ia turut menjelaskan sejumlah inovasi yang telah dilahirkan Puskemas Piladang, yakni, Inovasi Bidan Selalu Ada di Samping Ibu, Bayi Bermasalah (BASABALAH), Gerakan Obat Keluarga Penyakit Hipertensi (GEROBAK KELUARGA) serta Minuman Hangat Bagi Lansia (MIHASELA).(syn)