Pengurus IKPELKO Dumai Dikukuhkan

oleh -177 klik
Pengukuhan Paguyuban Ikatan Keluarga Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota (IPELKO) Kota Dumai, Sabtu (12/11/2022). IST
Pengukuhan Paguyuban Ikatan Keluarga Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota (IPELKO) Kota Dumai, Sabtu (12/11/2022). IST

JERNIHNEWS.COM- Pengurus Ikatan Keluarga Perantau Limapuluh Kota-Payakumbuh (IKPELKO) Kota Dumai masa bhakti 2022-2027 dikukuhkan oleh Dewan Penasehat IKPELKO, Ahyunal Heri, Sabtu (12/11/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di Ballroom The Zuri itu mengusung tema 'Manjapuik Nan Tingga, Manyambuang Nan Putuih, Saiyo Mangko Sasuai'. Pada kesempatan itu juga dilangsungkan pelantikan Bundo Kanduang Pelko dan Pelantikan Generasi Pemuda Pelko Dumai.

Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, dan Pj. Walikota Payakumbuh, Rida Ananda, serta Sekretaris Daerah Kota Dumai, Indra Gunawan, berharap IKPELKO Kota Dumai berkomitmen tampil sebagai pemersatu perantau serta mendukung roda pembangunan Kota Dumai, Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh.

"Diharapkan kontribusi perantau untuk wilayah domisili dan kampung dalam menekan angka kemiskinan ekstrem dan tingkat inflasi," sebutnya.

Bupati Safaruddin menyampaikan, bahwa bahwa Pemkab Limapuluh Kota akan terus menjalin komunikasi intensif dengan warga perantau yang saat ini berdomisili dan beraktivitas di sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Riau.

"Kehadiran IKPELKO patut disyukuri bersama sebagai penyambung tali silahturahmi dan salah satu mata rantai pembangunan di rantau maupun di Limapuluh Kota," ungkapnya.

Ia berharap, ke depan pemerintah daerah dan perantau bisa menyatu dan bahu membahu dengan kekuatan masyarakat di kampung halamam mewujudkan Limapuluh Kota yang madani, beradat dan berbudaya. Dikatakannya, Pemkab Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh akan terus bersinergi demi pembangunan berkesinambungan di kedua daerah 'kakak beradik' itu.

"Tidak hanya kedekatan dengan Pemko Payakumbuh, komunikasi dua arah yang selama ini terjalin dengan para perantau hendaknya dapat mewujudkan visi dan misi daerah yang tertuang dalam RPJMD Limapuluh Kota tahun 2021-2026 yang membutuhkan persatuan dan kesatuan seluruh masyarakat," pungkasnya.

Ikut hadir pada kesempatan itu, anggota DPD RI Dapil Riau, Misharti, Forkompimda Dumai, Ketua dan jajaran pengurus Ikatan Keluarga Minang (IKMR) Riau, unsur-unsur perangkat daerah Kota Dumai, Kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh, Asisten 1 Herman Azmar, Kepala Bapelitbang Gusdian Laora, Kepala Dinas Dikbud Indrawati, dan Kepala Dinas Peternakan Devi Kusmira.

Sementara itu, Sekda Dumai Indra Gunawan mengucapkan selamat atas terbentuknya kepengurusan IKPELKO Dumai sebagai tempat berhimpun dan bernaungnya warga Luak Limopuluah di Kota Dumai.

"Kami menaruh harapan besar terhadap kiprah IKPELKO di Kota Dumai yang terdiri dari berbagai suku, etnis dan agama," ujar Indra.

Ia menilai perbedaan yang tercipta tidak jadi penghalang dalam merajut persatuan dan kesatuan dalam mengarungi zaman. Dikatakannya, dibutuhkan sinergi dalam mewujudkan 'Dumai Berkhidmat' yang diwujudkan dengan bersatunya IKPelko dengan masyarakat perantau lainnya.

"Kami memerlukan dukungan IKPELKO bersama warga Dumai lainnya untuk mewujudkan visi Walikota Dumai," harap Indra. (syn)