Wagub Audy: Mahasiswa UIN Mahmud Yunus Batusangkar Harus Adaptif dan Inovatif

oleh -254 klik
Wagub Sumbar Audy Joinaldy memberi kuliah umum dalam Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Lanjut (PKML) di UIN Mahmud Yunus, Batusangkar, Kab. Tanah Datar, Selasa (08/11/22). IST
Wagub Sumbar Audy Joinaldy memberi kuliah umum dalam Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Lanjut (PKML) di UIN Mahmud Yunus, Batusangkar, Kab. Tanah Datar, Selasa (08/11/22). IST

JERNIHNEWS.COM-Wakil Gubernur Audy Joinaldy memberi kuliah umum dalam Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Lanjut (PKML) di Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus, Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Selasa (08/11/22). Mengangkat tema leadership 4.0, Wagub memotivasi ribuan mahasiswa agar dapat beradaptasi dan berinovasi untuk menjadi pemimpin masa depan agar mampu menghadapi perubahan zaman dan teknologi yang cepat.

"Seorang leader di era 4.0 adalah seorang inovator. Harus punya inovasi, kalau tidak bisa terkena distrupsi," kata Wagub Audy.

Menurut Wagug, saat ini perubahan sudah terjadi dalam banyak hal, mulai dari profesi, perilaku, gaya hidup, regulasi, kebutuhan dasar, serta hard skill maupun soft skill. Menurutnya, hanya kemampuan beradaptasi dan inovasilah yang bisa membuat seorang pemimpin dapat bertahan dari gerusan perubahan zaman tersebut.

"Oleh karena itu kemampuan beradaptasi dengan semua itu sangat dibutuhkan. Terutama soft skill, karena 80 persen kesuksesan di era modern ditentukan oleh soft skill," jelas Wagub kepada para mahasiswa.

Menutup kuliah umum, ia berpesan agar setiap mahasiswa harus mempunyai visi, membuat perubahan dengan aksi, optimis menuju kesuksesan, namun juga siap menghadapi kegagalan.

Sebelumnya, Rektor UIN Mahmud Yunus, Marjoni Imamora, yang diwakili Wakil Rektor III Sirajul Munir memberikan apresiasi atas kesediaan Wagub Sumbar Audy untuk memberikan kuliah umum.

"Bapak Wagub sudah kali ketiga memberikan orasi di UIN Batusangkar. Beliau gelarnya banyak dan cum laude dari beberapa perguruan tinggi, mudah-mudahan dengan kehadiran beliau di sini dapat menjadi motivasi dan pencerahan bagi mahasiswa dalam menempuh pendidikan," ujarnya. (mcp/erz)

Sumber: Diskominfotik SB