Tingkatkan Literasi, 180 Guru di Kab. 50 Kota Ikuti Pelatihan Menulis

oleh -246 klik
Sebagai upaya meningkatkan literasi di kalangan guru dan sekolah, sebanyak 180 guru di Kabupaten Limapuluh Kota mengikuti pelatihan menulis, Senin (07/11/2022) di Hotel Shago Bungsu, Lubuak Batingkok. IST
Sebagai upaya meningkatkan literasi di kalangan guru dan sekolah, sebanyak 180 guru di Kabupaten Limapuluh Kota mengikuti pelatihan menulis, Senin (07/11/2022) di Hotel Shago Bungsu, Lubuak Batingkok. IST

JERNIHNEWS.COM-Guna untuk meningkatkan literasi di kalangan guru dan sekolah, sebanyak 180 guru di Kabupaten Limapuluh Kota mengikuti pelatihan menulis, Senin (07/11/2022) di Hotel Shago Bungsu, Lubuak Batingkok.

Kegiatan pelatihan dibuka secara resmi oleh Bupati Kabupaten Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo. Safaruddin mengatakan, menulis merupakan kemampuan aktualisasi diri untuk berbagi ilmu, informasi, nasehat serta pengetahuan. Sehingga Iqro yang menjadi ayat pertama diturunkan kepada Rasulullah yang artinya 'Bacalah' setidaknya mengisyaratkan untuk membaca dari yang dituliskan.

"Selain dituntut memiliki berbagai kompetensi serta akhlak dan budi pekerti, seorang guru harus mempunyai kemampuan menulis. Tapi menulis jangan cuma untuk naik pangkat saja," sebutnya.

Safaruddin mengaku sangat bangga dengan semangat guru-guru Limapuluh Kota mengikuti kegiatan itu. Lebih kurang 180 orang guru hadir pada pelatihan menulis mulai dari guru SD dan SMP se-Kabupaten Limapuluh Kota.

"Semoga ke depan guru dapat melahirkan tulisan-tulisan yang membanggakan serta berbagi pengetahuannya," imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota, Indrawati berharap, dengan kerja sama yang digagas dengan Koran Padang Ekspres, akan lahir guru-guru penulis dan profesional dari Limapuluh Kota.

"Mari kita belajar dan berbagi agar menulis kembali membudaya. Kita berharap pelatihan menulis bisa meningkatkan kompetensi. Guru butuh menulis, membuat bahan ajar dan membagi ilmu dengan cara menuliskannya. Selain itu agar guru-guru, kreatif dan inovatif," katanya.

Pelatihan tersebut menghadirkan narasumber dari Harian Padang Ekspres, Ganda Cipta dan Zulkarnaini, serta turut dihadiri seluruh jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota. (syn)