Jelang Pembukaan, Pemprov Sumbar Matangkan Persiapan MTQN Korpri

oleh -210 klik
Rapat persiapan jelang pembukaan MTQN Korpri V I dengan tuan rumah Provinsi Sumbar. Gubernur Mahyeldi memimpin rapat, Jumat (04/11/2022). IST
Rapat persiapan jelang pembukaan MTQN Korpri V I dengan tuan rumah Provinsi Sumbar. Gubernur Mahyeldi memimpin rapat, Jumat (04/11/2022). IST

JERNIHNEWS.COM-Jelang perhelatan akbar Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) VI Korpri Tingkat Nasional Tahun 2022, Pemerintah Provinsi Sumbar selaku tuan rumah, menggelar rapat bersama OPD dan instansi terkait yang terlibat dalam kepanitiaan di Ruang Rapat Istana Gubernuran, Jumat (4/11/2022).

Memimpin langsung rapat tersebut, Gubernur Mahyeldi, menyampaikan beberapa poin penting yang harus dimatangkan jelang perhelatan MTQN Korpri tersebut. Antara lain pengantaran dan penjemputan para khafilah hotel ke lokasi perlombaan, antisipasi kenaikan harga hotel dan tiket pesawat, menyurati pihak hotel untuk menyetel lagu-lagu bernuansa Islami selama proses MTQN Korpri berlangsung, serta mengakomodir mobilitas kendaraan saat pelaksanaan MTQN Korpri karena bertepatan dengan acara Car Free Day (CFD).

Terkait kendaraan, Kepala Dinas Perhubungan, Heri menyampaikan pihaknya telah menyiapkan 18 unit shuttle bus guna keperluan penjemputan dan kepulangan khafilah serta untuk mobilisasi dewan juri. Selain itu juga telah disiapkan 23 unit innova, serta 10 unit hi-ace.

Di samping itu gubernur juga menyarankan untuk para LO (Liasion Officer) berkoordinasi secara aktif dengan para tamu-tamu undangan. Gubernur juga mengatakan pihaknya akan memberikan hadiah berupa umroh kepada Lima LO terbaik berdasarkan pilihan dan review dari para tamu.

Terkait dengan harga hotel gubernur meminta kepada PHRI untuk mengimbau para hotel agar tidak menaikkan harga yang melebihi standar, apalagi saat ini banyak aplikasi travel yang sengaja menaikkan harga jelang acara-acara nasional seperti acara APEKSI beberapa waktu lalu.

"Saya harap tidak ada lagi hotel-hotel yang menaikkan harga terlalu tinggi, mohon pihak PHRI dan Dinas Pariwisata untuk mengawal aplikasi-aplikasi travel nakal yang masih menaikkan harga hotel," tegas gubernur.

Acara yang dibuka oleh Menteri Dalam Negeri ini juga kabarnya akan dihadiri sebanyak 905 peserta dan 470 ofisial dan yang terdaftar secara resmi sebanyak 1.134 lebih khafilah beserta pendamping, tamu VIP hingga dewan juri yang akan meramaikan MTQ Korpri.

Sementara itu, Sekertaris Daerah Provinsi Sumbar, Hansastri, berpesan kepada seluruh panitia agar memberikan kesan yang baik bagi tamu-tamu luar daerah serta para khafilah.

"Kita harus berikan layanan prima dan terbaik, agar mereka merasa puas dan sering datang ke Sumbar. Mudah-mudahan dengan dijadikannya istana sebagai tempat pembukaan MTQN Korpri menjadi berkah untuk Pemprov Sumbar," ucap Sekda.

Terkait publikasi dan IT, Kepala Dinas Kominfotik, mengatakan Diskominfotik Sumbar dalam pelaksanaan MTQ Korpri telah menyiapkan internet dengan bandwidth 100 Mbps di seluruh venue MTQ, aplikasi MTQ Mobile, website MTQ Korpri yang dapat diakses melalui www.mtqkorpri.sumbarprov.go.id serta live streaming di sembilan titik venue MTQ.

Selanjutnya terkait pameran MTQ Korpri yang dilaksanakan di halaman kantor gubernur pada tanggal 7 sampai 11 November 2022 tersebut akan dihadiri oleh 182 peserta berasal berbagai provinsi yaitu DKI Jakarta, Batam, Jambi, Riau, adapun produk yang ditampilkan berupa kerajinan, kriya, dan kuliner. (via/mmc)

Sumber: Diskominfotik SB