Ini Para Juara Wisuda Tahfidz SMAN 3 Payakumbuh, Joni Hendri Berikan Hadiah Umroh

oleh -402 klik
Ketua Ikatan Keluarga Koto Nan Godang (IKK) Jakarta Joni Hendri, S.Kom, MM menyerahkan hadiah utama Tiket Umroh kepada Annisa Fitri, Juara Umum Wisuda Tahfidz SMAN 3 Payakumbuh, Sabtu (29/10/2022). Anissa Fitri didampingi ibundanya dan Kepsek Dra. Hj. Irma Takarina, M.Si. ERZ
Ketua Ikatan Keluarga Koto Nan Godang (IKK) Jakarta Joni Hendri, S.Kom, MM menyerahkan hadiah utama Tiket Umroh kepada Annisa Fitri, Juara Umum Wisuda Tahfidz SMAN 3 Payakumbuh, Sabtu (29/10/2022). Anissa Fitri didampingi ibundanya dan Kepsek Dra. Hj. Irma Takarina, M.Si. ERZ

JERNIHNEWS.COM-SMAN 3 Payakumbuh sukses dan spektakuler dalam pelaksanaan Wisuda Tahfidz 70 siswanya. Acara puncaknya, Sabtu (29/10/2022) hikmad dan meriah. Joni Hendri, S.Kom, MM, Ketua Ikatan Keluarga Koto Nan Gadang (IKK) Jakarta memberikan hadiah utama, berupa tiket umroh. Berikut ini para juara wisuda tahfidz perdana sekolah yang dipimpin Dra. Hj. Irma, Takarina, M.Si tersebut.

Para juara Wisuda Tadfidz I SMAN 3 Payakumbuh. ERZ
Para juara Wisuda Tadfidz I SMAN 3 Payakumbuh. ERZ

Peserta wisuda tahfizd, 12 juz 1 siswa, 10 juz 1 siswa, 6 juz 1 siswa, 4 juz 1 siswa, 3 juz 12 siswa, 2 juz 12, dan 1 juz sebanyak 43 siswa. Tahfidz menjadi ekstrakurikluer SMAN 3 Payakumbuh dengan guru Akhlakul Iman, hafiz 30 juz dan dibantu sejumlah guru sekolah tersebut. Wisuda tahifdz dilangsungkan selama 3 hari, Kamis, Jumat dan puncaknya Sabtu (27-29/10/2022).

Para peserta Wisuda Tahfidz SMAN 3 Payakumbuh.
Para peserta Wisuda Tahfidz SMAN 3 Payakumbuh.

Acara puncak wisuda tahifidz dihadiri Gubernur Sumbar yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan Pendidikan Sumbar Drs. Barlius,MM, Wakil Ketua DPRD Sumbar Irsyad Syafar, Lc, M.Ed, Walikota Payakumbuh diwakili Kabag Kesra Efrizal, Kacab Dinas Pendidikan Wilayah IV Sumbar Drs. Asricun, M.MPd, Anggota DPRD Kota Payakumbuh Wirman Putra Dt. Rajo Mantiko Alam dan Mustafa, Ketua IKK Jakarta Joni Hendri, S.Kom, MM, pengusaha Payakumbuh H. Erizal Garuda, para Kepala SMA/SMK se-Kota Payakumbuh dan tamu undangan lainnya.

Kadis Pendidikan Sumbar, Barilus, mengapresiasi wisuda tahfidz yang dilaksanakan SMAN 3 Payakumbuh. Meskipun pertama digelar, namun jumlahnya langsung mencapai 70 siswa. Kadisdik Barlius juga mengucapkan selamat kepada Kepala SMAN 3 Payakumbuh Irma Takarina, meski baru 9 bulan memimpin sekolah kebanggaan masyarakat Koto Nan Godang Kota Payakumbuh, namun torehan prestasinya luar biasa. "Ibu Irma telah menunjukkan bukti, ini luar biasa. Ini harus menjadi contoh bagi kepala sekolah lainnya," kata Barlius, alumni Universitas Negeri Padang (UNP) menegaskan.

Salah satu tarian siswa SMAN 3 Payakumbuh yang mendapat decak kagum para tamu dan undangan. ERZ
Salah satu tarian siswa SMAN 3 Payakumbuh yang mendapat decak kagum para tamu dan undangan. ERZ

Wakil Ketua DPRD Sumbar Irsyad Syafar juga memuji capaian dan prestasi Kepala SMAN 3 Payakumbuh Irma Takarina. Irsyad juga mengucapkan selamat kepada siswa yang telah diwisuda tahfidz. Pendiri Ponpes Ar Risallah Kota Padang itu mengingatkan siswa hafiz dan hafizah agar terus mengulang dan meningkatkan hafalannya. Hindari perbuatan-perbuatan negatif, karena hal itu dapat menghilangkan hafalan ayat-ayat Alquran.

Prosesi pemindahan jambul oleh Kadis Pendidikan Sumbar, Drs. H. Barlius, MM. ERZ
Prosesi pemindahan jambul oleh Kadis Pendidikan Sumbar, Drs. H. Barlius, MM. ERZ

"Jika melakukan hal-hal negatif, maka hafalan itu akan hilang dengan sendiri . Bahkan hafalan itu hilangnya lebih cepat dari lari unta. Di mana lari unta jauh lebih kencang dari pada lari kuda. Begitu perumpaan jika seseorang hafiz dan hafizah tidak menjauhkan dirinya dari hal-hal negatif. Hafalan Alquran juga akan membimbing seseorang untuk selalu berada di jalan yang benar," sebut Irsyad yang telah dua periode menjadi anggota DPRD Sumbar tersebut.

Orangtua siswa berpelukan dengan anaknya yang telah sukses menghafal Alquran dan mengikuti Wisuda Tahfidz SMAN 3 Payakumbuh. ERZ
Orangtua siswa berpelukan dengan anaknya yang telah sukses menghafal Alquran dan mengikuti Wisuda Tahfidz SMAN 3 Payakumbuh. ERZ

Ketua IKK Jakarta Joni Hendri memuji kegiatan wisuda tahfidz SMAN 2 Kota Payakumbuh. Kegiatannya dianggap spektakuler. Dia juga mengucapkan selamat kepada 70 peserta wisuda tahfizd. Pengusaha nasional lintas bidang asal Koto Baru Balai Janggo Koto Nan Godang Payakumbuh yang berkiprah di Jakarta mengingatkan para siswa agar terus menambah hafalannya dan lebih lanjut mempelajari Alquran.

Joni Hendri mengatakan bersedia memberikan hadiah utama berupa tiket umroh karena ingin memotivasi agar siswa SMAN 3 Payakumbuh yang mayoritas adalah anak kemanakan warga Koto Nan Gadang Kota Payakumbuh dan sekitarnya untuk mencintai Alquran. Dia ingin di Kota Payakumbuh lahir generasi-generasi yang tidak saja unggul intelektual tapi juga menyintai Al Quran. Meski Joni Hendri bukan alumni SMAN 3 Payakumbuh, namun untuk untuk mendorong generasi yang mencintai Alquran, dia mendukung kegiatan wisuda tahfidz dan lainnya.

"Insyallah pemenang hadiah utama berupa tiket umroh akan berangkat Bulan November," kata Joni Hendri, saat diberikan kesempatan memberikan sambutan usai menyerahkan hadiah utama kepada Juara Umum Wisuda Tahfidz. Joni Hendri adalah sosok yang santer disebut-sebut sebagai Calon Walikota Payakumbuh 2024.

Kepsek Irma Takarina mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Ketua IKK Joni Hendri yang telah menyumbang hadiah utama berupa tiket umroh. Dia sangat bangga dengan kesuksesan dan perhatian besar Joni Hendri terhadap kemajuan kampung halamannya Koto Nan Gadang dan Kota Payakumbuh pada umumnya. Joni Hendri adalah siswa Irma Takarina saat masih bertugas di SMAN 2 Payakumbuh yang dulu bernama SMAN 3 Payakumbuh di Bukit Sitabur.

"Terima kasih atas perhatian dan bantuan hadiah utamanya Pak Joni Hendri. Semoga selalu sehat dan sukses," kata Irma.

Para Juara Wisuda Tahfidz

Para juara Wisuda Tadfidz SMAN 3 Payakumbuh diumumkan oleh guru ekskul tahfidz SMAN 3 Payakumbuh Akhlakul Iman yang juga bertugas sebagai ketua tim juri atau penguji. Hafiz 30 juz itu telah mendirikan puluhan rumah tahfidz di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Sebelumnya mengumumkan nama para pemenang, Akhlakul Iman menjelaskan kriteria penilaian. Dia pun berpesan kepada para siswa hafiz dan hafizah agar terus mempermantap dan menambah hafalan masing-masing.

Berikut ini nama-nama para Juara Wisuda Tahfidz SMAN 3 Payakumbuh:

  • Juara Umum: Annisa Fitri, Kelas XI MIPA 5 dengan jumlah nilai 96.
  • Terbaik 1 : Farhan, Kelas XI IPS 1 dengan jumlah nilai 95.
  • Terbaik 2 : Muhammad Farid, Kelas X E 2 dengan jumlah nilai 94.
  • Terbaik 3 : Rahmat Danil, Kelas X E 1 dengan jumlah nilai 93.
  • Terbaik 4 : Suci Ramadhani, Kelas X E 11 dengan jumlah nilai 92
  • Terbaik 5 : Audina Fitria XI MIPA 5,dengan jumlah nilai 91.5.
  • Terdisiplin : Alfikri Fadhlullah Ridwan, Kelas XI IPS 2.

Para peserta wisuda tahifidz terbaik 1 s/d 5 diberikan hadiah berupa bintang emas. Semua peserta juga diberikan hadiah hiburan. (erz)