Kepala SMAN 3 Payakumbuh: Ekskul Tahfizd untuk Tingkatkan Karakter Siswa

oleh -317 klik
Dra. Hj.Irma Takarina, M.Si, Kepala SMAN 3 Kota Payakumbuh. Sekolah yang dipimpin Irma melaksanakan wisuda tahfizd, Kamis-Sabtu (27-29/10/2022) dengan jumlah peserta sebanyak 70 siswa. IST
Dra. Hj.Irma Takarina, M.Si, Kepala SMAN 3 Kota Payakumbuh. Sekolah yang dipimpin Irma melaksanakan wisuda tahfizd, Kamis-Sabtu (27-29/10/2022) dengan jumlah peserta sebanyak 70 siswa. IST

JERNIHNEWS.COM- SMAN 3 Kota Payakumbuh melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler Tahfizd Alquran sejak kegiatan belajar mengajar tatap muka digelar kembali pasca Covid-19 melandai. Ekskul tahfizd bertujuan untuk meningkatkan karakter siswa agar lebih baik. Antusias siswa mengikuti ekskul ini sangat tinggi dan buahnya sebanyak 70 siswa akan mengikuti wisuda tahfizd, Kamis hingga Sabtu (27-29/10/2022).

SMAN 3 Kota Payakumbuh. ERZ
SMAN 3 Kota Payakumbuh. ERZ

"Selama pandemi Covid-19 terjadi penurunan karakter anak didik. Karena mereka tidak mengikuti kegiatan belajar tatap muka. Mereka juga bebas mengakses internet dengan gadget selama pandemi, sebab mereka selalu memegang ponsel untuk belajar online. Menyadari hal itu, makanya kita aktifkan ekskul tahfizd," kata Kepala SMAN 3 Kota Payakumbuh Dra. Hj. Irma Takarina, M.Si, Rabu (26/10/2022) kepada jernihnews.com di kantornya.

SMAN 3 Kota Payakumbuh. ERZ
SMAN 3 Kota Payakumbuh. ERZ

Menurut Kepsek Irma, siswa yang ikut ekskul tahfizd cendrung lebih baik karakternya dibanding siswa lainnya. Penyebabnya, karena siswa tersebut tidak mau melakukan hal-hal yang bersifat negatif, karena khawatir bahkan takut hafalan Alquran mereka menjadi hilang. Diharapkan karakter yang baik dari para siswa penghafal Alquran itu dapat mempengaruhi siswa yang lainnya, sehingga bisa membawa ke arah yang lebih baik.

"Jadi tujuan kita adalah untuk meningkatkan karakter siswa," sebut mantan Kepala SMAN 2 Kota Payakumbuh itu.

Lebih lanjut Irma mengungkapkan, kecenderungan siswa penghafal Alquran juga memiliki intelektual yang baik. Keduanya berbanding lurus. Siswa yang hafalan Alaqurannya banyak, juga memiliki tingkat intelektual lebih baik pula. Karakternya bagus, demikian pula intelektualnya. Karena itu tak salah kiranya Universitas Andalas (Unand) langsung menerima siswa hafiz 20 juz secara khusus pada Fakultas Kedokteran.

Wisuda Tahfizd Akan Dihadiri Gubernur

Kepsek Irma Takarina mengatakan perayaan atau acara puncak Wisuda Tahifzd, Sabtu (29/10/2022) direncanakan akan dihadiri Gubernur Sumbar, Buya Mahyeldi. Berikutnya juga bakal hadir Wakil Ketua DPRD Sumbar Ust. Irsyad Syafar, Kadis Pendidikan Sumbar Barlius, Pj. Walikota Payakumbuh Rida Ananda, Kacabdin Pendidikan Wilayah IV Sumbar Asricun, Kadis Pendidikan Kota Payakumbuh Dasril, Ketua Ikatan Keluarga Koto Nan Gadang (IKK) Jakarta Joni Hendri, orang tua siswa peserta wisuda tahfizd, relasi dan tamu undangan lainnya.

"Untuk konfirmasi akhir kedatangan Pak Gubernur satu hari sebelum hari H. Sedangkan Kadis Pendidikan Sumbar, Pak Barlius sudah menkonfirmasi akan hadir," kata Irma, sembari mengatakan hadiah utama Wisuda Tahifiz SMAN 3 Payakumbuh adalah tiket umroh yang disumbangkan oleh Ketua IKK Jakarta Joni Hendri, S.Kom, MM.

Peserta wisuda tahfizd terdiri dari siswa kelas X, XI dan XII. Hafalan mereka mulai dari 1 juz hingga 12 juz. Awalnya direncanakan jumlah peserta wisuda tahfizd sebanyak 100 orang. Namun, setelah diseleksi lebih ketat dengan menguji kembali hafalannya, maka diputuskan pesertanya menjadi 70 siswa. Sedangkan yang belum lolos seleksi diundur wisudanya pada kesempakatan berikutnya.

Rincian peserta wisuda tahfizd, 12 juz 1 siswa, 10 juz 1 siswa, 6 juz 1 siswa, 4 juz 1 siswa, 3 juz 12 siswa, 2 juz 12, dan 1 juz sebanyak 43 siswa. Ekskul tafizd dilaksanakan 2 kali dalam seminggu yakni hari Senin pagi dan Jumat pagi selama 1 jam. Sedangkan pelatih atau gurunya ada yang merupakan guru SMAN 3 Payakumbuh dan ada juga guru khusus tahfizd yang didatangkan dari luar, yakni Ustadz Akhlakul Imam. Program ekskul tahfizd dibiayai dengan dana BOS.

Kepsek Irma Takarina selaku penanggung jawab kegiatan sangat serius dan all out dalam menyukseskan kegiatan wisuda tahfizd. Termasuk dalam menghimpun hadiah guna membangkitkan motivasi siswa peserta wisuda. Selain hadiah utama yang disumbangkan Ketua IKK Jakarta Joni Hendri berupa tiket umroh, juga ada hadiah lima besar lainnya berupa bintang emas dan hadiah menarik lainnya. Seluruh peserta memperoleh hadiah hiburan. (erz)