Juara I Sumbar, Desainer Muda 50 Kota Dapat Hadiah Rp12,5 Juta

oleh -255 klik
Elvi Widia Arosa, desainer muda asal Kabupaten Limapuluh Kota juara pertama pada gelaran Daily Muslim Wear Contest (DMWC) Sumbar 2022, Rabu (19/10/2022) di Axana Hotel, Padang. Elvi pun berhak atas hadiah Rp12,5 juta. IST
Elvi Widia Arosa, desainer muda asal Kabupaten Limapuluh Kota juara pertama pada gelaran Daily Muslim Wear Contest (DMWC) Sumbar 2022, Rabu (19/10/2022) di Axana Hotel, Padang. Elvi pun berhak atas hadiah Rp12,5 juta. IST

JERNIHNEWS.COM- Elvi Widia Arosa, desainer muda asal Kabupaten Limapuluh Kota juara pertama pada gelaran Daily Muslim Wear Contest (DMWC) Sumbar 2022, Rabu (19/10/2022) di Axana Hotel, Padang. Elvi pun berhak atas hadiah sebesar Rp12,5 juta.

Motif karya Elvi Widia Arosa terinspirasi dari kekayaan flora Limapuluh Kota berhasil memesona Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumbar Harneli Mahyeldi dan Dewan Juri pada lomba desainer busana muslimah yang bertema "The Beauty of Nature" itu. Pemilik brand Osha Surakhman tersebut berhasil juara pertama setelah menyisihkan 17 pesaing lainnya dari 17 kabupaten/kota di Sumbar.

Kepala Dinas Perindustrian dan Ketenagakerjaan (Disperinaker) Limapuluh Kota Fery Chofa mengatakan, prestasi desainer Limapuluh Kota itu mengisyaratkan betapa menggeliatnya industri kreatif di daerah yang kaya akan gambir ini. Menurutnya, industri kreatif itu berpotensi menunjang pertumbuhan ekonomi daerah.

Baca Juga

"Alhamdulillah, karya penggiat industri kreatif berbasis tekstil, yang merupakan segmen Industri Kecil dan Menengah (IKM) binaan Disperinaker Limapuluh Kota bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Limapuluh Kota meraih posisi terhormat. Ini membuktikan penggiat IKM kita memiliki skill serta daya cipta yang patut diperhitungkan. Ini angin segar untuk tumbuhnya industri kreatif di daerah kita," ujar Fery Chofa, Kamis (20/10/2022).

Ia mengatakan, Disperinaker bersama Dekrasnada Limapuluh Kota turut mendampingi langsung desainer Elvi pada gelaran lomba busana muslimah yang diselenggarakan Dekranasda Provinsi Sumbar serta didukung Dekranasda se-Sumbar.

Dikatakan Fery Chofa, prestasi gemilang desainer asal Limapuluh Kota di gelanggang DMWC Sumbar menambah keyakinan pihaknya menatap iven tahunan yakni pameran "The Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) dan Minangkabau Heritage" akhir Oktober 2022 mendatang.

"Kita optimis. Kita tentu akan membawa produk dan penggiat IKM terbaik di Limapuluh Kota," katanya.

Mengkilapnya prestasi desainer Limapuluh Kota di ajang DMWC Sumbar juga mendapat pujian dan apresiasi dari Ketua Dekranasda Limapuluh Kota Nevi Safaruddin. Dia mengungkapkan bahwa kolobrasi Dekranasda Limapuluh Kota dengan Disperinaker serta perangkat daerah terkait lainnya untuk memotivasi, memfasilitasi serta membina industri kreatif telah menimbulkan semangat untuk berkarya bagi penggiat-penggiat IKM.

"Kita bangga dengan prestasi Elvi Widia Arosa pemilik brand Osha Surakhman, semoga ini akan memotivasi penggiat-penggiat IKM lainnya untuk menghasilkan karya terbaiknya, sehingga terwujud dinamika industri kreatif di daerah kita," sebutnya.

Sementara itu mengomentari kemenangan rancangannya, desainer Elvi mengatakan semula tak menyangka kalau karyanya berhasil tampil sebagai Juara I DMWC se-Sumbar.

"Ketika lomba masih berlangsung, masuk 10 besar saja sudah senang, tapi ternyata menjadi Juara I serta membawa nama Limapuluh Kota, ini kejutan dan bahagia rasanya, terima kasih untuk Disperinaker dan Dekranasda Limapuluh Kota," ungkap Elvi.

Ketika ditanya apa yang membuat desainnya diganjar Terbaik I, penggiat IKM berdomisili di Koto Tangah Simalanggang, Kecamatan Payakumbuh itu, mengungkapkan hal ini tak lepas dari kemampuannya untuk menterjemahkan tema lomba "The Heritage Nusantara", dengan mengapungkan motif pesona flora Limapuluh Kota dengan teknik Ecoprint, yang berbasis bahan-bahan ramah lingkungan.

Seperti pewarnaan kain yang menggunakan daun tumbuhan Sikaduduak dengan motif flora yang merambat, bunga kenikir dan daun paku.

Atas prestasinya, Elvi memperoleh sertifikat penghargaan dan hadiah uang Rp12.500.000 yang diserahkan langsung Ketua Dekranasda Sumbar, Harneli Mahyeldi. (syn)