STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh Makin Maju

oleh -299 klik
Kampus STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh di Jl. M. Yamin Kota Payakumbuh. IST
Kampus STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh di Jl. M. Yamin Kota Payakumbuh. IST

JERNIHNEWS.COM- STKIP Abdi Pendidikan Kota Payakumbuh kini semakin maju di berbagai bidang. Dalam penerapan Kurikulum Merdeka Belajar, kampus ini berhasil melaksanakan berbagai program, seperti pertukaran mahasiswa, program mengajar dan magang. Pada sisi lulusan, alumnus kampus yang beralamat di Jl. M. Yamin ini juga diamanahkan menjadi Kadis Pendidikan Kota Payakumbuh dan Kadis Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota.

Ketua STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh Drs. Yuhasnil, M.Pd. IST
Ketua STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh Drs. Yuhasnil, M.Pd. IST

"Syukur alhamdulillah kampus kita terus lebih maju. Berbagai prestasi berhasil kita capai, termasuk dalam Kurikulum Merdeka yang dicetuskan Menteri Pendidikan, Mas Nadiem Makarim," kata Ketua STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh, Drs. Yuhasnil, M.Pd kepada jernihnews.com di kantornya, Kamis (13/10/2022).

Menurut Yuhasnil, dalam program pertukaran mahasiswa, ada enam mahasiswa yang berhasil lolos dari 14.000 mahasiswa yang mengikuti seleksi dari seluruh Indonesia. Mahasiswa STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh itu kini mengikuti perkuliahan pertukaran mahasiswa di berbagai perguruan tinggi di Indonesia, termasuk di Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Trisakti dan kampus-kampus besar lainnya di Pulau Jawa.

"Mahasiswa kita berhasil lulus dalam kompetisi dan seleksi yang sangat ketat. Ini sangat membanggakan kami. Apalagi seluruh biaya ditanggung pemerintah, termasuk transportasi udara pulang dan pergi. Mahasiswa kita juga sangat senang. Ini juga sebagai pertanda, bahwa dalam kualitas kampus STKIP Abdi Pendidikan juga siap bersaing," sebut Yuhasnil.

Lalu berikutnya beberapa mahasiswa kampus ini juga tengah melaksanakan program kampus mengajar dan juga mengikuti program magang di berbagai instansi. "Program Kampus Merdeka atau Merdeka Belajar ini sangat bagus. Semoga terus berlanjut," ujar Yuhasnil.

Berikutnya dari sisi tamatan atau lulusan, Yuhasnil dan keluarga besar STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh juga bangga. Pasalnya dua alumninya, yakni Dr. Dasril, S.Pd, M.Pd dan Indrawati, S.Pd, M.MPd, masing-masing diamanahkan menjadi Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Limapuluh Kota.

"Ya, dua alumni kita dipercaya menjadi kadis pendidikan. Ibu Indrawati menjadi Kadis Pendidikan Limapuluh Kota dan Pak Dasril sebagai Kadis Pendidikan Kota Payakumbuh. Ini sangat membanggakan, karena terbukti alumnus kampus STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh berkualitas," kata Yuhasnil bersemangat.

Selanjutnya, pada Sabtu (12/11/2022) mendatang, STKIP Abdi Pendidikan Payakumbuh akan melaksanakan wisuda. Sebanyak 40 mahasiswa akan diwisuda bertempat di Aula Hotel Kolivera, Sicincin Kota Payakumbuh. "Jadwal wisuda mengalami pengunduran, karena harus disesuaikan dengan jadwal L2DIKTI," katanya menandaskan. (erz)