Gubernur Buka Lomba Kreativitas Siswa SMA Se-Cabdin Wilayah IV

oleh -248 klik
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, Drs.Barlius, MM dan Kepala SMAN 1 Harau Drs. Afrizal. RISMAN
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, Drs.Barlius, MM dan Kepala SMAN 1 Harau Drs. Afrizal. RISMAN

JERNIHNEWS.COM-Gubernur Sumbar diwakili Kepala Dinas Pendidikan Drs. Barlius, MM membuka secara resmi lomba kreativitas siswa SMA se-Cabdin Wilayah IV di SMA Negeri 1 Harau, Senin (02/10/2022).

"Semakin banyak kegiatan di sekolah semakin baik dan bagus. Melalui kegiatan itu siswa dapat mengembangkan potensi dirinya. Untuk menguji kompetensi dan kreativitas siswa lanjutkan dengan kegiatan lomba antarsekolah. Dengan adanya kegiatan lomba kreativitas siswa SMA se-Cabdin Wilayah IV ini saya mengapresiasi," kata Kepala Dinas Pendidikan, Barlius

Kegiatan yang diperlombakan meliputi lomba tahfiz, alua pasambahan makan-minum, azan dilanjutkan dengan khutbah Jumat, dan lomba bercerita berbahasa Arab dengan tema Sejarah Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) sesuai dengan program dan filosofi budaya Minamgkabau.

Kadisdik Sumbar Barlius mengatakan lomba ini akan mewujudkan dan memperkokoh adat basandi syarak (ABS) dan syarak basandi kitabullah (SBK).

"Jika kegiatan ini dilaksanakan secara berkala maka akan melahirkan calon pemimpin bangsa baik dan kokoh di Minangkabau. Pemerintahan yang baik adalah harus kompak ibarat tali tigo sapilin, tungku tiga sajarangan. Tali pertama adalah niniak mamak, tali kedua cadiak pandai, dan tali ketiga adalah cadiak pandai," jelas Barlius.

Ia berharap kepada kepala sekolah untuk melaksanakan program "Pagi Mengaji dan Pulang Menyanyi". Pagi sebelum belajar siswa diharuskan mengaji atau baca Alquran bergiliran. Setelah habis belajar siang atau sore silakan siswa menyanyikan lagu Indonesia Raya, Satu Nusa Satu Bangsa atau Padamu Negeri. Kemudian, lanjutkan dengan lagu daerah Minangkabau.

"Kegiatan ini akan membuat siswa semakin cinta tanah air, cinta bangsa, dan memahami budaya Minangkabau," tegas Barlius.

Kepala SMA Negeri 1 Harau Drs. Afrizal dalam laporannya mengatakan kegiatan lomba kreativitas siswa SMA ini untuk mewujudkan ABS-SBK dan memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-77 Provinsi Sumatera Barat. Temu ramah pembina dan ketua OSIS SMA/SMK dengan Gubernur Sumbar.

"Kegiatan ini juga untuk mewujudkan visi Gubernur Sumbar yaitu terwujudnya Sumatera Barat madani yang unggul berkelanjutan," ujar Afrizal sambil menambahkan prestasi siswa SMAN 1 Harau tahun 2022 adalah Paskibra Nasional salah seorang siswa Mhd. Faiz Asiddiq ikut upacara 17 Agustus 2022 di Istana Presiden RI Jakarta. Prestasi bidang olahraga, M Heru Ramadhan, juara II Nasional lari 400 m di lapangan Trilomba Juang, Semarang, Jawa Tengah.

Ikut memberikan sambutan Bupati Lima Puluh Kota diwakili Asisten Administrasi Umum A. Zufdi Prama mengapresiasi prestasi SMAN 1 Harau. Hadir juga Kacabdin Wilayah IV Drs. Asricun, M.M.Pd, Camat Harau, Walinagari Harau, Polsek Harau, para Kepala SMA, dan pembina dan ketua OSIS SMA. (risman)