Siang Ini, Rida Ananda Dilantik Sebagai Pj. Wako Payakumbuh

oleh -568 klik
Drs. H. Rida Ananda, M.Si yang akan dilantik Jumat (23/09/2022) pukul 14.00 WIB sebagai Penjabat Walikota Payakumbuh oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi di Auditorium Gubernuran Sumbar. JNC
Drs. H. Rida Ananda, M.Si yang akan dilantik Jumat (23/09/2022) pukul 14.00 WIB sebagai Penjabat Walikota Payakumbuh oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi di Auditorium Gubernuran Sumbar. JNC

JERNIHNEWS.COM- Kepemimpinan di Kota Payakumbuh akan dilanjutkan oleh Drs. H. Rida Ananda, M.Si, hingga dilantiknya Walikota dan Wakil Walikota definitif hasil Pilkada Serentak, 27 November 2024. Rida Ananda akan dilantik sebagai Penjabat (Pj) Walikota Payakumbuh oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi, Jumat (23/09/2022) pukul 14.00 WIB di Auditorium Gubernuran Sumbar.

Puluhan papan bunga ucapan selamat untuk pelantikan Pj Walikota Payakumbuh Drs. H. Rida Ananda, M.Si berjejer rapi di halaman Gubernuran Sumbar, Jumat (23/09/2022). ERZ
Puluhan papan bunga ucapan selamat untuk pelantikan Pj Walikota Payakumbuh Drs. H. Rida Ananda, M.Si berjejer rapi di halaman Gubernuran Sumbar, Jumat (23/09/2022). ERZ

Rida Ananda dilantik sebagai Pj. Wako Payakumbuh menyusul berakhirnya masa kepemimpinan Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi, ST, MT dan Wakil Walikota Payakumbuh H. Erwin Yunaz, SE, MM. Rida kini juga menjabat sebagai Sekda Kota Payakumbuh. Dia diberi amanah menjadi Sekda pada 2019 setelah menjabat sebagai Asisten III, Kepala Dinas Pariwisata dan juga pernah menjadi sebagai Kabag Humas Pemko Payakumbuh.

Anggota DPRD Kota Payakumbuh Wirman Putra Dt. Rajo Mantiko Alam mengatakan penunjukkan Rida Ananda sebagai Pj. Walikota Payakumbuh tentu sudah melalui pertimbangan matang oleh Gubernur dan juga oleh Kemendagri. DPRD Kota Payakumbuh juga mengusulkan nama Rida Ananda sebagai calon Pj. Wako Payakumbuh.

"Beliau (Rida Ananda) tentu lebih mengenal Kota Payakumbuh lebih dalam," kata Wirman Putra, Kamis (22/09/2022) di Kota Payakumbuh.

Perihal pelantikan Pj. Walikota Payakumbuh Rida Ananda dilaksanakan Baada Shalat Jumat disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfotik, Jasman Rizal Dt. Bandaro Bendang. "Pelantikan pukul 14.00 WIB," kata Jasman kepada jernihnews.com.

Pantauan di Auditorium Gubernuran Sumbar di Jl. Sudirman Kota Padang, berbagai persiapan atas pelantikan itu telah dilaksanakan. Puluhan papan bunga ucapan selamat atas pelantikan Rida Ananda sebagai Pj. Walikota Payakumbuh berjejer rapi di halaman gedung auditorium yang berwarna putih tersebut.

Masyarakat Kota Payakumbuh dari berbagai kalangan selama empat hari belakangan melakukan berbagai acara perpisahan dengan Riza Falepi dan Erwin Yunaz. Acara perpisahan dilaksanakan di berbagai lokasi. Sedangkan pusatnya di Kantor Walikota Payakumbuh.

Riza Falepi-Erwin Yunaz dianggap telah meninggalkan kenangan manis untuk Kota Payakumbuh. Berbagai proyek prestitius yang menjadi kebanggaan warga Kota Payakumbuh dibangun oleh mereka selama menjabat. Pembangunan nyaris merata di berbagai wilayah. Kota Payakumbuh dibangun pada berbagai aspek, fisik dan non fisik.

Riza Falepi diamanahkan menjadi Walikota Payakumbuh selama dua periode (2012-2017) dan (2017-2022). Sedangkan Erwin Yunaz baru sekali menjabat sebagai Wakil Walikota Payakumbuh (2017-2022) atau pada periode kedua Riza Falepi.

Riza Falepi berkemungkinan akan mencalonkan diri pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 untuk DPR RI. Kader PKS tersebut berpeluang besar untuk meraih 1 dari 6 kursi DPR RI Dapil Sumbar 2. Kepemimpinannya telah teruji. Kota Payakumbuh maju lebih pesat selama kepemimpinannya. Sedangkan Erwin Yunaz berkemungkinan akan mencalonkan sebagai Walikota Payakumbuh di Pilkada Serentak 2024. Pengalamannya menjadi Wawako selama satu periode menjadi modal besar baginya untuk memenangi Pilkada City Of Randang. (erz)