832 Murid SD Taeh Baruah Kota Praktekkan Sikat Gigi yang Benar

oleh -345 klik
Sebanyak 832 murid SD se-Nagari Taeh Baruah, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota ikut menyemarakkan peringatan Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) 2022, Senin (12/09/2022) di lapangan sepak bola Kubu Gadang. IST
Sebanyak 832 murid SD se-Nagari Taeh Baruah, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota ikut menyemarakkan peringatan Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) 2022, Senin (12/09/2022) di lapangan sepak bola Kubu Gadang. IST

JERNIHNEWS.COM- Sebanyak 832 murid SD se-Nagari Taeh Baruah, Kecamatan Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota ikut menyemarakkan peringatan Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) 2022, Senin (12/09/2022) di lapangan sepak bola Kubu Gadang.

Pada kegiatan yang digagas Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) itu pelajar bersemangat mempraktikkan bagaimana menyikat gigi yang baik dan benar. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengukir rekor Muri sikat gigi massal bersama 500.000 peserta lainnya se-Indonesia.

Bupati Kabupaten Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dalam sambutannya mengapresiasi peran PDGI dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya kesehatan gigi dan rongga mulut. Ia juga memuji aksi cepat PDGI dalam melaksanakan aksi Bhakti Sosial pada HKGN 2022.

"Saat Muscab PDGI beberapa waktu lalu, kami memberikan tantangan kepada PDGI untuk menggerakkan berbagai pihak melaksanakan aksi nyata peningkatan ksehatan gigi di masyarakat dan Alhamdulillah dapat terlaksana," sebut Safaruddin.

Dikatakan, kesehatan gigi dan mulut adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kualitas hidup secara langsung di samping pengaruh terhadap rongga mulut dan fungsi pengunyahan. Oleh sebab itu, ia mengajak pelajar maupun masyarakat untuk memelihara kesehatan gigi dengan sejak dini.

"Masalah gigi dan mulut tentunya dapat menginfeksi bagian tubuh lainnya yang berimbas pada penurunan produktivitas dalam proses menuntut ilmu," ujarnya.

Bupati juga berharap semangat pengabdian yang tinggi PDGI untuk meningkatkan kesadaran pelajar dalam membiasakan sikat gigi yang baik dan benar sehingga dapat membentuk karakter yang kuat bagi anak sekolah di masa depan.

Bhakti sosial pada peringatan HKGN di Limapuluh Kota, selain aksi sikat gigi massal, juga dilaksanakan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut serta dirangkai dengan Program Dinas Kesehatan yaitu Bulan Imunisasi Anak Nasional.

Sementara itu, Ketua PDGI Luak Limopuluah dr.Yone Akdes dalam laporannya menginformasikan, pencanangan HKGN secara nasional dicetuskan pertama kali pada acara bulan kesehatan nasional pada 12 September 2011 di lapangan Gasibu Bandung oleh dr Endang Rahayu Sedyaningsih.

Seterusnya drg. Yone menjelaskan, dengan mengangkat tema "Pulih bersama dengan senyum sehat Indonesia", kegiatan sikat gigi massal ini bisa jadi momentum pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut dalam skala nasional. Ia berharap, suksesnya gelaran ini turut meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kesehatan gigi.

"Berdasarkan riset Kemenkes, 57,6% masyarakat kurang sadar dan mengalami permasalahan kesehatan gigi dan baru 10,2% yang mendapatkan penanganan," ungkap drg.Yone.

Hadir pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah Widya Putra, Ketua TP PKK Nevi Safaruddin, Kepala Dinas Kesehatan Adel Noviarman, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Indrawati, Ketua PDGI Luak Limopuluah drg.Yone Akses Djohar, unsur Forkopimca dan Nagari. (syn)