Baru Diresmikan, Plafon Masjid Tanjak Batam Roboh

oleh -384 klik
Masjid Tanjak Kota Batam di areal Bandara Hang Nadim yang baru diresmikan tiga bulan lalu, namun nyaris seluruh plafonnya roboh, Kamis pagi, (08/09/2022). NET
Masjid Tanjak Kota Batam di areal Bandara Hang Nadim yang baru diresmikan tiga bulan lalu, namun nyaris seluruh plafonnya roboh, Kamis pagi, (08/09/2022). NET

JERNIHNEWS.COM- Baru tiga bulan setelah diresmikan, plafon Masjid Tanjak Kota Batam tiba-tiba roboh dan hancur pada Kamis pagi, (08/09/2022). Masjid ini menjadi ikon baru destinasi wisata religi Kota Batam setelah diresmikan, Jumat (24/06/2022) lalu.

Detik-detik robohnya plafon masjid ini terekam dalam sebuah video yang tersebar di media sosial. Plafon yang roboh nyaris semuanya. Pada video terlihat plafon atau loteng putih berbahan gipsum itu tiba-tiba lepas dan berjatuhan ke lantai masjid. Plafon yang roboh hampir terjadi di sekeliling masjid yang berbentuk lingkaran tersebut. Untung tidak ada satupun jamaah sedang berada di dalam masjid ketika peristiwa itu terjadi.

Kepala Biro Humas, Promosi dan Protokol BP Batam Ariastuty Sirait mengatakan, plafon Masjid Tanjak jatuh karena lembab setelah intensitas curah hujan yang tinggi di Kota Batam beberapa waktu belakangan. "Memang benar plafon masjidnya jatuh karena kelembaban yang ada di plafon masjid tersebut," ujar Tuty dalam keterangan tertulisnya, sebagaimana dikutip dari Tempo.co.

Saat ini Masjid Tanjak Batam ditutup untuk umum dan akan dilakukan perbaikan atas kerusakan tersebut. "Ini masih tanggung jawab dari kontraktor karena masih dalam masa pemeliharaan," kata Ariastuty.

Masjid Tanjak Batam dibangun berada di kawasan Bandara Hang Nadim Batam. Pembangunan masjid setidaknya menelan anggaran pembangunan hampir Rp40 miliar bersumber dari Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Warna dan bentuk masjid ini juga nyaris menyerupai logo salah satu parpol di tanah air.

Setelah diresmikan beberapa bulan lalu, Masjid Tanjak kerap dikunjungi warga Batam dan wilayah Provinsi Kepri untuk berlibur di akhir pekan. Dinas Pariwisata Kota Batam juga sudah merencanakan akan memasukan Masjid Tanjak Batam dalam paket perjalanan wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin menikmati wisata religi di kota ini.(tc/pr)