Nonton Gratis! Pacu Kuda Payakumbuh Berhadiah Rp102 Juta

oleh -905 klik
Pordasi Kota Payakumbuh akan melaksanakan pacu kuda bertajuk Payakumbuh Open Race Wali Kota Cup 2022 di Gelanggang Pacuan Kubu Gadang, Ahad (18/09/2022). Tontonan pacu kuda ini gratis bagi semua masyarakat. Foto di atas adalah pacu kuda sebelumnya. NET
Pordasi Kota Payakumbuh akan melaksanakan pacu kuda bertajuk Payakumbuh Open Race Wali Kota Cup 2022 di Gelanggang Pacuan Kubu Gadang, Ahad (18/09/2022). Tontonan pacu kuda ini gratis bagi semua masyarakat. Foto di atas adalah pacu kuda sebelumnya. NET

JERNIHNEWS.COM- Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Kota Payakumbuh akan menggelar pacu kuda, Ahad (18/09/2022) di Gelanggang Pacuan Kubu Gadang. Iven bertajuk Payakumbuh Open Race Wali Kota Cup 2022 ini memperebutkan total hadiah Rp102 juta, sekaligus ajang silahturahmi Pordasi dengan Walikota Riza Falepi yang masa jabatannya segera berakhir.

Sekretaris Pordasi Kota Payakumbuh Dr. Dasril, M.Pd dan Bendahara Suardi. IST
Sekretaris Pordasi Kota Payakumbuh Dr. Dasril, M.Pd dan Bendahara Suardi. IST

Sekretaris Pordasi Kota Payakumbuh, Dasril, Kamis (8/9/2022) di Payakumbuh mengatakan iven ini didukung oleh Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, serta Dinas Pekerjaan U1mum dan Penataan Ruang (PUPR) Payakumbuh.

"Iven ini kita laksanakan satu hari. Kita ditawarkan Pengprov Pordasi Sumbar mengisi kekosongan kalender pacu kuda untuk menggelar iven di Payakumbuh, karena ketua umum kita Bapak Walikota melihat ini suatu momen bagus maka kita terima kesempatan ini," sebut Dasril yang juga merupakan Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh.

Panitia telah siap dalam menyambut iven besar ini. Apalagi jatah Payakumbuh menggelar iven pacu kuda dua kali dalam satu tahun hanya baru terisi satu kali.

"Tahun ini kita baru melaksanakan satu kali kegiatan Pacu Kuda, padahal jatah kita ada dua dalam satu tahun, yakni Open Race dan yang kedua Lebaran Cup, karena Covid-19 iven Lebaran Cup tidak terlaksana. Dan kita panitia pelaksana sangat siap menggelar iven ini," kata Dasril didampingi Bendahara Suardi.

Ia optimis dengan dilaksanakannya iven ini roda perekonomian di Kota Payakumbuh kembali menggeliat termasuk transaksi jual beli kuda.

"Kita berharap dengan iven ini ekonomi masyarakat kita menggeliat, karena dengan iven ini transaksi penjualan kuda pasti bergerak dan harganya akan melambung, juga ekonomi pedagang di sekitaran Gelanggang Pacu Kuda serta masyarakat lainnya," ungkapnya.

Dasril mengatakan, menyambut iven ini pihaknya sudah bekerjasama dengan berbagai pihak untuk pendanaan. Selain itu katanya, pihaknya sudah menyiapkan pengamanan ekstra untuk pelaksanaan.

"Sama seperti sebelumnya, iven Pacu Kuda kali ini juga gratis untuk masyarakat. Untuk pendanaan kita didukung sponsor, peternak kuda dan tidak menggunakan APBD," ungkapnya.

"Terkait perizinan dan pengamanan kita sudah dapat, dimana kita menyiapkan 100 orang dari Batalyon, Kepolisian 20 orang, Satpol PP 15 orang dan 10 orang dari Dinas Perhubungan. Untuk pengunjung tidak kita batasi," sebutnya menambahkan.

Untuk menyemarakkan iven ini, pihaknya menyiapkan total hadiah ratusan juta rupiah dan selain Sumbar ia telah menyebar undangan ke provinsi tetangga seperti Provinsi Sumatera Utara, Riau dan Aceh.

"Kita menyiapkan total hadiah Rp102 juta," sebut Dasril.

Sebelumnya, Ketua Harian Pordasi Payakumbuh Faulo Rossi mengatakan, dalam pacu Open Race Walikota Cup 2022, sebanyak 11 kategori race, yakni race kelas CD 2 tahun pemula perdana 600 meter, AB 2 tahun pemula perdana 800 meter, 3 tahun perdana 1.000 meter, AB 3 tahun calon derby 1.200 meter, AB 3 tahun calon remaja 1.000 meter, kelas CD terbuka 1.200 meter, AB terbuka 1.600 meter, kelas E terbuka 1.200 meter, draf boogie baru 2.400 meter, draf boogie usang 3.200 meter dan pacuan lokal jarak 600 meter.

"Kita berharap iven ini disambut baik masyarakat Payakumbuh dan sekitar. Apalagi kita tidak memungut biaya masuk alias gratis," kata Faulo Rossi menegaskan. (syn)