Megah, Kampus UNP Payakumbuh Dikebut 8 Bulan Selesai

oleh -2294 klik
Kampus UNP baru di Payakumbuh yang akan dibangun di tahun 2022 ini di Kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diateh, Kecamatan Payakumbuh Utara. Peletakkan batu pertama dilakukan oleh Wagub Sumbar Audy Joinaldy, Rabu (07/09/2022). Proyek kampus direncanakan tuntas dalam 8 bulan. ERZ
Kampus UNP baru di Payakumbuh yang akan dibangun di tahun 2022 ini di Kawasan Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diateh, Kecamatan Payakumbuh Utara. Peletakkan batu pertama dilakukan oleh Wagub Sumbar Audy Joinaldy, Rabu (07/09/2022). Proyek kampus direncanakan tuntas dalam 8 bulan. ERZ

JERNIHNEWS.COM- Universitas Negeri Padang (UNP) membangun kampus baru di Payakumbuh. Batu pertama pembangunan kampus berlantai empat diletakan oleh Wakil Gubernur Sumbar Dr. Audy Joinaldy, Rabu (07/09/2022). Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D berjanji proyek itu dibangun dengan waktu 8 bulan selesai. Bagi Walikota Payakumbuh Riza Falepi, ST, MT, kampus ini merupakan kado terakhirnya untuk masyarakat Kota Payakumbuh.

Peletakan batu pertama pembangunan Kampus UNP Payakumbuh oleh Wagub Sumbar Audy Joinaldy dan diikuti Wako Payakumbuh Riza Falepi, Rektor UNP Ganefri, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dan lainnya. IST
Peletakan batu pertama pembangunan Kampus UNP Payakumbuh oleh Wagub Sumbar Audy Joinaldy dan diikuti Wako Payakumbuh Riza Falepi, Rektor UNP Ganefri, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dan lainnya. IST

Kampus baru UNP dibangun di eks lapangan sepak bola Padang Kaduduak, Kelurahan Tigo Koto Diateh, Kecamatan Payakumbuh Utara. Kawasan ini sejak lima tahun terakhir telah dijadikan oleh Pemko Payakumbuh sebagai daerah pengembangan baru. Di sini terdapat beberapa kantor OPD (organisasi perangkat daerah), Lapangan Olahraga, Pasar Rakyat dan juga fasilitas pendidikan.

Menandai dimulainya pembangunan kampus baru UNP Payakumbuh, selain Wagub Audy turut meletakan batu pondasi, Rektor UNP Ganefri, Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Wakil Walikota Payakumbuh Erwin Yunaz, Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus, Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, Bupati Padang Suhatri Bur dan Kadis Kominfotik Sumbar Jasman Rizal.

Dalam sambutannya Rektor Ganefri mengatakan kampus UNP Payakumbuh merupakan pengembangan dari Fakultas Perhotelan dan Pariwisata. Lebih khususnya adalah Prodi Kuliner Minang. Pria asal Nagari VII Koto Talago, Kabupaten Limapuluh Kota itu sangat berterima kasih kepada Pemko Payakumbuh di bawah kepemimpinan Walikota Riza Falepi yang telah mengibahkan dua lokasi lahan untuk pembangunan kampus UNP.

"Kami sangat berterima kasih kepada Pak Walikota Riza Falepi. Lahan pembangunan kampus UNP ini merupakan hibah dari Pemko Payakumbuh. Awalnya hanya satu titik lahan yang dihibahkan ke UNP. Namun karena melihat UNP sangat serius, maka Pak Riza Falepi mengibahkan lagi lahan kedua untuk UNP," kata Ganefri.

Lebih lanjut Rektor yang dekat dengan Presiden Jokowi itu mengatakan kampus UNP Payakumbuh berlantai empat ini akan dibangun dalam waktu delapan bulan. Sumber dana pembangunan bukan dari pemerintah pusat, tapi dari kas UNP. "Insyaallah lama waktu pembangunan delapan bulan selesai," sebut Ganefri yang langsung disambut tepuk tangan oleh para hadirin.

Walikota Riza Falepi juga mengucapkan terima kasih kepada Rektor UNP Ganefri yang telah memilih Kota Payakumbuh sebagai lokasi pembangunan kampus baru. Pilihan Prodi Kuliner Minang dibuka UNP di Kota Payakumbuh, menurut Riza juga sangat tepat. Alasannya, karena Kota Payakumbuh selama ini sudah dikenal sebagai kota kuliner. Banyak masyarakatnya yang memiliki usaha kuliner, terutama kuliner tradisi Minangkabau.

Bahkan Kota Payakumbuh juga telah membangun Sentra Rendang guna mendukung keberadaan industri rendang di daerah ini. Posisi Kota Payakumbuh yang strategis juga sangat pas untuk pengembangan bisnis kuliner. Hanya saja, Wako Riza berpesan agar UNP juga memperbanyak mata kuliah Bahasa Inggris pada Fakultas Perhotelan dan Pariwisata UNP, terkhusus untuk kampus Prodi Kuliner Minang di Payakumbuh.

"Orang kita banyak pintar memasak. Tetapi belum go internasional. Karena tidak memiliki kemampuan bahasa asing. Padahal permintaan menjadi chef dari luar negeri banyak ke OPD terkait di Pemko Payakumbuh. Tapi syaratnya harus bisa berbahasa asing. Karena itu kita meminta kepada Pak Rektor nanti dioptimalkan mata kuliah Bahasa Inggrisnya," kata Riza, sembari menyatakan bahwa keberadaan kampus UNP ini juga sebagai kado terakhir bagi masyarakat Kota Payakumbuh dari dirinya.

Riza mengungkapkan bahwa Pemko Payakumbuh sangat ingin banyak perguruan tinggi yang dibuka di Payakumbuh. Dengan demikian, semakin banyak pula masyarakat Payakumbuh yang dapat mengenyam pendidikan tinggi. Sebab kemauan masyarakat Luak Limopuluah untuk bersekolah tinggi juga sangat tinggi.

Wagub Audy Jonaldy banyak memuji UNP. Langkah UNP membangun kampus baru di Payakumbuh juga diacungi jempol oleh Wagub Audy. Politisi muda ini juga meminta kepada UNP untuk meperbanyak SKS mata kuliah Bahasa Inggris pada Prodi Kuliner Minang. "Pak Rektor, nanti ada mata kuliah Bahasa Inggris 1, Bahasa Inggris 2 dan Bahasa Inggris 3. Agar kemampuan bahasa asing alumni prodi ini juga bagus," sebut Wagub.

Wagub Audy, Wako Riza Falepi dan Rektor Ganefri juga menandatangani prasasti Pembangunan Kampus UNP Payakumbuh sebagai tanda dimulainya secara resmi tahapan pembangunannya. Kegiatan ini juga dihadiri Wakil Rektor II UNP Prof. Syahril, Ph.D, Dekan Fakultas Perotelan dan Pariwisata Ernawati Ph.D, Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) dan lainnya. (erz)