12 Wartawan Luak Limopuluah Lulus Uji Kompetensi

oleh -375 klik
Para peserta UKW, penguji, panitia, pengurus PWI Cabang Payakumbuh-Kabupaten Limapuluh Kota dan pengurus PWI Provinsi Sumbar terlihat sumringah dalam acara penutupan, setelah 12 peserta UKW dinyatakan berkompeten atau lulus. ERZ
Para peserta UKW, penguji, panitia, pengurus PWI Cabang Payakumbuh-Kabupaten Limapuluh Kota dan pengurus PWI Provinsi Sumbar terlihat sumringah dalam acara penutupan, setelah 12 peserta UKW dinyatakan berkompeten atau lulus. ERZ

JERNIHNEWS.COM-Sebanyak 12 orang wartawan Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota dinyatakan lulus Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) Tingkat Muda yang dilaksanakan Sabtu-Ahad (3-4/09/2022) di Hotel Mangkuto, Payakumbuh oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Luak Limopuluah.

"Dengan ini kami sampaikan 12 peserta UKW PWI Sumbar ke-18 yang dilaksanakan oleh PWI Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, semuanya berkompeten. Lulus 100 persen," kata Amril Jambak, Tim Penguji UKW yang berasal dari PWI Provinsi Riau mengumumkan hasil UKW pada Ahad (04/09/2022) di Hotel Mangkuto.

Amril yang juga Wakil Ketua PWI Provinsi Riau itu mengucapkan selamat kepada seluruh peserta UKW yang telah dinyatakan sebagai wartawan berkompeten tingkat muda. Dia mengingatkan agar mereka tidak jumawa atau berpuas diri dengan predikat sebagai wartawan berkompeten tingkat muda, karena ini belumlah akhir dari usaha atau ujian. Sebab, ujian yang sesungguhnya adalah saat wartawan menjalankan tugas-tugas jurnalistik.

Pada UKW ini terdapat dua orang penguji. Penguji pertama, Dr. Suprapto, Wakil Sekjen PWI Pusat yang juga menjabat sebagai Plt. Ketua PWI Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Sedangkan penguji kedua, Amril Jambak. Peserta terdiri dari anggota PWI dan calon anggota PWI Kota Payakumbuh-Kabupaten Limapuluh Kota.

UKW yang difasilitasi oleh Pemkab Limapuluh Kota ini sehari sebelumnya dibuka secara resmi oleh Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo. Berikutnya, UKW ditutup secara resmi oleh Plt. Ketua PWI Provinsi Sumbar, Suprapto.

"Selamat kepada rekan-rekan wartawan peserta UKW yang semuanya dinyatakan sebagai wartawan yang berkompeten tingkat muda. Semoga berikutnya dua tahun ke depan, rekan-rekan bisa mengikuti UKW Tingkat Madya," kata Suprapto.

Dia berterima kasih kepada Pemkab Limapuluh Kota yang telah memfasilitasi penyelenggaraan UKW. Pria asal Cilacap yang juga alumni FT UNP ini pula mengucapkan selamat kepada panitia, pengurus dan anggota PWI Kota Payakumbuh-Kabupaten Limapuluh Kota yang telah berhasil melaksanakan dengan lancar dan sukses.

Suprapto mendorong agar ke depan PWI daerah ini melaksanakan UKW dengan jumlah peserta lebih banyak lagi. Sehingga jumlah wartawannya berkompeten lebih banyak pula.

Acara penutupan UKW ini juga dihadiri dua orang Wakil Ketua PWI Sumbar, yakni Eko Yanche Edrie dan Sawir Pribadi. Sedangkan hari pertama pelaksanaan ujian, beberapa Kepala OPD Pemkab Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh turut menjadi nara sumber dalam simulasi wawancara langsung dan wawancara cegat. Mereka di antaranya Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Limapuluh Kota Eki Purnama, Kadisparpora Desri dan lainnya.

Setelah dinyatakan lulus atau berkompeten, semua peserta UKW langsung sumringah. Mereka tersenyum, berteriak histeris dan bersyukur. Selama dua hari mengikuti UKW, mereka benar-benar sangat tegang. Semuanya merasa khawatir jika di akhir ujian dinyatakan belum kompeten. Yusrizal, Ketua PWI Kota Payakumbuh-Kabupaten Limapuluh Kota pun bersama-sama jajaran juga merasa lega dan gembira atas kelulusan semua peserta UKW. (erz)