PWI Luak Limopuluah Gelar Uji Kompetensi Wartawan

oleh -378 klik
Kegiatan Pra-UKW (Uji Kompetensi Wartawan) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Kota Payakumbuh-Kabupaten Limapuluh Kota, Selasa-Rabu (30-31/08/2022) di Kantor PWI Luak Limopuluah, Komplek Gelanggang Kubu Gadang, Payakumbuh. ERZ
Kegiatan Pra-UKW (Uji Kompetensi Wartawan) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Kota Payakumbuh-Kabupaten Limapuluh Kota, Selasa-Rabu (30-31/08/2022) di Kantor PWI Luak Limopuluah, Komplek Gelanggang Kubu Gadang, Payakumbuh. ERZ

JERNIHNEWS.COM-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Kota Payakumbuh-Kabupaten Limapuluh Kota akan melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW), Sabtu dan Ahad (3-4/09/2022) di Hotel Mangkuto Payakumbuh. Jumlah peserta sebanyak 12 orang dan UKW akan dibuka secara resmi oleh Bupati Limapuluh Kota Syafaruddin Dt. Bandaro Rajo.

Ketua PWI Cabang Payakumbuh -- Limapuluh Kota, Yusrizal mengatakan penguji sebanyak dua orang. Mereka yakni, Suprapto Wakil Sekretaris PWI Pusat dan Amril Jambak dari PWI Pekanbaru. Penguji Suprapto juga merupakan Pelaksana Tugas (Plt) Ketua PWI Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

"Peserta UKW sebanyak 12 orang atau dua kelas. Sedangkan penguji dua orang. Semua peserta mengikuti UKW tingkat muda," kata Yusrizal kepada jernihnews.com, Kamis (01/09/2022) di Payakumbuh.

Menurut Yusrizal, UKW merupakan persrayatan mutlak atau wajib bagi seorang wartawan. Tujuannya untuk mengukur kompetensi wartawan yang bersangkutan. Jika wartawan itu lulus UKW, maka dia dianggap sudah berkompeten dan berhak memperoleh sertifikat dan kartu UKW yang diterbitkan Dewan Pers.

"UKW ini merupakan amanat dari UU Pers No. 40 tahun 1999 dan Kode Etik Jurnalistik. Persyaratan menjadi anggota PWI juga mesti telah lulus UKW," kata Yusrizal menegaskan.

Sebagai upaya untuk membantu para peserta UKW agar semuanya lulus, maka PWI Luak Limopuluah juga melaksanakan kegiatan Pra-UKW atau pelatihan selama dua hari di Sekretariat PWI Luak Limopuluah, Komplek Gelanggang Kubu Gadang .

Beberapa anggota PWI di daerah ini yang telah lulus UKW diminta menjadi nara sumber atau tutor. Mereka di antaranya Ketua PWI Cabang Luak Limopuluah Yusrizal (muda), Jeffry Ricardo Magno (muda), Yon Erizon (utama) dan lainnya.

Para peserta Pra-UKW diberikan pelatihan dengan bahan-bahan yang berasal dari kisi-kisi UKW yang dilaksanakan di daerah lainnya. Mereka juga diminta langsung menulis berita tentang kegiatan Pra-UKW yang diikutinya.

"Keinginan kita, semua peserta UKW bisa lulus dengan nilai yang baik. Karena itu makanya kita juga melaksanakan kegiatan Pra-UKW. Rencananya sehari sebelum ujian juga akan diselenggarakan Pra-UKW dengan pemateri Plt Ketua PWI Sumbar, Suprapto. Ini sekaligus juga menjadi ajang silaturahmi antara rekan-rekan anggota PWI Payakumbuh dengan Plt Ketua," sebut wartawan senior Luak Limopuluah tersebut.

UKW Dibuka oleh Bupati

Panitia UKW yang juga Bendahara PWI Luak Limopuluah, Nahar Sago mengatakan UKW rencananya dibuka oleh Bupati Limapuluh Kota Safararuddin Dt. Bandaro Rajo. Panitia juga mengundang Walikota Payakumbuh Riza Falepi.

"Insyaallah Bupati Limapuluh Kota Pak Dt. Safar yang akan membuka secara resmi. Walikota Payakumbuh, Pak Riza juga kita undang untuk hadir. Ini berkemungkinan adalah momen terakhir kebersamaan anggota PWI bersama dengan Pak Riza Falepi. Karena tanggal 23 September nanti periode kepemimpinannya sebagai walikota akan berakhir," kata Nahar Sago yang juga didampingi Sekretaris PWI Payakumbuh, Bakhtaruddin, menandaskan. (erz)