Andre Rosiade dan Gubernur Sumbar ke Depan?

oleh -439 klik
Andre Rosiade, anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra Dapil Sumbar 1 yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Sumbar. IST
Andre Rosiade, anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra Dapil Sumbar 1 yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Sumbar. IST

Oleh: Yon Erizon

Pesta demokrasi di Tanah Air akan dilaksanakan tahun 2024. Pada Rabu, 14 Februari 2024 dilaksanakan pemilu legislatif (Pileg) dan pemilu presiden (pilpres) secara bersamaan. Sedangkan Pilkada Serentak, Rabu 27 November 2024. Pada kesempatan ini akan diungkap sedikit tentang Pilkada Sumbar yang akan dilaksanakan 2 tahun mendatang.

Gubernur Sumbar saat ini dijabat oleh Mahyeldi, politisi PKS sekaligus Ketua DPW PKS Sumbar. Mantan Walikota Padang itu digadang-gadang sebagai salah satu calon kuat Gubernur Sumbar di Pilkada 2024. Kekuatan politik Mahyeldi diperkirakan akan lebih hebat lagi di 2024, karena berstatus sebagai petahana. Ketika maju dari Walikota Padang saja Mahyeldi begitu kuat, apalagi dengan status petahana.

Dengan kondisi Mahyeldi seperti itu, banyak politisi yang 'keder' berkompetisi dengannya di Pilgub Sumbar 2024. Kenapa tidak. Sebab, di Pilgub Sumbar 2020 banyak politisi hebat yang dikalahkan Mahyeldi. Mulai dari Nasrul Abit (mantan Wagub Sumbar dan mantan Bupati Pessel 2 periode) yang berpasangan dengan Indra Catri (Bupati Agam 2 Periode).

Berikutnya politisi yang dikalahkan Mahyeldi adalah Mulyadi (anggota DPR RI 3 periode) yang berpasangan dengan Ali Mukhni (Bupati Padang Pariaman 2 periode). Selanjutnya yang dikalahkan Mahyeldi adalah Irjen Fakhrizal (mantan Kapolda Sumbar) yang berpasangan dengan Genius Umar (Walikota Pariaman).

Mungkin berat bagi para politisi yang telah kalah di Pilgub Sumbar 2020 untuk kembali berhadapan dengan Mahyeldi. Kendati demikian, peluang bagi mereka tentu tetap ada. Apalagi dinamika politik terus berjalan dan keseruan Pilkada 2024 sangat ditentukan oleh hasil Pileg dan Pilpres yang dilaksanakan 9 bulan sebelum Pilkada. Belum tentu kekuatan dan pengaruh Mahyeldi dan PKS selaku parpol pengusungnya akan sekuat 2020, atau pun justru sebaliknya.

Di tengah-tengah 'kedernya' para politisi menghadapi Mahyeldi, ada seorang politisi yang sangat bersemangat akan maju di Pilgub Sumbar 2024. Politisi itu adalah Andre Rosiade, anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra. Andre juga menjabat sebagai Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar. Andre seperti 'galigaman' melihat kondisi Sumbar. Andre yang juga telah diamanahkan Rakerda DPD Partai Gerindra Sumbar sebagai Cagub Sumbar 2024, ingin mengubah Sumbar menjadi maju. Seperti 'mambangkik batang tarandam'.

Andre Rosiade meski orang baru di dunia politik, namun akselerasinya luar biasa. Di era reformasi, bisa jadi Andre politisi Sumbar yang memiliki akselerasi tercepat. Dia tidak saja berhasil melenggang ke Senayan, tapi juga berhasil mengangkat perolehan suara Partai Gerindra di Dapil Sumbar 1 menjadi 2 kursi. Sehingga di dapil tersebut Andre lolos ke Senayan bersama Suir Syam, mantan Walikota Padang Panjang. Andre piawai 'menjual diri' di nasional dengan seringnya dia tampil di berbagai televisi nasional, media cetak/online nasional dan lainnya. Popularitasnya di atas politisi Sumbar lainnya.

Setelah di DPR, Andre tidak saja duduk cantik. Mungkin dia tidak mau seperti anggota DPR RI atau senantor asal Sumbar lainnya. Andre tidak saja bergumam sendiri dengan 'galigaman' yang dirasakan atas Sumbar. Dia melobi, bekerja, berbuat dan tak putus asa memperjuangkan anggaran dan nasib Sumbar di pemerintahan pusat. Andre tidak kenal bosan dan tidak kenal menyerah, demi untuk kebaikan Sumbar.

Ketika banyak orang Sumbar mengeluh, menangis, mengupat dan sebagainya di tengah-tengah kelangkaan solar dan gas yang telah menahun, Andre dengan gagah memperjuangkannya ke Kementerian dan juga Pertamina. Perjuangan Andre tak sia-sia. Kuota solar untuk Sumbar pun ditambah, sehingga antrean beratus-ratus meter pada banyak SPBU di Sumbar bisa diakhiri.

Banyak lagi yang lainnya perjuangan Andre di DPR RI, Kementerian dan BUMN untuk kemajuan Sumbar. Tidak bisa oleh anggota DPR RI asal Sumbar lainnya, oleh Andre bisa. Andre adalah yang sosok yang mau, peduli, bisa dan gigih. Hal-hal yang diperjuangkan Andre semuanya bisa dilihat, dibaca atau dipahami, karena politisi Partai Gerindra asal Kota Padang itu mempublikasikan semuanya pada berbagai media, termasuk di media sosial.

Yang terbaru, Andre mendorong dan memperjuangkan kelanjutan Jalan Tol Padang - Pekanbaru yang mangkrak sudah sejak 1,5 tahun lalu. Lalu Andre juga memperjuangkan pula tindak lanjut pembangunan proyek fly over Sitinjau Lauik yang disebut-sebut sudah tutup buku. Berikutnya politisi muda yang energik itu juga getol memperjuangkan sumur gas alam di Kabupaten Sijunjung. Andre juga rutin bagi-bagi ribuan paket sembako.

Seperti disebut di awal, meski baru di gelanggang politik, tapi akselerasi politik dan pengabdian Andre untuk masyarakat Sumbar sungguh luar biasa. Kerja politik Andre seperti mewakili kinerja politisi Senayan asal Sumbar lainnya. Karena itu, masyarakat Sumbar sangat beruntung punya Andre Rosiade.

Lalu, jika Andre Rosiade akan bertarung di Pilgub Sumbar 2024, tentu Sumbar kehilangan aset berharga yang lihai, jago dan gigih memperjuangkan nasib Sumbar di pusat, baik di DPR RI, Kementerian, BUMN dan lainnya. Andre menang atau kalah di Pilgub, bumi Bunda Kanduang ini tetap kehilangan sosok pejuang yang sangat handal di tingkat pusat. Apalagi jika Andre Rosiade belum mampu menang di Pilgub Sumbar 2024, tentu Sumbar rugi besar.

Karena itu, sebaiknya Andre tetaplah di DPR RI. Jika kini baru sebagai anggota biasa di Senayan, ke depan jadilah pimpinan dewan atau pun unsur pimpinan di berbagai alat kelengkapan DPR RI. Seiring dengan perkuat pula posisi di DPP Partai Gerindra. Andre adalah aset Sumbar yang berharga. Perannya sangat cocok di Senayan. Jika perlu masyarakat Sumbar meminta Andre sebagai Koordinator dari seluruh anggota DPR dan DPD RI asal Sumbar, sehingga perjuangan masing-masing anggota DPR dan DPD RI Dapil Sumbar lebih terarah dan dirasakan masyarakat Sumbar. Tentang siapa sosok Gubernur Sumbar yang pas ke depan, adalah PR berikutnya. Rasanya lebih sulit mencari sosok seperti Andre untuk di pusat dibanding mencari sosok Gubernur Sumbar yang pas. *