Irfendi-Joni Hendri Kawan Lama, Ada Apa dengan Mereka?

oleh -380 klik
Ir. H. Irfendi Arbi, MP dan Joni Hendri, S.Kom, MM. Irfendi adalah Bupati Limapuluh Kota Periode 2015-2020, sedangkan Joni Hendri Ketua Ikatan Keluarga Koto Nan Godang (IKK) Jakarta yang kini digadang-gadang sebagai bakal calon Walikota Payakumbuh. ERZ
Ir. H. Irfendi Arbi, MP dan Joni Hendri, S.Kom, MM. Irfendi adalah Bupati Limapuluh Kota Periode 2015-2020, sedangkan Joni Hendri Ketua Ikatan Keluarga Koto Nan Godang (IKK) Jakarta yang kini digadang-gadang sebagai bakal calon Walikota Payakumbuh. ERZ

JERNIHNEWS.COM-Dua tokoh Luhak Limopuluah asyik bercengkrama. Mereka sudah lama berkawan. Satu di antara mereka adalah Ir. H. Irfendi Arbi, MP, Bupati Kabupaten Limapuluh Kota Periode 2015-2020. Sedangkan satunya lagi, Joni Hendri, S.Kom, MM, Ketua Ikatan Keluarga Koto Nan Godang (IKK) Jakarta. Apa yang mereka omongkan? Politikkah?

Joni Hendri berasal dari Koto Baru Baru Balai Janggo, Nagari Koto Nan Godang, Kecamatan Payukumbuh Utara. Sejauh ini dia terus menjadi buah bibir akan menjadi calon kandidat pengganti Walikota Payakumbuh Riza Falepi di Pilkada Kota Payakumbuh 2024. Pengusaha nasional berbagai bidang itu sejak dua tahun belakangan rutin pulang kampung 1-2 bulan sekali untuk bersilaturahmi dengan berbagai kalangan di Kota Payakumbuh.

Sedangkan Irfendi Arbi, tokoh politik Kabupaten Limapuluh Kota dan juga sudah sangat dikenal luas di wilayah Sumbar. Selain menjadi Wakil Bupati Limapuluh Kota 2005-2010 dan Bupati Limapuluh Kota 2015-2020, Irfendi di masa muda juga adalah aktifis. Saat kuliah beliau menjadi Ketua Umum Senat Mahasiswa Universitas Andalas (Unand) Tahun 1986-1988 dan Ketua KNPI Kota Padang 1991-1994.

Irfendi dan Joni Hendri mulai bersahabat sejak berjumpa di Jakarta tahun 2007 atau 15 tahun silam. Kala itu, Irfendi masih menjabat sebagai Wakil Bupati Limapuluh Kota. Sedangkan Joni Hendri sudah berstatus sebagai pengusaha muda yang mulai sukses di Jakarta. Sejak momen itu mereka sering berjumpa, terutama ketika ada pertemuan antara Pemkab Limapuluh Kota dengan tokoh perantau Luak Limopuluah di Jakarta.

Pada Rabu (03/08/2022), keduanya bertemu dalam momentum menghadiri undangan dari Panitia Khatam Alquran Masjid Muslimin Balai Cacang, Koto Nan Godang, Kota Payakumbuh. Joni dan Irfendi menjadi tamu istimewa. Begitu berjumpa mereka salaman dan berangkulan. Akrab benar keduanya. Mereka duduk di barisan terdepan didampingi Ketua KAN Koto Nan Godang Dt. Mangkuto Nan Putiah.

Obrolan di antara keduanya begitu cair. Sesekali diselingi dengan tawa. Percakapan juga menyasar ke isu politik. Tentu saja. Keduanya memang hangat diperbincangkan sebagai kandidat yang akan berkompetisi di tahun politik 2024. Irfendi Arbi akan menuju Senayan. Bidikannya adalah kursi DPD RI yang empat buah diperebutkan di Sumbar. Sejauh ini memang baru satu-satunya Irfendi Arbi yang menyatakan maju untuk senator dari Luak Limopuluah.

Joni Hendri memuji Irfendi. Mantan Bupati Limapuluh Kota itu disebut sebagai figur yang dekat dengan masyarakat. Juga sosok yang bersih. Dia menilai Irfendi memiliki peluang besar untuk lolos ke Senayan menjadi Senator DPD RI. Syaratnya, masyarakat Luak Limopuluah, yakni warga Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota mesti kompak memberikan dukungan suara kepada Irfendi. Dukungan itu menjadi modal utama untuk bisa menang.

"Beliau adalah sosok yang hangat, yang merakyat, dekat dengan masyarakat dan telah berpengalaman. Kita butuh wakil di DPD RI dari Luak Limopuluah. Karena itu warga Luak Limopuluah perlu kompak mendukung beliau," kata Joni Hendri.

Sebaliknya, Irfendi Arbi juga memuji Joni Hendri, sebagai sosok pengusaha muda sukses yang energik dan memiliki kepedulian yang besar kepada kampung halaman. Dia menilai Joni Hendri sebagai sosok yang pas, takah dan tokoh memimpin Kota Payakumbuh ke depan.

"Kota Payakumbuh butuh pemimpin seperti Joni Hendri . Beliau tokoh yang takah menjadi Walikota Payakumbuh," kata Irfendi memuji Joni Hendri.

Keduanya menjadi tamu dan undangan istimewa di acara Khatam Alquran Masjid Muslimin Balai Cacang. Irfendi Arbi diminta secara khusus oleh panitia menyerahkan hadiah Juara II kepada Zhorif Muzaffar anak dari Gusti Yondri dengan jumlah nilai 357. Sedangkan Joni Hendri diminta menyerahkan hadiah Juara I kepada Muhammad Fiqih Mubarah dengan total jumlah nilai 359. Fiqih adalah putra dari Firdaus. (erz)