272 Lulusan SMAN 1 Suliki Diterima di Perguruan Tinggi

oleh -300 klik
Kepala SMAN 1 Kecamatan Suliki Kab. Limapuluh Kota, Eriswandi. IST
Kepala SMAN 1 Kecamatan Suliki Kab. Limapuluh Kota, Eriswandi. IST

JERNIHNEWS.COM- Sebanyak 272 dari 338 siswa lulusan SMAN 1 Kecamatan Suliki, Kabupaten Limapuluh Kota tahun ajaran 2021/2022 diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) untuk melanjutkan studinya.

"Tahun ajaran 2021/2022 siiswa-siswi kita lulus 100 persen dengan jumlah 338 orang. Ada 216 orang diterima di PTN dan 56 orang tercatat sudah diterima juga di PTS. Berarti sudah 80,4 persen," kata Kepala SMAN 1 Kecamatan Suliki Eriswandi, Rabu (03/08/2022) di Limbanang, Kecamatan Suliki, Kabupaten Limapuluh Kota.

Dari 216 yang diterima di PTN, sebanyak 104 orang diterima melalui jalur undangan (SNMPTN), 63 orang ujian (SBMPTN), dan 49 orang lewat jalur mandiri. Diharapkan lulusan yang sudah dinyatakan diterima perguruan tinggi tersebut benar-benar memanfaatkan kesempatan itu.

Baca Juga

"Kita harap anak-anak kita ini memanfaatkan kesempatan emas ini. Belajarlah dan capailah impian setinggi mungkin," katanya.

Ia menyebut, dari berbagai jalur pelaksanaan seleksi masuk PTN tahun 2022 seperti SNMPTN, SNMPN, SPAN-PTKIN, jalur Ketua OSIS, jalur vokasi, SBMPTN, SBMPN, Simama Poltekes, UM-PTKIN, dan jalur Mandiri siswa-siswi SMAN 1 Suliki tidak hanya diterima di PTN yang ada di Sumbar saja, juga dari PTN favorit luar Sumbar.

Adapun PTN favorit luar Sumbar tersebut, seperti Intitut Pertanian Bogor (IPB), Intitut Teknologi Sumatera (ITERA), UIN Suska Riau, Universitas Riau (UNRI), UIN Raden Intan Lampung, Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Syah Kuala (UNSYAH) Aceh, Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA), Universitas Malikussaleh (UNIMAL), Universitas Lampung (UNILA), UIN Ar-Raniry Aceh, dan Universitas Adiwangsa Jambi.

"Yang belum lolos di PTN jangan berkecil hati. Masih ada PTS yang bisa dimanfaatkan untuk melanjutkan pendidikan. Alhamdulillah, dari data yang masuk sudah 56 orang siswa kita diterima di PTS, artinya tingkat kemauan anak-anak kita untuk belajar cukup tinggi," kata Kepsek yang pernah membawa SMAN 1 Suliki meraih Anugrah Keterbukaan Informasi Publik se-Sumbar tahun 2019. (syn)